Simak Tempat Wisata di Kabupaten Asmat Terbaru dan Terhits

tempat wisata terbaru di kabupaten asmat

Asmat merupakan sebuah kabupaten yang terletak di provinsi papua selatan. Kabupaten ini memiliki luas wilayah sekitar 31.983 km² dan menjadi salah satu kabupaten terluas yang ada di provinsi papua selatan. Saking luasnya kabupaten ini, angka kepadatan penduduk di kabupaten ini terbilang rendah yakni 4,00/km2. Pada tahun 2021 lalu jumlah populasi di kabupaten ini yakni kurang lebih sekitar 110.105 jiwa. Selain dikenal sebagai nama kabupaten, asmat sendiri merupakan nama sebuah suku sekaligus penduduk asli dari kabupaten asmat. Penamaan kecamatan di daerah papua berbeda dengan kabupaten dan kota-kota lainnya di indonesia. jika di kota lain dikenal dengan sebutan kecamatan maka di papua dikenal dengan sebutan distrik.

Karena wilayahnya yang cukup luas tentunya banyak sekali destinasi wisata di kabupaten ini. Kabupaten asmat juga menjadi daerah yang memegang kendali penting dalam sektor kepariwisataan. Banyak sekali objek wisata yang dapat sobat temui ketika berada di asmat, diantaranya yaitu wisata alam, wisata bahari, wisata budaya dan budaya dan masih banyak lagi. Objek-objek wisata tersebut akan terasa menyenangkan apabila dikunjungi bersama keluarga ataupun teman. Bisa sobat simak dibawah ini, deretan tempat wisata di kabupaten asmat terbaru dan terhits di tahun 2022.

Simak Tempat Wisata di Kabupaten Asmat Terbaru dan Terhits


1. Pulau Tiga

Tempat wisata pertama yang wajib sobat kunjungi saat berada di kabupaten asmat ialah Pulau Tiga. Pulau Tiga atau yang biasa disebut juga sebagai pulau somel merupakan sebuah daerah perbatasan antara kabupaten asmat dan kabupaten mimika. Pulau ini memiliki bentang alam yang indah yang dapat membuat pengunjungnya terpikat dan betah saat berada di pulau ini, tak hanya itu sobat juga bisa bertegur sapa dengan penduduk setempat yang ramah dan terbuka. Untuk bisa sampai ke pulau ini sobat bisa menggunakan spead boat. Harga tiket masuk ke tempat inipun cukup murah, sobat hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp. 5000 saja.

2. Pantai Pek

Pantai Pek merupakan salah satu destinasi wisata andalan di kabupaten ini yang terkenal dengan kealamian pantainya. Memiliki garis pantai yang panjang dan luas serta ombak yang cukup tenang menjadi daya tarik utama dari panntai ini. Di pantai pek sobat bisa melakukan berbagai aktifitas seru seperti menyusuri garis pantai, berenang, bermain pasir, dan bermain voli pantai. Kegiatan-kegiatan tersebut tentunya akan terasa lebih menyenangkan apabila dilakukan bersama keluarga, teman ataupun orang tercinta. Lokasi dari Pantai Pek sendiri berada di distrik agats, kabupaten asmat.

3. Pesta Budaya Asmat

Berkunjung ke wisata budaya memiliki segudang manfaat, salah satunya yaitu untuk memperluas wawasan dan pengetahuan. Baik wisatawan lokal ataupun mancanegara yang datang ke kabupaten ini, tentunya sudah tidak asing lagi dengan tempat yang satu ini karena wisata yang satu ini terbuka untuk umum. Bahkan pesta budaya asmat sendiri sudah ada sejak tahun 1981. Bagi sobat yang tertarik datang ke wisata budaya yang satu ini, sobat bisa datang ke alamatnya langsung yaitu di distrik agats, kabupaten asmat.

4. Museum Budaya Asmat

Tempat wisata berikutnya yang wajib sobat singgahi adalah Museum Budaya Asmat yang terletak di distrik agats, kabupaten asmat. Museum ini menyimpan kurang lebih sekitar 1.200 kekayaan kebudayaan Asmat. Selain itu di museum ini juga sobat bisa mendapati koleksi patung-patung Asmat. Patung Asmat, memiliki beraneka ragam corak gaya. Pastikan saat akan berkunjung ke tempat ini, sobat membawa lensa kamera terbaik yang sobat miliki agar hasil yang didapatkan maksimal. Lokasi dari museum budaya asmat yatu berada di Distrik Agats, Kabupaten Asmat. Harga tiket masuk ke museum ini pun cukup murah dan terjangkau. 

5. Rawa Baki

Tempat wisata berikutnya yang wajib sobat kunjungi adalah Rawa Baki. Rawa Baki menjadi tempat terfavorit untuk menghabiskan waktu secara santai sembari memancing ikan baramundi. Bagi sobat yang merasa lelah dan ingin istirahat, di tempat ini sudah terdapat sebuah penginapan dan camp-camp kecil yang sering digunakan oleh wisatawan yang datang ke tempat ini. Tempat ini juga menyediakan spot-spot foto yang memukau yang cukup difavoritkan oleh beberapa fotografer. Tak hanya itu tempat ini juga dikenal oleh banyak orang karena memiliki variasi tanaman angrek. Setidaknya ada sekitar 600 lebih angrek yang bisa sobat jumpai di tempat ini..

Komentar