7 Tempat Wisata di Asahan Sumatera Utara yang Sedang Populer

tempat wisata populer di asahan

Asahan merupakan salah satu kabupaten yang terletak di provinsi sumatera utara. Kabupaten ini menjadi satu-satunya di indonesia yang membentuk lembaga pengawas pelayanan umum bernama Ombudsman Daerah Asahan. Luas kabupaten asahan sendiri terbilang cukup luas yaitu sekitar 3.733 km² yang terbagi menjadi 25 kecamatan. Pada tahun 2021 silam, jumlah penduduk di kabupaten asahan yakni kurang lebih sekitar 777.626 jiwa dengan angka kepadatan 208,31/km2. Penduduk kabupaten ini berasal dari ras dan suku yang berbeda. Meskipun suku melayu merupakan penduduk asli daerah ini, akan tetapi suku jawa merupakan suku terbanyak yang mendiami daerah ini.

Asaha juga dikenal sebagai kabupaten yang memiliki potensi wisata yang cukup besar. Bahkan salah satu air terjun tertinggi di indonesia terdapat di kabupaten ini. Selain itu kabupaten ini juga memiliki bentang alam indah yang memanjakan mata. Hal tersebut menjadi daya tarik dari kabupaten ini dalam memikat wisatawan luar kota ataupun mancanegara. Di jamin deha saat berlibur ke kabupaten ini tidak akan membuat sobat jenuh dan bosan. Bagi sobat yang berminat untuk berlibur di kabupaten ini dan mencari tempat wisata apa saja yang populer saat ini, berikut ulasan mengenai tempat wisata di asahan yang sedang populer.

7 Tempat Wisata di Asahan Sumatera Utara yang Sedang Populer


1. Pansur Napitu

Tempat wisata pertama yang wajib sobat kunjungi ialah Pansur Napitu. Pansur Napitu sendiri merupakan sebuah pemandian yang berada di daerah desa Gunung Berkat, Kecamatan Bandar Pulau, Kabupaten Asahan. Pemandian ini berbeda dengan pemandian pada umumnya, di tempat ini sobat akan merasakan ketenangan hati dan pikiran karena suasananya yang damai disertai dengan pemandangan alam yang asri. Keunggulan lainnya dari pemandian ini terdapat pada airnya yang sangat jernih dan mirip dengan air laut. Banyak kegiatan seru yang dapat sobat dan keluarga lakukan ketika berada di tempat ini diantaranya yaitu berenang, bersantai, dan berfoto.

2. Danau Kelapa Gading

Danau Kelapa Gading merupakan salah satu tempat wisata yang cukup terkenal di kabupaten asahan. Tempat wisata yang satu ini terletak di kisaran naga, kecamatan kisaran timur, kabupaten asahan. Meskipun merupakan wisata buatan, akan tetapi keindahan yang tersaji di danau ini begitu asri dan dapat membuat siapapun menjadi nyaman. Salah satu kegiatan seru yang dapat sobat lakukan di danau ini adalah bermain sepeda air. Selain itu di sekitar tempat ini juga terdapat warung-warung yang menyajikan berbagai makanan dengan harga terjangkau. Harga tiket masuk ke Danau Kelapa Gading yaitu Rp. 13.000/orang.

3. Air Terjun Ponot

Tempat wisata berikutnya yang wajib sobat singgahi ialah Air Terjun Ponot. Seperti yang disebutkan di atas bahwa di kabupaten ini terdapat salah satu air terjun tertinggi di indonesia, Air Terjun Ponot menjadi satu dari sekian air terjun tertinggi di indonesia. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 25 meter dan menjadi wisata favorit baik untuk masyarakat setempat ataupun wisatawan. Banyak pengunjung yang datang ke air terjun ini untuk berfoto sekaligus untuk menikmati keasrian alam sekitar air terjun ini. Lokasi dari Air Terjun Ponot berada di Tangga, Sampuran Siarimo, Halado, Kecamatan Pintu Pohan Merant, Kabupaten Asahan.

4. Taman Hutan Kota Kisaran

Taman Hutan Kota Kisaran merupakan tempat nongkrong terbaik di kabupaten asahan. Tempat wisata yang satu ini berada di sidomukti, kecamatan kota kisaran barat, kabupaten asahan. Taman ini dipenuhi dengan ornamen-ornamen payung yang digantung yang membuatnya terlihat indah dan cantik. Taman ini selalu memiliki pengunjung baik di pagi hari, siang hari, sore hari, ataupun malam hari. Selain menjadi tempat tongkrongan terbaik di kabupaten asahan, taman ini juga menyediakan spot foto yang instagenik dan memukau.

5. Sungai Asahan

Bagi sobat yang suka melakukan kegiatan arung jeram, maka berkunjung ke tempat ini merupakan pilihan yang tepat. Para pengunjung yang datang ke tempat ini memiliki tujuan yang sama, mereka ingin bermain olahraga yang cukup ekstrim tersebut. Jika sobat belum pernah mencoba kegiatan arung jeram, maka di tempat ini juga sudah tersedia spot khusus untuk pemula. Semua kegiatan yang berhubungan dengan arung jeram berada di sungai asahan. Sungai ini juga terkadang digunakan untuk turnamen arung jeram nasional ataupun internasional. Lokasi dari Sungai Asahan berada di Sungai Lama, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Asahan.

6. Masjid Agung Ahmad Bakrie Kisaran

Selain terkenal akan wisata alamnya yang memukau, kabupaten ini juga memiliki sederet wisata religi yang pautu sobat kunjungi, salah satu wisata religi yang cukup terkenal di kabupaten ini sekaligus menjadi kebanggan umat muslim ialah Masjid Agung Ahmad Bakrie Kisaran. Masjid ini berada di sidomukti, kecamatan kota kisaran barat, kabupaten asahan, atau berada di sebelah alun-alun kota kisaran. Banyak wisatawan yang datang ke tempat ini untuk beribadah dan istirahat sejenak sembari menikmati kemegahan masjid ini. Daya tarik dari masjid ini terdapat pada konsep bangunanya yang memadukan konsep melayu dan arab.

7. Puncak Galau

Jika sobat sedang merasa galau, mungkin dengan berkunjung ke Puncak Galau dapat membuat rasa galau yang sobat miliki hilang seketika. Mata, hati, dan pikiran sobat akan terpuaskan dengan keindahan yang tersaji dari tempat ini. Puncak ini juga memiliki lingkungan yang mendukung untuk melakukan aktifitas camping. Keindaha matahari terbit dan terbenam membuat siapapun enggan untuk pulang. Bagi sobat yang tertarik untuk camping di tempat ini, sobat bisa datang langsung ke alamatnya di Mekar Marjanji, Kecamatan Aek Songsongan, Kabupaten Asahan.

Komentar