Inilah Rekomendasi Tempat Wisata Terbaru dan Terhits di Aceh Besar yang Wajib Dikunjungi

tempat wisata terhits di aceh besar

Aceh besar merupakan salah satu kabupaten yang ada di provinsi aceh. Sebelum banda aceh berpisah dan menjadi kotamadya, dulunya kota tersebut pernah menjadi ibukota dari kabupaten ini. Setelah banda aceh memisahkan diri, ibukota dari kabupaten ini berpindah ke Jantho di Pegunungan Seulawah. Bagi sobat yang suka mempelajari sejarah mungkin nama kabupaten ini sudah terdengar tidak asing lagi, kabupaten ini menjadi tempat kelahiran pahlawan nasional yang bernama cut nyak dien. Luas wilayah dari kabupaten aceh besar yakni sekitar 2.903 km² yang kemudian terbagi menjadi 22 kecamatan. Jumlah penduduk di kabupaten ini pada tahun 2021 lalu yakni sebanyak 407.775 jiwa.

Perlu sobat ketahui bahwa aceh besar pernah menjadi daerah yang penting semasa kerajaan aceh. Maka tak jika kabupaten ini memiliki banyak tempat-tempat yang cukup bersejarah. Tempat-tempat tersebut dijaga dan dirawat dengan baik sebagai tanda bahwa kabupaten ini kaya akan sejarah, bahkan beberapa tempat diantaranya dijadikan tempat wisata sekaligus menjadi wisata andalan di kabupaten ini. Namun tak hanya wisata sejarah saja yang jadi andalan di kabupaten ini, ada juga wisata alam dan kuliner yang menjadi daya tarik wisatawan. Berikut rekomendasi tempat wisata terbaru dan terhits di aceh besar yang wajib dikunjungi.

Inilah Rekomendasi Tempat Wisata Terbaru dan Terhits di Aceh Besar yang Wajib Dikunjungi


1. Arung Jeram Krueng Jalin
Wisata Arung Jeram Krueng Jalin

Bagi sobat yang menyukai aktifitas luar ruangan dan memacu adrenalin maka sobat wajib banget untuk mengunjungi wisata yang satu ini. Arung Jeram Krueng Jalin terletak di jalin, kabupaten aceh besar. Selain bermain arung jeram, di tempat ini juga sobat bisa melakukan aktifitas lainnya seperti camping, camping tersebut dilakukan agar sobat bisa mengeksplor tempat wisata yang satu ini lebih puas lagi, adapun kegiatan lainnya yang bisa sobat lakukan yaitu bersantai menikmati alam sekitar. Agar liburan sobat semakin menyenangkan maka sobalah untuk mengajak keluarga ataupun teman. Tempat wisata yang satu ini tidak pernah sepi pengunjung, terlebih di hari libur yang pastinya ramai.

2. Mon Ceunong

Mon Ceunong menjadi tempat berikutnya yang wajib sobat kunjungi saat berada di aceh besar. Tempat wisata yang satu ini terletak di Jalan Mon Ceunong No.23373, Aneuk Glee, Kecamatan Indrapuri, Kabupaten Aceh Besar. Mon Ceunong sendiri merupakan sebuah sungai besar dengan bebatuan besar, bisa dikatakan wisata ini mirip dengan air terjun meskipun ketinggianya hanya 2 meter saja. Pemandangan alam sekitar tempat ini sangat indah dan memukau ditambah dengan suasana tenang dan asri yang dapat membuat pengunjung menjadi betah. Jika sobat berada di pusat kota dan berencana datang ke tempat ini, maka sobat harus menempuh waktu selama 40 menit.

3. Pantai Lampuuk

Pantai ini menjadi destinasi wisata favorit wisatawan karena sajian alamnya yang memukau dan harga tiket masuknya yang terbilang murah. Pasir pantainya yang putih lembut dan bersih ditambah dengan lautan berwarna hijau zamrud menjadi daya tarik tersendiri dari tempat ini. Selain itu di tempat ini juga terdapat konservasi penyu sebagai kawasan edukasi biota laut. DI pantai ini sobat bisa melakukan aktifitas-aktifitas seru dan menyenangkan seperti berselancar, berenang, berlayar dengan banana boat, atau sekadar berjalan-jalan di pasir yang lembut. Lokasi dari pantai lampuuk berada di Jalan Raya Lampuuk, Meunasah Lambaro, Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar.

4. Air Terjun Peucari Jantho

Saat berkunjung ke Air Terjun Peucari Jantho mata sobat akan dibuat terpana dengan keelokan alam yang dimiliki oleh air terjun ini. Tempat wisata yang satu ini juga cocok dikunjungi bagi sobat yang sedang mencari ketenangan dan kedamaian karena letaknya yang berada di area hutan belantara. Suara-suara kicauang burung akan menemai sobat selama perjalanan menuju air terjun ini.

Sayangnya jarak menuju air terjun ini cukup jauh jika dari pusat kota, jarak yang harus sobat tempuh jik dari pusat kota ke air terjun ini yakni sekitar 70 KM. akan tetapi rasa pegal dan lelah akan terbayarkan dengan pemandangan dan keeksotisan tempat ini. Air Terjun Peucari Jantho berlokasi di bueng, kota jentho, kabupaten aceh besar.

5. Benteng Inong Balee

Benteng Inong Balee merupakan tempat yang cukup bersejarah di aceh besar. Dulunya benteng ini digunakan untuk keamanan wilayah. Benteng Inong Balee terletak di Lamreuh, rueng Raya, Kecamatan Mesjid Raya, Kabupaten Aceh Besar. Meskipun bangunan ini terlihat cukup tua, akan tetapi tempat ini selalu didatangi pengunjung. Para pengunjung tersebut menjadikan tempat ini sebagai lokasi berfoto dan juga untuk nongkrong sembari ngobrol-ngobrol. Jika sobat berencana datang ke tempat ini cobalah datang di waktu sore hari. Karena keindahan senja bisa sobat lihat di benteng ini.

6. Pantai Lhok Mee

Tempat wisata terakhir yang menjadi rekomendasi ialah Pantai Lhok Mee. Sama halnya seperti pantai lampuuk, Pantai Lhok Mee juga menjadi tempat wisata favorit dan andalan di aceh besar. Daya tarik dari tempat ini adalah hamparan pohon bakaunya yang hijau serta airnya yang sebening kristal. Hamparan pohon-pohon bakau tersebut biasa dijadikan spot foto oleh para pengunjung.

Selain itu terdapat juga spot foto unik lainnya yakni pohon Geurumbang, Pohon ini berada di tengah laut dan memiliki bentuk yang unik. Selama berkunjung ke pantai ini pastikan untuk tidak melewatkan satupun keseruan yang ada di tempat ini seperti snorkeling bersama teman dan mencicipi hidangan kulner setempat. Tak lupa juga untuk mencicipi buah jamlang yang tumbuh di sekitar pantai.

Komentar