6 Tempat Wisata di Aceh Utara yang Lagi Hits dan Wajib Dikunjungi

tempat wisata di aceh utara

Aceh utara merupakan salah satu kabupaten di provinsi aceh. Kabupaten ini menjadi daerah industri terbesar di provinsi aceh sekaligus industri terbesar yang ada di luar pulau jawa. Maka dari itu tak heran jika di kabupaten ini terdapat banyak sekali pabrik-pabrik besar, contohnya pabrik pupuk iskandar muda dan pabrik pupuk AAF. Selain itu aceh utara juga memiliki sektor pertanian yang bagus dan mendukung. Perlu sobat ketahui bahwa wilayah aceh utara dulunya merupakan bekas kerajaan islam samudra pasai. Luas wilayah kabupaten aceh utara yakni 3.297 km² dan memiliki wilayah topografi yang berbeda-beda.

Kabupaten aceh utara juga cukup terkenal dalam bidang pariwisatanya, terutama wisata sejarah dan wisata alamnya. Kedua macam wisata tersebut menjadi andalan di kabupaten ini. Kabupaten ini memiliki potensi wisata yang besar dan mendukung. Oleh sebab itu kabupaten ini banyak dikunjungi oleh para wisatawan, baik wisatawan lokal ataupun mancanegara.

Bagi sobat yang suka dengan wisata alam dan sejarah, berkunjung ke aceh utara merupakan pilihan yang tepat. Selain akan disuguhkan dengan pemandangan yang memukau, sobat juga akan mendapatkan banyak pengalaman berharga ketika berkunjung ke kabupaten ini. Berikut ini ulasan menganai tempat wisata di aceh utara yang lagi hits dan wajib dikunjungi.

6 Tempat Wisata di Aceh Utara yang Lagi Hits dan Wajib Dikunjungi


1. Air Terjun Blang Kolam

Wisata air terjun memang tidak seramai dan setenanr gunung, hal ini dikarenakan wisata air terjun memiliki lokasi yang tersembunyi. Di aceh utara terdapat banyak sekali wisata air terjun yang menawarkan pemandangan yang memukau, salah satunya Air Terjun Blang Kolam yang terletak di sido mulito, kecamatan nisam antara, kabupaten aceh utara. Air terjun ini disebut-sebut sebagai surga tersembunyi yang ada di kabupaten ini. Pemandangan alamnya yang asri membuat siapapun menjadi betah ketika berada di tempat ini. Karena lokasinya yang terpencil untuk bisa menikmati keindahan air terjun ini sobat membutuhkan perjuangan yang tidak mudah.

2. Pantai Ulee Rubek

Aceh utara juga dikenal memiliki banyak pantai yang indah, salah satu pantai yang cukup populer dan banyak dikunjungi wisatawan ialah Pantai Ulee Rubek. Pantai ini memiliki daya tariknya tersendiri dalam menarik minat wisatawan, salah satu daya tarik pantai ini yaitu memiliki pasir pantai yang halus serta lingkungan yang bersih yang membuat pengunjungnya menjadi nyaman. Selain itu pantai ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang menunjang untuk para pengunjungnya. Menikmati sunrise dan sunset di pantai ini merupakan hal yang harus sobat lakukan Lokasi dari Pantai Ulee Rubek berada di Desa Ulee Rubek, Kecamatan Seunuddon, Kabupaten Aceh Utara.

3. Pulau Seumadu

Selain pantai, aceh utara juga memiliki pulau-pulau kecil tidak berpenghuni ataupun berpenghuni yang dijadikan sebagai tempat wisata, salah satunya adalah Pulau Seumadu. Pulau ini terletak di jalan keudeu krueng, kecamatan dewantara, kabupaten aceh utara. Pemandangan yang ditawarkan pulau ini begitu mengagumkan dan dapat membuat pengunjung betah. Pasir pantainya yang putih lembut dipadukan dengan air lautnya yang berwarna kehijauan jernih menjadi daya tarik utama dari tempat wisata ini. Selain itu sobat juga akan menemukan sebuah jembatan kayu yang menjadi lokasi spot foto terfavorit di tempat ini. 

4. Rumah Adat Cut Nyak Meutia

Seperti yang disebutkan di atas, aceh utara juga memiliki sederet wisata sejarah yang sayang untuk dilewatkan. Meskipun tidak seheboh wisata alam, akan tetapi berkunjung ke salah satu wisata sejarah bisa membuat wawasan bertambah. Rumah Adat Cut Nyak Meutia merupakan sebuah cagar budaya sekaligus museum sebagai bentuk penghormatan kepada Cut Nyak Meutia yang merupakan salah satu pahlawan nasional yang berasal dari aceh.

Dengan berkunjung ke tempat ini sobat bisa mengetahui tentang sejarah dari pahlawan-pahlawan wanita dari aceh. Selain itu sobat juga akan dibuat terkesima dengan gaya bangunan museum ini yang khas akan aceh. Lokasi dari Rumah Adat Cut Nyak Meutia berada di Pirak, Mesjid Pirak, Kecamatan Matangkuli, Kabupaten Aceh Utara.

5. Wisata Gunung Salak

Wisata Gunung Salak merupakan salah satu objek wisata yang berada di kawasan perbukitan, atau lebih tepatnya di Alue Dua, Kecamatan Nisam Antara, Kabupaten Aceh Utara. Sebagian pengunjung yang datang ke tempat ini berasal dari perkotaan, mereka datang ke tempat ini karena ingin menghilangkan penat sekaligus melihat pemandangan hijau pepohonan yang sangat jarang sekali dijumpai di kota-kota besar. Terdapat banyak sekali spot-spot foto indah dan menarik di tempat ini, maka dari itu pastikan untuk membawa kamera terbaik yang sobat miliki agar tidak menyesal ketika pulang. Tak hanya itu, sobat juga bisa mencicipi berbagai hidangan kuliner di tempat ini karena terdapat sebuah cafe.

6. Pantai Lancok

Pantai Lancok terletak di Lancok, Kecamatan Syamtalira Bayu, Kabupaten Aceh Utara dan menjadi salah satu wisata andalan di kabupaten ini. Sama halnya pantai ulee rubek, pantai lancok juga selalu memiliki banyak pengunjung. Ciri khas dari pantai lancok adalah terdapatnya sebuah pondok-pondok yang berdiri tegak di pesisir pantainya. Bersantai dan menikmati berbagai kuliner di tempat ini merupakan kegiatan yang tidak boleh lewatkan, apalagi sampai tidak mencoba mie kepiting yang merupakan makanan populer di tempat ini. Pantai lancok dikenal oleh banyak orang sebagai penghasil kerang merah.

Komentar