Inilah 7 Tempat Wisata di Banggai yang Cantik dan Wajib untuk Dikunjungi

tempat wisata di banggai yang wajib untuk dikunjungi

Banggai merupakan sebuah nama kabupaten di provinsi sulawesi tengah. Luas kabupaten banggai sendiri terbilang cukup luas yakni sekitar 9.673 km². Saat ini jumlah penduduk kabupaten banggai mencapai angka 382.276 jiwa dengan angka kepadatan sekitar 39,36/km2. Perlu sobat ketahui, dulunya kabupaten binggai merupakan bekas dari kerajaan banggai, yang merupakan kerajaan ternama di sulawesi tengah. Maka tak heran jika di kabupaten ini banyak sekali tempat yang mengandung unsur sejarah. Tak hanya itu saja, kabupaten banggai juga terkenal memiliki potensi alam yang melimpah, baik hasil lautnya, hasil buminya, dan hasil pertambanganya.

Selain memiliki potensi alam yang melimpah, kabupaten ini juga menyimpan keindahan yang memukau yang bisa dijadikan sebagai tempat liburan. Liburan di kabupaten banggai tidak akan membuat siapapun menyesal. Bagi sobat yang sedang mencari tempat berlibur di sulawesi tengah, maka berkunjung ke kabupaten banggai bisa menjadi pilihan yang tepat.

Banyak wisatawan yang berasal dari luar kota dan luar pulau berkunjung ke kabupaten ini karena tertarik dengan keindahannya. Dari sekian banyaknya tempat wisata di kabupaten ini ada beberapa tempat yang wajib sobat kunjungi dan sangat sayang apabila sobat lewatkan begitu saja, dibawah ini ulasan mengenai tempat wisata yang cantik di kabupaten banggai yang wajib untuk dikunjungi.

Inilah 7 Tempat Wisata di Banggai yang Cantik dan Wajib untuk Dikunjungi


1. Air Terjun Piala

Destinasi wisata pertama yang wajib sobat kunjungi saat sampai di banggai ialah air terjun piala.Memiliki nama piala bukan berarti air terjun ini berbentuk piala, salah satu alasan air terjun ini dinamai air terjun piala adalah karena memiliki air yang bersih dengan warna kehijau-hijauan. Tempat wisata yang satu ini menjadi tempat terfavorit untuk bersantai dan menghilangkan penat karena menghadirkan suasana tenang dan damai dengan udara sejuk karena dikelilingi oleh pepohonan. Lokasi dari air terjun piala sendiri berada di desa hanga-hanga, kecamatan luwuk, kabupaten banggai.

2. Bukti Teletubbies (Bukit Luwuk)

Terletak di desa lumpoknyo, kecamatan luwuk, kabupaten banggai, bukit teletubbies atau nama lainnya bukit luwuk merupakan salah satu wisata andalan yang ada di kabupaten ini. Di tempat ini kedua mata sobat akan dibuat terpukau dengan keindahan yang dihadirkannya berupa perbukitan hijau dan kuning. Banyak pengunjung yang datang ke tempat ini untuk berfoto-foto sekaligus melihat keindahan senja dan matahari terbenam. Di tempat ini terdapat sebuah spot foto yang cukup unik yaitu pohon jomblo yang terletak di tengah-tengah perbukitan.

3. Pantai Kilo 5

Liburan tanpa mengunjungi pantai rasanya akan ada yang kurang, ibaratkan kopi dan gula. Di kabupaten banggai ada banyak sekali wisata pantai yang menarik banyak perhatian khusunya wisatawan, salah satunya adalah pantai kilo 5. Pantai ini terletak di jalan Dr. Moh. Hatta, bukit membual, kecamatan luwuk selatan, kabupaten banggai. Daya tarik dari pantai ini terdapat pada kombinasi warna laut biru muda dan biru tuanya yang akan membuat kedua bola mata termanjakan. Pantai ini juga menjadi salah satu lokasi terbaik untuk menikmati sunrise.

4. Pulau Dua Balantak

Keindahan yang tersaji di pulau ini sudah diakui oleh banyak orang, meskipun untuk sampai ke tempat ini membutuhkan waktu yang cukup lama yaitu 3,5 jam dari pusat kota luwuk. Perjalanan panjang yang sobat tempuh tidak akan membuat sobat kecewa. Selain menuguhkan pemandangan alam yang indah, sobat juga akan merasakan suasana damai dan tenang saat berada di pulau ini karena jauh dari pusat perkotaan. Agar liburan sobat semakin menyenangkan, sobat bisa mengajak keluarga, teman ataupun pasangan saat akan ke pulau ini. Lokasi dari pulau dua balantak berada di desa kampangar, kecamatan balantak utara, kabupaten banggai.

5. Pemandian Alam Molino Tontuan

Destinasi wisata berikutnya yang wajib sobat masukan dalam list untuk dikunjungi yaitu pemandian alam molino tontuan yang terletak di desa tontuan, kecamatan luwuk, kabupaten banggai. Baik pada hari biasa atau hari libur tempat wisata yang satu ini selalu memiliki pengunjung apalagi jika libur panjang sekolah, tempat ini akan didatangi oleh banyak pengunjung, baik dari dalam kota ataupun luar kota. Pemandian yang satu ini berbeda dengan pemandian yang biasanya, hal tersebut karena pemandian ini terbentuk secara alami.

6. Bukit Kasih Sayang

Bukit kasih sayang merupakan salah satu wisata andalan di kecamatan luwuk, karena bukit ini menyajikan banyak sekali pemandangan indah seperti kota luwuk yang dihiasi dengan lautan dan pegunungan. Pemandangan tersebut tentunya menjadi spot terfavorit bagi pengunjung untuk berfoto-foto. Namun tak hanya itu saja, ada banyak sekali spot foto yang instagramable yang terdapat di bukit kasih sayang. Hal tersebut bisa membuat memori HP dan kamera menjadi penuh. Bukit kasih sayang terletak di bungin, kecamatan luwuk, kabupaten banggai.

7. Teluk Lalong

Objek wisata terahir yang wajib sobat masukan kedalam list ialah teluk lalong. Di teluk ini sobat bisa menyaksikan kapal-kapal yang akan merapat dan bersandar di teluk di cafe-cafe yang terdapat di sekitar teluk ini. Jika sobat ingin melihat keindahan lainnya dari tempat ini yaitu pada sore hari dan pagi hari. Karena 2 waktu tersebut merupakan momen matahari terbit dan terbenam yang tentunya menghadirkan suasana yang romantis apalagi jika dilihat bersama pasangan.

Komentar