Deretan Tempat Wisata di Balangan Terbaru dan Terhits 2022

tempat wisata di balangan terhits

Balangan merupakan sebuah kabupaten yang terletak di provinsi kalimantan selatan tepatnya di bagian utara provinsi ini. Letak kabupaten balangan sendiri terbilang cukup strategis, hal ini dikarenakan wilayahnya yang berada di lintas trans Kalimantan dan berpeluang besar untuk berkembang menjadi kota persinggahan bagi orang-orang yang melakukan perjalanan dari Banjarmasin ke Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah. Kabupaten ini merupakan hasil pemekaran dari kabupaten hulu sungai utara, kabupaten balangan diresmikan pada 8 april 2003 melalui undang-undang nomor 3 tahun 2003. Luas wilayah kabupaten balangan yakni kurang lebih sekitar 1.878 km².

Nama balangan sendiri terdengar cukup asing bagi penduduk luar pulau kalimantan. Namun siapa sangka, kabupaten ini menyimpan keindahan alam yang memukau. Banyak wisatawan yang berdatangan ke kabupaten in untuk mengetahui sekaligus mengenal lebih dalam mengenai kabupaten ini. Bagi sobat yang sedang mencari destinasi wisata menarik di luar pulau, mungkin dengan berkunjung ke kabupaten ini sobat akan menemukan apa yang sobat cari-cari selama ini. Ada banyak sekali tempat wisata di kabupaten ini yang layak untuk dikunjungi, berikut ini deretan tempat wisata di balangan terbaru dan terhits di tahun 2022.

Deretan Tempat Wisata di Balangan Terbaru dan Terhits 2022


1. Air Terjun Manyandar

Meskipun wisata air terjun tidak seramai pantai dan gunung, akan tetapi wisata yang satu ini memiliki daya tariknya tersendiri dalam memancing minat wisatawan untuk mengunjunginya. Salah satu air terjun yang cukup terkenal di balangan adalah Air Terjun Manyandar. Air terjun ini terletak di Uren, Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan. Untuk bisa menikmati keindahan tempat ini, sobat memerlukan usaha dan perjuangan untuk bisa sampai ke tempatnya karena akan melewati berbagai jalur naik dan turun yang cukup mengkuras tenaga. Meskipun begitu rasa lelah dan tenaga yang sobat keluarkan akan terbayarkan dengan panorama indah dari air terjun ini.

2. Gunung Hantanung

Gunung Hantanung merupakan destinasi wisata terkenal dan andalan di kabupaten ini. Bagi sobat yang menyukai aktifitas mendaki gunung, maka berkunjung ke gunung ini merupakan pilihan yang tepat. Selama melakukan pendakian tentunya sobat akan disajikan dengan berbagai pemandangan alam yang indah dan memukau yang sangat jarang ditemui di kota-kota besar. Selain itu sobat juga akan menemui sebuah goa dengan stalagmit yang begitu indah dan cantik. Goa tersebut sering kali dijadikan sebagai lokasi istirahat pendaki dan tempat berteduh saat terjadi hujan. Lokasi dari gunung hantanung berada di Gunung Batu, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Balangan.

3. Danau Baruh Bahinu

Tempat wisata berikutnya yang sedang hits di kabupaten balangan ialah Danau Baruh Bahinu. Danau ini merupakan tempat wisata yang cukup populer dibalangan dimana pengunjungnya akan dibuat takjub dengan keindahan danaunya yang dikelilingi oleh pepohonan  hijau yang asri dan menyejukan. Para pengunjung yang datang ke tempat ini memiliki alasan yang sama yaitu untuk menghilangkan rasa penat dan stress akibat pekerjaan. Salah satu aktifitas yang wajib sobat coba ketika berada di danau ini adalah berkeliling danau dengan menggunakan sebuah rakit. Letak dari Danau Baruh Bahinu berada di Pudak, Kecamatan Paringin Selatan, Kabupaten Balangan.

4. Goa Berangin

Bagi sobat yang belum pernah sama sekali merasakan sensasi wisata goa, maka sobat wajib mencobanya sekali seumur hidup, dengan begitu sobat akan mengetahui keseruannya. Salah satu wisata goa yang cukup terkenal di balangan adalah Goa Berangin. Goa ini berada di Kaki Gunung Belawan, Malutu, Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan. Saat berada di dalam goa ini sobat dapat melihat keindahan yang tersembunyi yang jarang ditemui dimanapun. Satu hal yang wajib sobat siapkan ketika akan berkunjung ke wisata goa adalah tidak lupa untuk membawa senter, hal tersebut dikarenakan goa merupakan tempat yang gelap.

5. Benteng Tundakan

Tak hanya wisata alam saja yang menjadi tempat terhits dan populer di kabupaten ini, terdapat juga wisata sejarah yang menjadi lokasi wisata favorit beberapa wisatawan yakni Benteng Tundakan. Benteng ini merupakan sebuah peninggalan sejarah sekaligus bukti perjuangan rakyat indonesia di masa lalu. Meskipun benteng ini tidak begitu besar dan megah, akan tetapi benteng ini memiliki sejarah yang begitu panjang yaitu perjuangan pangeran antasari dalam melawan para kolonialisme. Lokasi dari Benteng Tundakan berada di Tundakan, Kecamatan Awayan, Kabupaten Balangan.

6. Sungai Maranting

Tempat wisata terakhir yang lagi hits di balangan adalah Sungai Maranting. Sungai ini terletak di Gunung Batu, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Balangan dan memiliki air yang jernih dan segar. Tak hanya itu, tempat ini juga dikelilingi oleh pepohonan hijau yang pastinya memanjakan mata. Tempat wisata yang satu ini cocok dijadikan sebagai tempat piknik keluarga. Rasa penat dan stress akan hilang dengan seketika saat berada di tempat ini.

Komentar