Inilah Deretan Tempat Wisata Terhits dan Terpopuler di Sibolga Selain Pantai

tempat wisata di sibolga yang populer

Nama sibolga sendiri sudah cukup dikenal oleh sebagian orang. Hal tersebut dikarenakan kota ini masuk dalam jajaran kota terkecil di indonesia. Kota ini menempati posisi pertama sebagai kota terkecil di indonesia dengan luas wilayah 10,77 km². SIbolga sendiri merupakan sebuah kota di provinsi sumatera utara yang terletak di pantai Barat pulau Sumatra. Meskipun disebut sebagai kota terkecil, akan tetapi jumlah penduduk di kota ini cukup banyak. Bahkan kota ini masuk dalam jajaran kota terpadat yang ada di sumatera utara. Diketahui pada tahun 2021 lalu, jumlah populasi di kota ini sebanyak 89.584 jiwa dengan angka kepadatan sekitar 8.318/km2.

Meskipun memiliki luas yang kecil, akan tetapi kota ini memiliki banyak destinasi wisata yang cukup populer. Banyak tempat-tempat indah dan menarik yang siap menemani liburan sobat selama di kota ini. Beberapa tempat wisata di kota ini juga cukup difavoritkan oleh kalangan wisatawan terutama wisata baharinya. Namun tak hanya pantai saja yang menjadi wisata andalan di kota ini, terdapat juga beberapa tempat wisata populer selain pantai yang ramai dikunjungi oleh wisatawan. Berikut ini deretan tempat wisata terhits dan terpopuler di sibolga selain pantai.

Inilah Deretan Tempat Wisata Terhits dan Terpopuler di Sibolga Selain Pantai


1. Benteng Simare-mare

Saat pertama kali menginjakan kaki di tempat ini, sobat akan dibuat terpukau dengan sajian pemandangan indahnya berupa pantai dan bukit. Benteng Simare-mare sendiri merupakan salah satu bangunan peninggalan jepang. Lokasi benteng ini berada di Simare-Mare, Kecamatan Sibolga Utara, Kota Sibolga atau sekitar 3 meter dari arah kota. Untuk bisa sampai ke tempat ini sobat membutuhkan waktu sekitar 35 menit karena jalanya yang cukup sulit. Untuk dapat menikmati keindahan tempat ini secara maksimal, cobalah datang pada sore hari sebelum matahari terbenam. Karena para wisatawan yang datang ke tempat ini pun datang pada waktu tertentu.

2. Bukit Ketapang

Tempat wisata berikutnya yang tidak kalah populer di sibolga adalah Bukit Ketapang yang terletak di Kota Beringin, Ketapang Sibolga, Kecamatan Sibolga Utara, Kota Sibolga. Selain terkenal karena panorama alamnya yang memukau, bukit ini juga terkenal akan historisnya yang cukup kental. Di bukit ini sobat dapat melihat pemandangan kota sibolga dan teluk tapian nauli. Selain itu di bukit ini juga terdapat sebuah benteng peninggalan jepang yang selalu digunakan pengunjung untuk berfoto. Berburu matahari terbenam atau sunset merupakan alasan utama pengunjung datang ke bukit ini. Untuk dapat menikmati wisata ini, sobat cukup mengeluarkan uang sekitar Rp 10.000 saja.

3. Tangga Seratus

Tangga Seratus terletak di jalan Sisingamangaraja, Sibolga Ilir, Pasar Baru, Kecamatan Sibolga Utara, Kota Sibolga dan menjadi salah satu wisata andalan di kota ini. Wisata ini bukanlah wisata biasa, dimana sobat akan mendapati ratusan anak tangga yang siap mengantarkan sobat menuju puncak dan melihat panorama alam yang indah dan asri. Tiupan angin dingin dan udara sejuk akan membuat sobat semakin nyaman ketika berada di atas puncak. Jika sobat lapar dan ingin membeli jajanan sobat tidak perlu turun karena di atas bukit terdapat pedagang yang menjual berbagai macam makanan.

4. Bukit Tor Simarbarimbing

Selain bukit ketapang ada juga Bukit Tor Simarbarimbing yang tidak kalah populer dan indah. Bukit ini berlokasi di Jalan Tor Simarbarimbing, Angin Nauli, Kecamatan Sibolga Utara, Kota Sibolga. Selain terkenal akan keindahanya, bukit ini juga memiliki sejarah yang panjang. Di bukit ini terdapat sebuah pemukiman Kampung Nias dengan replika lompat batu yang sangat bersejarah, hal tersebutlah yang menjadi daya tarik tempat ini. Selain menikmati keindahan yang terpampang, sobat juga bisa berinteraksi dengan penduduk lokal yang ada di kampung tersebut. Tak lupa juga untuk berfoto di gazebo yang ada di puncak.

5. Sibolga Square

Bagi sobat yang memiliki hobi jajan maka wajib banget untuk sobat berkunjung ke Sibolga Square yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani, Pasar Baru, Kecamatan Sibolga Kota, Kota Sibolga. Tempat wisata yang satu ini menyajikan beragam kuliner yang membuat lidah tidak berhenti bergoyang. Mulai dari makanan pokok hingga makanan ringan bisa sobat temukan di tempat ini. Salah satu makanan yang wajib sobat coba ketika berada di tempat ini adalah mie gomak, makanan tersebut adalah makanan khas sibolga yang memiliki rasa enak dan lezat karena memiliki rempah yang kuat.

6. Jembatan Kuning

Meskipun hanyalah sebuah jembatan, akan tetapi tempat wisata ini menjadi tempat favorit untuk menonkrong, berfoto, dan menikmati bentangan lautan biru yang luas. Jembatan ini memiliki panjang sekitar 100 meter dan menjadi salah satuy lokasi terbaik untuk berfoto-foto. Cobalah berkunjung ke jembatan ini pada sore hari menjelang matahari terbenam dan mengajak pasangan agar suasana romantis dapat terasakan. Lokasi dari jembatan kuning sendiri berada di desa Pasar Belakang, Kecamatan Sibolga Kota, Kota Sibolga.

7. Batu Lobang

Tempat wisata terakhir yang populer di sibolga selain pantai adalah Batu Lobang. Batu Lobang sendiri merupakan sebuah wisata goa berupa batu berlubang. Goa inilah yang menghubungkan kota sibolga dan kabupaten tapanuli utara. Batu Lobang memiliki panjang kurang lebih sekitar 20 meter. Banyak wisatawan berdatangan ke tempat ini karena penasaran dengan tempatnya. Batu Lobang sendiri disebut juga sebagai goa belanda karena dibangun oleh Belanda di era kolonialisme Belanda, tentunya ini juga bisa menjadi saksi sejarah akan kependudukan belanda di masa lalu. Batu lobang terletak di Jalan Sibolga-Tarutung, Simaninggir, Kecamatan Sitahuis, Kabupaten Tapanuli Tengah.

Komentar