6 Rekomendasi Tempat Wisata di Aceh Tenggara Terbaru yang Lagi Hits 2022

tempat wisata di aceh tenggara terbaru

Aceh Tenggara merupakan sebuah kabupaten di provinsi aceh tepatnya di wilayah tenggara provinsi ini dan berbatasan langsung dengan provinsi sumatera utara. Luas wilayah kabupaten aceh tenggara yakni sekitar 4.242 km² dan sebagian wilayahnya terdiri dari wilayah dataran tinggi Pegunungan Leuser, serta wilayah dataran rendah yang berada di Lembah Alas. Pada tahun 2021 lalu jumlah penduduk aceh tenggara kurang lebih sekitar 227.456 jiwa dan angka kepadatannya sekitar 54/km2. Kabupaten aceh tenggara terbagi menjadi 16 kecamatan. Sama halnya kabupaten aceh tengah, kabupaten ini tidak memiliki wilayah pantai dan lautan.

Meskipun tidak memiliki pantai dan laut, bukan berarti daerah ini sepi peminat dan wisatawan. Faktanya banyak wisatawan yang berasal dari luar pulau datang ke kabupaten ini karena tertarik dengan beberapa wisatanya. Wisata-wisata di aceh tenggara menyuguhkan keindahan alam yang tiada banding dan dapat membuat wisatawan menjadi betah. Tempat wisata tentunya memiliki daya tariknya masing-masing dalam menarik banyak pengunjung. Dari sekian ratusan tempat wisata, ada beberapa tempat yang cukup menarik banyak perhatian sekaligus menjadi wisata andalan di kabupaten ini. Berikut ini rekomendasi tempat wisata di aceh tenggara terbaru yang lagi hits di tahun 2022.

6 Rekomendasi Tempat Wisata di Aceh Tenggara Terbaru yang Lagi Hits 2022


1. Masjid Agung At-Taqwa

Wisata bukan berarti harus selalu tentang alam, di aceh tenggara salah satu wisata religi yang cukup terkenal yakni Masjid Agung At-Taqwa. Masjid ini terletak di Pulo Sanggar, Kecamatan Babussalam, Kabupaten Aceh Tenggara. Kubas emas pada masjid ini membuatnya terlihat elegan jika dilihat dari kejauhan. Di tempat ini pun terdapat tempat parkir serta taman masjid yang biasa digunakan untuk berfoto-foto dan bersantai. Selain itu di masjid ini juga terdapat lukisan khas budaya suku alas, seperti yang diketahui suku alas sendiri merupakan suku asli daerah sini. Hiasan kaligrafi pada dinding masjid ini juga menambah kemegahan dan kemewahan akan masjid ini.

2. Bukit Cinta Kutacane

Bila sobat sedang mencari tempat nongkrong di kabupaten ini, maka berkunjung ke Bukit Cinta Kutacane merupakan pilihan yang tepat. Bukit ini merupakan salah satu tempat nongrong terbaik di aceh tenggara. Di tempat ini sobat akan dimanjakan dengan keindahan alam sekitar yang masih asri dan mampu memikat banyak orang. Sembari menikmati keindahan alam sekitar, sobat juga bisa mencicipi makanan dan minuman yang di jual di caffe terdekat. Sobat tidak perlu berfikir 2 kali saat akan berkunjung ke tempat ini karena aksesnya yang mudah untuk dijangkau. Lokasi dari Bukit Cinta Kutacane berada di Jalan Bukit Cinta, Kecamatan Darul Hasanah, Kabupaten Aceh Tenggara.

3. Air Terjun Lawe Dua

Tempat wisata berikutnya yang lagi hits di aceh tenggara ialah Air Terjun Lawe Dua. Tempat wisata yang satu ini terletak di Pulo Sanggar, Kecamatan Babussalam, Kabupaten Aceh Tenggara. Bagi sobat yang berasal dari daerah kota sobat perlu datang ke tempat ini untuk merasakan keasrian, ketenangan, serta kedamaian yang dihadirkan tempat ini. Untuk harga tiket masuknya pun sangat murah, sobat hanya perlu mengeluarkan uang senilai Rp. 5000 saja untuk setiap orangnya. Di tempat ini banyak kegiatan seru yang bisa sobat lakukan entah bersama keluarga ataupun teman. Beberapa kegiatan yang dapat sobat lakukan di tempat ini diantaranya camping, bermain air, dan berfoto.

4. Bukit Ketambe
wisata bukit ketambe

Tak hanya menjadi wisata andalan saja, bukit ketambe juga sudah menjadi wisata internasional aceh tenggara. Bukit ini menawarkan suasana yang tenang dan damai serta alam liar yang indah. Di tempat ini sobat bisa menemukai berbagai macam fauna liar yang hidup di tempat ini, beberapa hewan yang dapat sobat jumpai di tempat ini diantaranya yaitu orang utan, kukang, beruk, siamang, kedih, dan monyet ekor panjang. Di hutan yang memiliki luas 450 hektar ini sobat bisa berpetualang sembari menikmati keindahan tempat wisata yang satu ini. Lokasi dari bukit ketambe sendiri berada di Ketambe, Kecamatan Ketambe. Kabupaten Aceh Tenggara.

5. Taman Nasional Gunung Leuser

Tempat wisata yang satu ini tak kalah populer dari bukit ketambe. Bisa dibilang Taman Nasional Gunung Leuser dan bukit ketambe merupakan rival. Tempat wisata yang satu ini terletak di Jalan Blangkejeren – Kutacane, Kecamatan Ketambe, Kabupaten Aceh Tenggara. Destinasi ini tidak pernah sepi akan pengunjung, terutama di hari libur sekolah dan libur panjang, taman ini selalu padat akan pengunjung baik dari dalam kota ataupun luar kota. Agar mendapatkan pengalaman seru dan menyenangkan sobat bisa mengajak keluarga, teman, ataupun orang tercinta. Pengunjung juga bisa melihat beragam flora dan fauna yang dijaga dengan baik di tempat ini sekaligus menjadi wisata edukasi.

6. Gua Lawe Sikap

Gua Lawe Sikap menjadi rekomendasi terakhir tempat wisata di aceh tenggara yang lagi hits. Berlokasi di Jalan Bukit Cinta, Kecamatan Babussalam, Kabupaten Aceh Tenggara, wisata yang satu ini menarik banyak perhatian karena sensasi berpetualang di dalam goa yang indah. stalaktit dan stalakmit alami yang masih asri menjadi daya tarik utama akan tempat wisata ini. Goa ini juga memiliki bebatuan warna-warni seperti putih, hijau, dan coklat guna membuat tempat ini semakin menarik di mata wisatawan. Jika sobat memiliki jiwa petualang, maka wajib banget bagi sobat datang ke tempat yang satu ini.

Komentar