6 Tempat Wisata di Kabupaten Bangka Tengah yang Paling Hits 2022

tempat wisata di bangka tengah

Bangnanda.com - Bangka tengah merupakan salah satu kabupaten di provinsi kelupauan bangka belitung yang terletak di pulau bangka. Kabupaten ini memiliki luas wilayah sekitar 2.156 km² dan berada di wilayah yang strategis dan berbatasan langsung dengan kabupaten bangka dan kota pangkal pinang di sebelah utara, laut cina selatan di sebelah timur, kabupaten bangka selatan di sebelah selatan, dan selat bangka di sebelah barat. Menurut catatan sensus penduduk tahun 2018, jumlah penduduk bangka tengah yakni sekitar 192.429 jiwa yang tersebar di 7 kecamatan dan mayoritas penduduk kabupaten ini memeluk agama silam.

Banyak hal dan fakta menarik mengenai kabupaten bangka tengah, salah satunya dalam bidang pariwisata. Karena lokasi dari kabupaten ini yang berbatasan langsung dengan laut, maka tak heran jika di kabupaten ini wisata bahari dan pantai menjadi tempat yang ramai diperbincangkan. Namun wisata bangka tengah tidak selatu tentang pantai, rupanya ada banyak sekali tempat wisata menarik selain pantai yang ada di kabupaten ini. Tentunya tempat-tempat tersebut juga menjadi salah satu wisata andalan di bangka tengah. Bisa sobat simak dibawah ini, beberapa tempat wisata di kabupaten bangka tengah yang paling hits di tahun 2022.

6 Tempat Wisata di Kabupaten Bangka Tengah yang Paling Hits 2022


1. Bukit Pading

Tempat wisata pertama yang saat ini sedang populer dan hits di kalangan banyak orang ialah Bukit Pading. Bagi sobat yang hobi melakukan penjelajahan dan mendaki, maka berkunjung ke Bukit Pading merupakan pilihan yang tepat. Bukit yang terletak di lubuk lingkuk, kecamatan lubuk besar, kabupaten bangka tengah ini menawarkan pemandangan gunung yang masih asri dan cantik dari atas ketinggian dengan udara yang sejuk dan bersih. Tak hanya itu, di tempat ini juga sobat bisa menemukan sebuah air terjun yang cantik yang pastinya sayang apabila sobat lewatkan. Harga tiket masuk tempat wisata yang satu ini cukup murah, sobat hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp. 8.000 saja.

2. Hutan Pelawan

Siapa sangka jika Hutan Pelawan bisa menjadi salah satu wisata andalan di bangka tengah. Hal tersebut dikarenakan hutan ini memiliki keunikannya tersendiri yang jarang ditemui pada hutan-hutan lainnya. Salah satu keunikan dari Hutan Pelawan yaitu ditumbuhi oleh banyak pohon pelawan, jamur pelawan, dan juga madu pahit. Sobat bisa menikmati keindahan dari hutan ini melalui jembatan kayu yang sudah disediakan. Uniknya jembatan kayu tersebut terbuat dari batang pohon Pelawan yang berwarna merah alami tanpa harus dicat. Bagi sobat yang ingin merasakan sensasi langsung berwisata di tempat ini sobat bisa datang ke Desa Namang, Kecamatan Namang, Kabupaten Bangka Tengah.

3. Mangrove Munjang

Selain mengunjungi hutan pelawan, maka tak ada salahnya juga untuk sobat menikmati keindahan hutan bakau yang ada di Mangrove Munjang. Tempat wisata yang satu ini terletak di kurau barat, kecamatan koba, kabupaten bangka tengah. Sobat bisa menikmati keindahan hutan bakau ini melalui jembatan kayu yang cukup panjang. Tak hanya itu, sobat juga bisa menikmati wisata hutan bakau ini melalui perahu mesin yang disediakan. Saat berkunjung ke tempat ini sobat tidak hanya sekedar wisata saja, di tempat ini juga sobat bisa belajar beberapa hal mengenai hutan bakau. Untuk bisa menikmati keindahan hutan bakau ini sobat cukup membayar Rp. 10.000 saja.

4. Pantai Tanjung Berikat

Karena wilayah bangka tengah memiliki batas laut, maka pantai ini memiliki banyak sekali pantai yang menyuguhkan keindahan luar biasa, salah satu pantai di bangka tengah yang menjadi rekomendasi untuk dikunjungi ialah Pantai Tanjung Berikat. Pantai ini terletak di Batu Beriga, Kecamatan Lubuk Besar, Kabupaten Bangka Tengah dan menjadi salah satu lokasi terfavorit untuk liburan. Salah satu daya tarik dari pantai ini yaitu terdapat pada hamparan pasit putihnya yang bersih dengan keindahan dan pesona alamnya yang dapat membuat mata terpana. Di pantai ini juga terdapat tumpukan batu granit yang kokoh berdiri yang biasa digunakan untuk berfoto.

5. Air Terjun Sadap

Siapa sangka do bangka tengah ada sebuah wisata air terjun yang cukup begitu populer, nama air terjun tersebut ialah Air Terjun Sadap. Air terjun ini berada di air niur, perlang, kecamatan lubuk besar, kabupaten bangka tegah. Saat berkunjung ke tempat ini sobat akan dibuat kagum dengan pesona air terjunnya yang memukau dan memanjakan mata. Hanya saja untuk menikmati keindahan air terjun ini membutuhkan sedikit perjuangan, sobat akan melewati medan yang cukup menantang untuk bisa sampai ke air terjun ini. Air Terjun Sadap memiliki ketinggian sekitar 8 meter dengan lebar sekitar 3 meter.

6. Kulong Biru

Saat akan berkunjung ke tempat ini pastikan untuk membawa pasangan karena suasana di tempat ini begitu romantis apalagi pada sore dan malam hari. Tempat wisata yang satu ini masih belum dikelola dengan baik, tidak ada penunjuk arah untuk bisa sampai ke tempat ini maka dari itu tempat ini tidak terlalu ramai. Para pengunjung yang datang ke tempat ini hanya mengetahuinya melalui obrolan.Lokasi dari Kulong Biru sendiri berada di Jalan Raya Desa, Nibung, Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah.

Komentar