6 Rekomendasi Tempat Wisata di Banggai Laut yang Lagi Hits

tempat wisata di banggai laut

Banggai laut merupakan salah satu kabupaten yang terletak di sulawesi tengah. Kabupaten ini memiliki luas wilayah sekitar 725,7 km² dan menjadi kabupaten dengan luas terkecil diantara 2 kabupaten banggai lainnya. jumlah penduduk kabupaten banggai di tahun 2021 lalu sebanyak 70.435 jiwa dengan kepadatan 97 jiwa/km2. Sebelum terjadinya pemekaran, kabupaten ini dulunya merupakan bagian dari kabupaten banggai kepulauan. Provinsi ini terbagi menjadi 7 kecamatan yang diantaranya kecamatan banggai, kecamatan banggai selatan, kecamatan banggai tengah, kecamatan banggai utara, kecamatan bangkurung, kecamatan bokan kepulauan, dan kecamatan labobo.

Sama halnya kabupaten banggai dan kabupaten banggai kepulauan, kabupaten ini juga menyimpan sederet wisata yang mengagumkan yang patut untuk dikunjungi saat musim liburan. Berkunjung ke banggai laut tidak akan membuat sobat menyesal, bahkan bisa membuat sobat betah dan tidak ingin pulang.

Ada banyak sekali wisata menarik yang dapat sobat temukan di kabupaten ini, yang pastinya memanjakan mata. Bagi sobat yang sedang mencari tempat wisata di kabupaten ini ada beberapa tempat yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Saat ini tempat-tempat tersebut sedang ramai diperbincangkan. Inilah rekomendasi tempat wisata di banggai laut yang sedang hits dan wajib untuk dikunjungi.

6 Rekomendasi Tempat Wisata di Banggai Laut yang Lagi Hits


1. Pantai Bulung

Saat sobat pertama kali menginjakan kai di pantai ini, sobat akan dibuat terpukau dengan suguhan pemandangan alamnya yang cantik dan menawan. Pantai Bulung terletak di Tolokibit, Kecamatan Banggai Selatan, Kabupaten Banggai Laut dan menjadi salah satu destinasi wisata andalan dan terfavorit di banggai laut. Banyak kegiatan seru yang dapat sobat dan keluarga lakukan selama di pantai ini, salah satu kegiatan yang harus sobat coba saat di tempat ini yaitu snorkeling. Hal tersebut karena pantai ini memiliki pemandangan laut yang indah yang dihiasi dengan terumbu karang dan ikan-ikan kecil yang wajib sobat lihat.

2. Padang Laya

Bagi sobat yang suka dengan ketinggian, maka wajib banget bagi sobat untuk berkunjung ke Padang Laya yang terletak di Dangkalan, Kecamatan Banggai, Kabupaten Banggai Laut. Saat berada ddi bukit ini sobat akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang begitu cantik dan menawan yang dapat membuat pengunjungnya terpesona. Pemandangan tersebut selalu dijadikan lokasi berfoto oleh para pengunjung. Tak hanya berfoto saja, di tempat ini sobat juga bisa berkemah dengan mengajak teman-teman untuk bisa menikmati sunset dan sunrise dari bukit ini.

3. Pantai Batu Lubang

Tak hanya pantai bulung saja yang terkenal di banggai laut, ada juga Pantai Batu Lubang yang menjadi destinasi wisata terfavorit di kabupaten ini. Pantai Batu Lubang terletak di Tanjung Gundul, Pasir Putih, Kecamatan Banggai, Kabupaten Banggai Laut. Berbeda dengan pantai biasanya, pantai ini memiliki lokasi yang cukup unik, yaitu berada di sebuah tebing di tepi pantai. Tebing tersebut memiliki lubang yang begitu besar dan bisa sobat masuki. Perpaduan antara birunya air laut dan batu-batu karang menjadi pantai ini memiliki spot foto menarik. Saat akan berkunjung ke pantai ini pastikan untuk membawa kamera dan HP agar bisa memotret setiap bagian pantai ini yang menurut sobat indah. 

4. Pantai Bongo

Saat berkunjung ke Pantai Bongo sobat bisa menikmati keindahan pantai ini sembari berbaring di hamparan rumput yang hangat. Tak terkenal akan keindahanya, pantai ini juga bisa dikatakan istimewa karena dibatasi oleh tebing yang dipenuhi oleh rerumputan. Tak hanya itu pantai ini juga memiliki air yang jernih berwarna biru yang memungkinkan pengunjungnya nyaman saat bermain air. Baik wisatawan ataupun pengunjung sekitar menjadikan pantai ini sebagai lokasi terbaik untuk berenang. Lokasi dari Pantai Bongo berada di Bone Baru, Kecamatan Banggai Utara, Kabupaten Banggai Laut.

5. Pulau Bandang

Tempat wisata berikutnya yang wajib sobat kunjungi adalah Pulau Bandang yang berlokasi di Monsongan, Kecamatan Banggai Tengah, Kabupaten Banggai Laut. Pulau ini bisa dikatakan masih perawan, alias belum banyak terjamaah oleh manusia. Maka dari itu tempat ini cukup baik dikunjungi bagi sobat yang mencari ketenangan. Kebersihan pulau ini cukup terjaga dengan baik sehingga dapat membuat pengunjungnya nyaman. Banyak kegiatan seru yang dapat di pantai ini diantaranya bermain pasir dan air, menelusuri garis pantai, dan berfoto.

6. Pulau Bukakan

Saat berkunjung ke banggai laut, tak lupa juga untuk berkunjung ke Pulau Bukakan dan menikmati keindahannya. Lokasi dari Pulau Bukakan tidak jauh dari pulau bandang, jadi sobat bisa mengunjungi dua tempat wisata dalam satu hari. Untuk bisa sampai ke pulau ini membutuhkan waktu sekitar 30 menit dengan menaiki perahu nelayan. Beberapa kegiatan yang bisa sobat lakukan saat berada di pulau ini antara lain berenang, bersantai, dan snorkeling. Bagi sobat yang ingin merasakan langsung sensasi liburan di pulau ini sobat bisa datang ke alamatnya di Dodung, Kecamatan Banggai, Kabupaten Banggai Laut.

Komentar