Inilah Tempat Wisata di Bangka Barat yang Paling Hits

objek wisata di bangka barat yang sedang hits

Bangka barat adalah sebuah kabupaten yang terletak di provinsi kepulauan bangka belitung, tepatnya di pulau bangka. Luas wilayah dari kabupaten ini yakni kurang lebih sekitar 2.821 km². Kabupaten ini bangka barat dibentuk berdasarkan Undang-Undang RI Nomor 5 Tahun 2003 bersamaan dengan 4 kabupaten lainnya yang ada di pulau bangka. Terdapat 6 buah kecamatan di kabupaten ini yakni kecamatan Jebus, kecamatan Kelapa, kecamatan Muntok, kecamatan Parittiga, kecamatan Simpang Teritip, dan kecamatan Tempilang. Pada tahun 2020 lalu, jumlah penduduk bangka barat yakni mencapai angka 204.612 jiwa dengan kepadatan penduduk 71 jiwa/km2.

Bagi sobat yang memiliki rencana liburan ke pulau bangka bersama keluarga maka sobat wajib banget untuk berkunjung ke kabupaten bangka barat karena kabupaten ini memiliki pesona alam yang begitu memikat terutama wisata baharinya. Banyak wisatawan yang datang ke kabupaten ini karena tertarik dengan pesona alamnya. Berkunjung ke bangka barat tidak akan membuat sobat dan keluarga menyesal. Selain pantai, bangka barat juga memiliki sederet destinasi wisata yang cukup menarik banyak perhatian. Berikut ini ulasan mengenai tempat wisata di bangka barat yang paling hits dan patut untuk dikunjungi.

Inilah Tempat Wisata di Bangka Barat yang Paling Hits


1. Pesanggrahan Menumbing

Salah satu alasan tempat wisata yang satu ini begitu hits adalah karena memiliki banyak nilai sejarah terkandung di dalamnya. Pesanggrahan Menumbing terletak di Tanjung, Kecamatan Mentok, Kabupaten Bangka Barat dan menjadi salah satu wisata sejarah terbaik di kabupaten ini. Perlu sobat ketahui bahwa pasanggrahan dulunya merupakan tempat pengasingan bagi para pahlawan indonesia seperti Soekarno, Moh. Hatta, H. Agus Salim dan beberapa pahlawan kemerdekaan lainnya, di tempat inilah mereka diasingkan. Sobat akan merasakan sensasi bersejarah dengan ruangan dan sudut yang masih sama di tahun 1928.

2. Air Terjun Pait Jaya Muntok

Meskipun bangka barat terkenal akan wisata baharinya namun siapa sangka di kabupaten ini juga terdapat sebuah wisata air terjun yang cukup populer, air terjun tersebut bernama Air Terjun Pait Jaya Muntok. Air terjun ini terletak di Belo Laut, Kecamatan Mentok, Kabupaten Bangka Barat. Dulunya air terjun ini merupakan tempat yang terbengkalai, akan tetapi setelah dirapikan kini tempat ini menjadi tempat yang begitu populer. Ada banyak sekali spot foto yang instagramable yang bisa sobat temukan di sekitar air terjun ini. Air terjun ini juga dimanfaat oleh para pengunjung sebagai tempat untuk menghilangkan penat dan mencari ketenangan.

3. Pantai Tanjung Kalian

Pantai Tanjung Kalian merupakan salah satu pantai terbaik yang ada di bangka barat untuk dikunjungi bersama keluarga di akhir pekan ataupun saat libur panjang. Untuk bisa sampai ke pantai ini sobat hanya perlu menempuh jarak sekitar 9 km jika sobat berada di pusat kota muntok. Pantai ini juga menjadi tempat wisata terfavorit bagi masyarakat sekitar, keindahan alam yang disajikan pantai ini tidak main-main. Sobat akan disuguhkan dengan pemandangan indah dari pantai berpasir kuarsa. Pantai ini akan lebih indah jika sobat melihatnya di sore hari menjelang matahari terbenam. Lokasi dari Pantai Tanjung Kalian berada di Tanjung, Kecamatan Mentok, Kabupaten Bangka Barat.

4. Bukit Pala

Jika sobat suka dengan wisat ketinggian maka berkunjung ke Bukit Pala menjadi pilihan yang tepat. Berbeda dengan bukit lainnya yang menawarkan pemandangan hijau dari pepohonan bukit ini menyajikan pemandangan pantai yang menarik dan indah. Untuk bisa menikmati keindahan ini sobat cukup membayar Rp. 2.000 saja untuk harga tiket masuknya. Saat menuju puncak bukit ini, sobat harus berhati-hati karena jalannya masih jalan setepa alami. Meskipun selama perjalanan menuju puncak panas, akan tetapi sobat akan ditemani dengan angin sepoi-sepoi yang menyejukan tubuh. Lokasi dari Bukit Pala sendiri berada di Teluk Limau, Kecamatan Parittiga, Kabupaten Bangka Barat

5. Aek Ketok

Aek Ketok menjadi tempat wisata berikutnya yang tidak boleh lewatkan. Meskipun termasuk wisata baru, akan tetapi wisata ini langsung naik pamor dan menjadi destinasi wisata favorit di bangka barat. Salah satu alasan tempat ini cukup difavoritkan karena keindahan danaunya yang dulu merupakan bekas galian timah.

Tempat wisata ini memiliki banyak spot foto indah dan instagramable di setiap sudut danaunya. Memiliki air biru yang jernih menjadikan pemandangan danau ini terlihat eksotis dan menawan. Mengajak keluarga berlibur ke tempat ini merupakan pilihan yang tepat, karena banyak juga yang datang ke tempat ini bersama keluarganya. Lokasi dari Aek Ketok sendiri berada di Manjelang, Kecamatan Mentok, Kabupaten Bangka Barat.

6. Bukit Menumbing

Tempat wisata terakhir yang saat ini sedang hits di bangka barat ialah Bukit Menumbing. Bukit ini berada di desa Air Belo, Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat, dan memiliki ketinggian sekitar 355 meter diatas permukaan laut. Saat berada di atas bukit ini, sobat akan dibuat terpukau dengan keindahan alamnya. Salah satu keunikan dari bukit ini yaitu terdapatnya sebuah wisma yang dulunya dijadikan rumah tinggal Soekarno ketika dalam masa pengasingan. Jadi saat berwisata ini sobat tidak hanya wisata alam saja, tetapi juga wisata sejarah.

Komentar