Deretan Tempat Wisata Terkenal dan Terhits di Kabupaten Bangka

objek wisata di bangka yang terkenal

Bangnanda.com - Bangka merupakan salah satu kabupaten yang terletak di provinsi kepulauan belitung tepatnya di pulau bangka. Kabupaten ini memiliki luas wilayah sekitar 2.951 km² serta jumlah populasi sebanyak 329.911 jiwa pada tahun 2021 dengan kepadatan penduduk 109 jiwa/km2 yang tersebar di 8 kecamatan. Kabupaten bangka dikenal sebagai daerah yang beriklim Tropis Type A dengan jumlah curah hujan 2.696,9/tahunnya. Suhu di wilayah inipun sangat bervariasi, mulai dari 21,20 °C hingga 34,20 °C. Maka dari itu tentunya kelembapan udara di kabupaten inipun pasti bervariasi.

Pulau bangka menyimpan pesona alam yang tidak ada duanya. Bahkan pesona dari pulau ini memikat banyak wisatawan untuk datang dan berlibur di pulau ini. Banyak sekali destinasi wisata yang menarik dan indah yang bisa sobat temukan di pulau ini. Salah satu daerah yang wajib sobat kunjungi saat berada di pulau bangka ialah kabupaten bangka. Kabupaten ini juga menjadi daerah yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan, karena ada banyak hal menarik yang dapat sobat temukan selama berlibur di kabupaten tersebut. Bagi sobat yang ingin mengetahui wisata apa saja yang terkenal di kabupaten ini, berikut ini deretan tempat wisata terkenal dan terhits di kabupaten bangka.

Deretan Tempat Wisata Terkenal dan Terhits di Kabupaten Bangka


1. Puri Tri Agung Bangka

Puri Tri Agung Bangka merupakan sebuah wisata religi yang terletak di Pantai Tikus, Parit Padang, Kecamatan Sungai Liat, Kabupaten Bangka. Bangunan yang memiliki ketinggian 30 meter ini melambangkan tiga ajaran Tri Darma dalam agama Budha. Hingga saat ini tempat ini masih digunakan oleh orang-orang untuk berobadah sekaligus sebagai tempat perencanaan para biksu. Daya tarik dari tempat wisata ini adalah gaya bangunanya yang unik, bangunan tersebut menjadi foto latar belakang bagi wisatawan. Di pura ini sobat juga bisa melihat keindahan dari pantai pagoda yang membentang luas.

2. Pantai Romodong

Berkunjung ke pulau bangka akan kurang rasanya jika sobat tidak mengunjungi salah satu wisata bahari disana. Di bangka ada banyak sekali wisata bahari yang memanjakan mata salah satunya adalah Pantai Romodong. Keindahan dan kemolekan pantai ini dapat membuat pengunjungnya betah dan nyaman. Untuk bisa sampai ke pantai ini, sobat harus menempuh jarak sekitar 15 KM jika sobat berada di kota belinyu. Di pantai ini sobat akan melihat banyak sekali batu granit dengan berbagai macam ukuran. Batu-batu tersebut dijadikan para wisatawan sebagai lokasi untuk berfoto karena menghasilkan foto yang instagramable. Lokasi dari Pantai Romodong berada di Bukit Ketok, Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka

3. Pantai Turun Aban

Pantai Turun Aban terletak di Sinar Baru, Kecamatan Sungai Liat, Kabupaten Bangka, dan menjadi salah satu wisata andalan di kabupaten bangka. Masyarakat bangka sendiri menyebut pantai ini dengan sebutan Pantai Teluk Limau. Pantai ini memiliki air yang jernih berwarna biru dengan perpaduan pasir putihnya yang pastinya memanjakan mata. Sama halnya dengan pantai romodong, di pantai ini juga terdapat banyak sekali batu granit dengan ukuran yang berbeda-beda yang menghiasi sepanjang pantai. Namun sobat haru hati-hati saat berkunjung ke pantai ini karena memiliki ombak yang besar. Pantai ini merupakan salah satu lokasi terbaik untuk melihat matahari terbenam.

4. Benteng Kota Kapur

Bagi sobat yang ingin berwisata sembari menambah wawasan, maka wajib banget bagi sobat untuk berkunjung ke Benteng Kota Kapur yang berlokasi Jalan Nelayan, Kota Kapur, Kecamatan Mendo Barat, Kabupaten Bangka. Saat berkunjung ke tempat ini sobat akan menemukan sebuah benteng dengan ketinggian 3 meter yang memanjang sekitar 2500 meter. Situs sejarah ini ditulis menggunakan huruf pallawa dan berbahasa melayu kuno yang berisi tentang sumpah yang juga menjadi tanda wilayah kerajaan Sriwijaya. Selain itu di benteng ini juga terdapat sebuah reruntuhan candi dengan arcanya. benteng kota kapur ditemukan pada tahun 1892 oleh J. K Van Der Meulen.

5. Danau Ampar Red Hill

Jika dilihat melalui foto ataupun secara langsung danau ini akan terlihat seperti grand canyon yang ada di amerika serikat. Tempat ini dulunya merupakan sebuah tambang timah, maka akan ada banyak sekali bukit-bukit kecil yang bisa sobat temukan di danau ini. Bukit-bukit kecil tersebut terlihat indah karena memiliki warna kemerahan. Sobat bisa melihat keindahan dan pesona dari Danau Ampar Red Hill melalui bukit-bukit kecil tersebut. Tak lupa juga untuk sobat membawa sebuah kamera karena lokasi ini banyak digunakan oleh orang-orang untuk berfoto. Letak dari Danau Ampar Red Hill berada di Riding Panjang, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka.

6. Bukit 7 Sempan

Untuk sobat yang menyukai wisata ketinggian, maka berkunjung ke Bukit 7 Sempan merupakan pilihan yang tepat. Sobat akan disuguhkan dengan pemandangan dari hutan Bangka yang cukup luas yang dapat membuat kedua bola mata terkagum-kagum. Selain itu bukit ini juga menjadi lokas terfavorit untuk melihat matahari terbenam. Banyak orang-orang yang datang ke bukit ini dengan tujuan untuk mencari ketenangan dan suasana yang damai. Bukit 7 sempan terletak di Sempan, Kecamatan Pemali, Kabupaten Bangka

Komentar