Daftar Tempat Wisata di Kabupaten Bandung yang Hits dan Memukau

tempat wisata di bandung barat yang lagi hits

Sebagai orang indonesia tentunya sudah tidak asing lagi ketika mendengar nama bandung. Kota sekaligus kabupaten ini cukup dikenal oleh banyak orang, tak hanya di indonesia saja namun di belahan dunia. Kabupaten bandung merupakan salah satu kabupaten yang terletak di provinsi jawa barat. Kabupaten ini memiliki luas wilayah sekitar 1.762 km² dan sebagian besar wilayahnya didominasi oleh pegununggan yang sejuk.

Sebelum pemekaran, kabupaten bandung menjadi induk dari wilayah bandung raya yang kemudian dimekarkan menjadi kota cimaha, kota bandung, dan kabupaten bandung barat. Pada tahun 2021 lalu jumlah penduduk di kabupaten bandung yakni 3.633.437 jiwa dengan angka kepadatan penduduk sekitar 2.055/km2.

Satu hal yang menjadikan kabupaten bandung dikenal oleh banyak orang yaitu pariwisatanya. Sejak dulu kabupaten ini menjadi lokasi favorit wisatawan untuk berlibur bersama keluarga. Kabupaten ini menyimpan sejumlah destinasi wisata yang sangat indah yang memanjakan mata. Bahkan beberapa tempat wisata di kabupaten ini terkenal hingga ke belahan dunia. Mengajak keluarga berlibur ke kabupaten ini merupakan pilihan yang tepat, karena sobat akan mendapatkan kesenangan dan pengalaman yang tidak terlupakan. Berikut ini daftar tempat wisata di kabupaten bandung yang memukau dan sedang hits.

Daftar Tempat Wisata di Kabupaten Bandung yang Hits dan Memukau


1. Air Panas Cimanggu

Berendam di air panas memiliki banyak manfaat untuk tubuh, salah satunya untuk kesehatan kulit. Salah satu wisata air panas yang wajib sobat kunjungi di kabupaten ini adalah Air Panas Cimanggu. Wisata yang satu ini cukup dikenal oleh masyarakat bandung, banyak wisatawan datang ke tempat ini pada hari libur ataupun di akhir pekan, tempat ini dijadikan sebagai area relaksasi sekaligus liburan keluarga. Air panas yang berada di pemandian ini berasal dari gunung tangkuban perahu dan tentunya mengandung belerang karena gunung tersebut masih aktif hingga saat ini. Air Panas Cimanggu terletak di Jalan Raya Ciwidey – Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung.

2. Situ Patenggang
tempat wisata di kabupaten bandung yang memukau

Situ Patenggang menjadi objek wisata berikutnya yang sedang hits di kabupaten bandung. Tempat wisata yang satu ini terletak di Jalan Situ Patenggang, Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung dan berada di ketinggian 1600 meter diatas permukaan laut. Keunikan dari situ ini yaitu dikelilingi oleh perkebunan teh yang hijau dan luas yang pastinya memanjakan mata. Tempat ini cocok dijadikan sebagai lokasi piknik keluarga dan tempat bersantai untuk menghilangkan penat. Tak hanya itu di tempat ini juga sudah terdapat penginapan dan resort apabila jika sobat ingin bermalam di tempat ini, tentunya harga dari penginapan dan resort tersebut bervariasi.

3. Ranca Upas
ranca upas bandung

Siapa sih yang tidak tahu tentang ranca upas, tempat wisata yang satu ini sangat terkenal di kota bandung. Di sini sobat akan dimanjakan dengan pemandangan indah akan perbukitan dan pegunungan hijau yang pastinya memanjakan mata. Banyak pengunjung yang datang ke tempat ini untuk menikmati keindahan alam ranca upas sekaligus untuk berkemah. Lokasi ranca upas sendiri berada di Jalan Raya Ciwidey – Patengan No.KM. 11, Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung. Saat berkunjung ke ranca upas sobat tidak akan dibuat bosan, karena tempat ini memiliki banyak sekali spot foto kece dan menarik.

4. Ciwidey Valley Resort

Bandung dikenal sebagai daerah yang memiliki cuaca dingin karena letaknya yang berada di atas ketinggian. Maka dari itu terdapat banyak sekali pemandian air panas yang dapat sobat temukan di kabupaten ini salah satunya adalah Ciwidey Valley Resort yang berlokasi di Jalan Barutunggul KM. 17, Ciwidey, Alamendah, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung. Pemandian air panas ini berbeda dengan biasanya karena memiliki konsep waterpark ditambah dengan pemandangan alamnya yang indah. Fasilitas di tempat ini sudah sangat lengkap dan bisa membuat pengunjung semakin nyaman.

5. Perkebunan Teh Rancabali

Jika sobat sedang mencari wisata murah di kabupaten bandung maka Perkebunan Teh Rancabali bisa menjadi pilihan utama. Tempat wisata yang satu ini berada di Jalan Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung. Di tempat ini sobat akan merasakan suasana yang dingin, rata-rata suhu di tempat ini yaitu 20 hingga 5 derejat. Sobat akan dimanjakan dengan hamparan perkebunan teh yang luas dan indah. Tempat ini juga sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti wahana permainan anak dan camping ground. Tak hanya itu sobat juga bisa mencoba kegiatan yang memacu adrenalin seperti flaying fox.

6. Kawah Putih

Kawah Putih merupakan tempat wisata yang terkenal di provinsi barat. Tempat wisata yang satu ini terletak di Sugihmukti, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung. Dari kota bandung sendiri, untuk bisa sampai ke tempat ini membutuhkan waktu sekitar 1 jam. Wisata kawah nan eksotis ini terbentuk dari letusan gunung Patuha yang terjadi beberapa ratus tahun silam menjadikan banyak wisatawan tertarik dengan keindahan tempat yang satu ini. Kawah putih mulai buka pada pukul 7 pagi hingga 5 sore.

Komentar