6 Rekomendasi Tempat Wisata Terindah di Aceh Selatan yang Lagi Hits

tempat wisata di aceh selatan yang lagi hits

Aceh selatan adalah sebuah kabupaten yang terletak di provinsi aceh. Kabupaten ini berdiri pada 4 november 1956 setelah di sahkanya undang-undang darurat nomor 7 tahun 1956. Sebelum mengalami pemekaran, kabupaten aceh barat daya dan kabupaten aceh singkil merupakan bagian dari kabupaten aceh selatan. Kemudian pada tanggal 2 april tahun 2002, kabupaten aceh selatan ini dimekarkan menjadi 3 kabupaten. Luas wilayah dari kabupaten aceh selatan sendiri yakni sekitar 4.173,82 km2 dengan jumlah penduduknya yakni sebanyak 238.801 jiwa. Kondisi alam dari kabupaten ini cukup bervariasi, ada yang dataran tinggi, dataran rendah, bergelombang dan pegunungan.

Aceh selatan juga dikenal sebagai daerah yang memiliki banyak wisata unik. Berkunjung ke kabupaten ini tidak akan membuat bagi sobat yang hobi berwisata. Ada ratusan tempat wisata di aceh selatan yang bisa sobat ekplor untuk mengisi waktu liburan sobat. Dari sekian banayknya tempat wisata yang ada di aceh selatan, hanya wisata alam dan wisata bahari yang banyak diperbincangkan oleh para wisatawan. Hal tersebut dikarenakan pemandangan alamnya yang unik dan juga indah. Bagi sobat yang sedang mencari rekomendasi tempat wisata di aceh selatan untuk berlibur, berikut ini rekomendasi tempat wisata terindah di aceh selatan yang lagi hits.

6 Rekomendasi Tempat Wisata Terindah di Aceh Selatan yang Lagi Hits


1. Pantai Lhok Rukam

Tempat wisata pertama yang menjadi rekomendasi ialah Pantai Lhok Rukam. Pantai ini terletak di Jalan Tapaktuan – Subulussalam, Lhok Rukam, Kecamatan Tapak Tuan, Kabupaten Aceh Selatan. Seperti yang kita ketahui, kabupaten aceh selatan sendiri terkenal memiliki banyak pantai yang indah. Di pantai ini sobat akan ditawarkan dengan keindahan alam yang tidak biasa. Sobat akan mendapati Garis pantai berpasir putih yang sangat luas, garis pantai tersebut menjadi tempat terbaik untuk bersantai dan memandanga keindahan laut yang begitu luas. Pantai ini juga ditumbuhi dengan pepohonan guna menambah kesejukan di area pantainya.

2. Puncak Grapela

Bagi sobat yang suka dengan wisata ketinggian maka Puncak Grapela menjadi tempat yang tidak boleh sobat lewatkan. Untuk bisa sampai ke tempat ini sobat membutuhkan waktu sekitar 15 menit jika dari pusat kota. Saat pertama kali menginjakan kaki di tempat ini sobat akan dibuat terpukau dengan pemandangan hijau khas perbukitan.

Jadi bisa sobat bayangkan bahwa di tempat ini udara akan terasa dingin sejuk, maka wajib bagi sobat untuk memakai/membawa pakaian hangat agar tidak kedinginan. Selain disajikan dengan pemandangan hijaunya, sobat juga bisa melihat keindahan samudera hindia yang luas. Lokasi dari Puncak Grapela berada di desa gampong luas, Panton Luas, Kecamatan Tapak Tuan, Kabupaten Aceh Selatan, Aceh.

3. Wisata Tapak Tuan Tapa

Wisata Tapak Tuan Tapa sendiri merupakan tempat legendaris sekaligus wisata andalan di aceh selatan. Tempat wisata yang satu ini selalu dipadati oleh para pegunjung, baik dari luar kota ataupun luar negara. Alasan paling utama tempat ini selalu ramai pengunjung adalah karena banyaknya spot cantik dengan keindahan alam yang mempesona. Namun bukan sekedar itu saja, di tempat ini juga terdapat situs budaya berupa pijakan kaki manusia raksasa yang berada di Lereng Gunung Lampu.

Bagi sobat yang tertarik untuk berkunjung ke tempat ini sobat harus mempersiapkan mental dan tenaga, karena waktu yang dibutuhkan lumayan lama untuk sampai ke tempat ini. Tempat wisata yang satu ini berada di Pasar, Kecamatan Tapak Tuan, Kabupaten Aceh Selatan.

4. Air Terjun Tingkat Tujuh

Tempat wisata berikutnya yang menjadi rekomendasi adalah Air Terjun Tingkat Tujuh. Nama dari air terjun ini sudah banyak diketahui oleh masyarakat aceh selatan. Hal tersebut karena air terjun ini memiliki pesona alam yang menakjubkan. Tingkat tujuh sendiri memiliki arti bahwa air terjun ini memiliki 7 tingkatan, yang dimana setiap tingkatanya akan dipisahkan oleh batuan.

Air terjun ini akan terlihat sangat indah jika dilihat dari kejauhan. Untuk bisa menikmati pesona alamnya yang menakjubkan, sobat harus melewati banyak rintangan selama perjalanan berupa jalan terjal, menanjak, dan turunan. Air Terjun Tingkat Tujuh terletak di Batu Itam, KecamatanTapak Tuan, Kabupaten Aceh Selatan.

5. Pemandian Panjupian

Setelah seharian bekerja dan berjalan-jalan badan tentunya akan merasa lelah dan pegal. Untuk membuat badan kembali segar maka sobat harus berkunjung ke Pemandian Panjupian yang terletak di Jalan Tapaktuan – Subulussalam, Panjupian, Kecamatan Tapak Tuan, Kabupaten Aceh Selatan. Untuk harga tiket masuknya pun terbilang sangat murah dan praktis, sobat cukup membayar Rp. 10.000 saja dengan begitu sobat sudah bisa memasuki area pemandian ini. Para wisatawan yang datang ke tempat ini akan merasa betah karena fasilitasnya yang cukup lengkap dan menunjang. banyak warga sekita yang datang ke tempat ini untuk berpiknik dan menikmati keindahan alam sekitar.

6. Taman Pala Tapak Tuan

Tempat wisata terakhir yang menjadi rekomendasi ialah Taman Pala Tapak Tuan. Taman Pala Tapak Tuan sendiri merupakan salah satu tempat wisata untuk umum. Tempat wisata yang satu ini juga sudah dilengkapi dengan fasilitas yang bisa membuat pengunjung semakin betah. Tempat ini juga mempunyai spot foto yang indah dan menarik yang biasa digunakan oleh para pegunjung. Sobat juga bisa melakukan beberapa kegiatan seru seperti Untuk bisa sampai ke Taman Pala Tapak Tuan sobat harus berdoa terlebih dahuluatang ke Pasar, Kecamatan Tapak Tuan, Kabupaten Aceh Selatan.

Komentar