Simak 7 Tempat Wisata di Aceh Singkil Terbaru dan Terhits

tempat wisata terbaru di aceh singkil

Aceh singkil merupakan salah satu kabupaten di provinsi aceh tepatnya di wilayah barat-selatan dari provinsi ini. Luas wilayah dari kabupaten ini yakni sekitar 1.858 km². Perlu sobat ketahui, sebagian besar wilayah dari kabupaten aceh singkil berada di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser. Kabupaten aceh singkil berbeda dengan kabupaten lainnya, dimana kabupaten ini memiliki 2 wilayah yakni daratan dan kepulauan. Pada tahun 2021 lalu, diketahui jumlah penduduk dari kabupaten ini yakni sekitar 126.514 jiwa dengan angka kepadatan 68/km2. Kabupaten aceh singkil terbagi menjadi 11 kecamatan.

Aceh singkil juga merupakan salah satu kabupaten yang memiliki banyak destinasi wisata yang terkenal, bahkan beberapa tempat wisata di kabupaten ini sudah terkenal hingga ke belahan dunia. Tak hanya terkenal akan wisata religinya, aceh singkil juga menyimpan wisata alam yang indah dan tersembunyi. Liburan di aceh singkil tidak akan membuat sobat menyesal karena selama berlibur sobat akan mendapatkan pengalaman yang sangat mengasikan dan sulit untuk dilupakan. Bagi sobat yang penasaran tempat wisata apa saja yang saat ini sedang ramai diperbincangkan di daerah ini. Berikut ini deretan tempat wisata di aceh singkil terbaru dan terhits yang wajib dikunjungi.

Simak 7 Tempat Wisata di Aceh Singkil Terbaru dan Terhits


1. Pantai Amandangan

Bagia masyarakat aceh singkil dan wisatawan, nama Pantai Amandangan sendiri sudah tidak terdengar asing lagi. Pantai yang berlokasi di Desa Pulo Sarok, Kecamatan Singkil, Kabupaten Aceh Singkil ini terkenal karena memiliki panorama alam yang indah. Jika sobat beruntung sobat juga bisa mendapati penyu yang singgah di pantai ini. Bagi sobat yang suka dengan fotografi di alam terbuka, maka wajib banget bagi sobat untuk berkunjung ke pantai ini. Sayangnya untuk bisa sampai ke pantai ini membutuhkan waktu yang lama dan tidak mudah, namun lelahnya perjalanan akan terbayarkan dengan panorama yang ditawarkan oleh pantai ini.

2. Waduk SiAnjo-Anjo

Bagi sobat yang sedang berada di pusat kota maka wajib banget bagi sobat untuk berkunjung ke Waduk SiAnjo-Anjo karena lokasinya yang dekat dan mudah untuk diakses. Waduk ini terletak di kain golong, kecamatan simpang kanan, kabupaten aceh singkil. Selain disuguhkan oleh pemandangan waduknya, sobat juga akan mendapati banyak pepohonan di sekitar waduk ini yang tentunya membuat udara terasa dingin dan sejuk. Sore hari merupakan waktu yang tepat untuk berkunjung ke wadul ini, karena bisa menikmati matahari terbenam dan senja yang indah dari tempat ini. Selain itu sobat juga bisa berbaur dengan wisatawan lain bahkan penduduk lokal ketika datang di sore hari.

3. Pulau Palambak

Karena wilayah aceh singkil memiliki 2 wilayah yakni daratan dan kepulauan, maka tak heran jika di kabupaten ini terdapat wisata pulau. Salah satu wisata pulau yang ramai diperbincangkan oleh wisatawan adalah Pulau Palambak yang berlokasi di Pulau Baguk, Kecamatan Pulau Banyak, Kabupaten Aceh Singkil. Berkunjung ke pulau palambak tidak akan membuat sobat menyesal, pulau ini menawarkan wisata ala hawai yang indah dan tidak membosankan. Panorama alam dari pulau palambak begitu indah dan sangat sulit untuk dilupakan. Jika sobat masih betah dan ingin berlama-lama di pulau ini sobat bisa menginap karena di pulau ini sudah tersedia resort penginapan.

4. Danau Cingkam

Jika sobat sedang mencari tempat untuk menenangkan diri dan menghilangkan stres maka berkunjung ke Danau Cingkam merupakan pilihan yang tepat. Nama danau yang satu ini masih begitu asing di telinga para wisatawan dan hanya penduduk lokal saja yang sudah mengetahui keindahan dari danau ini.

Danau ini memiliki konsep yang menakjubkan dimana sebuah danau dikelilingi oleh perbukitan dan pegunungan hijau yang pastinya memberikan kenyamanan kepada para pengunjungnya. Tak hanya itu saja, di tempat ini juga terdapat perkebunan dan ladang milik warga yang membuat danau ini terlihat lebih sempurna. Lokasi dari Danau Cingkam berada di desa cingkam, kecamatan gunung meriah, kabupaten aceh singkil.

5. Pulau Malelo

Bagi siapapun yang menginjakan kaki di pulau ini akan dibuat terpana oleh keindahan dan pesona alam dari Pulau Malelo. Maka tak heran jika Pulau Malelo merupakan salah satu wisata terbaik yang ada di aceh singkil. Mata para pengunjung akan di buat terpukau dengan pasir putihnya yang berpadu dengan birunya air laut. Sobat juga akan dibuat nyaman dan enggan untuk beranjak ketika berada di pulau ini karena sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang menunjang. Banyak pengunjung yang menjadikan Pulau Malelo sebagai lokasi foto untuk prewedding. Lokasi dari Pulau Malelo berada di Desa Pulo Sarok, Kecamatan Singkil, Kabupaten Aceh Singkil.

6. Air Terjun Lae Gecih

Tak hanya pulau, waduk dan pantainya, aceh singkil juga memiliki bebera wisata air terjun yang sayang untuk dilewatkan. Salah satu wisata air terjun terbaik di daerah ini adalah Air Terjun Lae Gecih. Air terjun ini terletak di desa kuta tinggi, kecamatan simpang kanan, kabupaten aceh singkil. Debit air yang berada di air terjun ini tidak terlalu besar, hal tersebut membuat wisatawan bisa berenang dan bermain air dengan leluasa. Terlebih lagi pada sore hari, anak-anak kecil yang merupakan penduduk setempat bisa sobat lihat berenang di air terjun ini dengan leluasa.

7. Pulau Tailana

Tempat wisata terakhir yang wajib sobat kunjungi dan sayang untuk dilewatkan adalah Pulau Tailana. Pulau ini masih termasuk kedalam gugusan kepulauan yang ada di aceh singkil. Menikmati keindahan pulau ini akan terasa menyenangkan jika sobat mengajak keluarga ataupun teman-teman. Banyak kegiatan seru yang dapat sobat lakukan ketika berada di pulau ini, diantaranya snorkeling dan berenang. Tempat wisata yang satu ini juga menjadi lokasi terbaik untuk menikmati keindahan matahari terbit dan terbenam. Bagi sobat yang tertarik untuk menikmati keseruan dan keindahan tempat ini sobat bisa datang ke Pulau Banyak Barat, Kecamatan Pulau Banyak, Kabupaten Aceh Singkil.

Komentar