Daftar Tempat Wisata di Bangka Selatan Terhits 2022

objek wisata terhits di bangka selatan

Bangka selatan merupakan salah satu kabupaten di provinsi kelulauan bangka belitung tepatnya di pulau bangka. Kabupaten ini baru terbentuk di tahun 2003 melalui undang-undang Nomor 5 Tahun 2003 bersamaan di dengan kabupaten bangka tengah, kabupaten bangka timur, dan kabupaten bangka barat. Luas wilayah dari kabupaten bangka selatan yakni sekitar 3.607 km². Pada tahun 2020 lalu, jumlah penduduk di bangka selatan kurang lebih sekitar 198.189 jiwa dengan kepadatan 55 jiwa/km2. Kabupaten ini terbagi dalam 8 kecamatan yang diantaranya kecamatan air gegas, kecamatan kepulauan pongok, kecamatan lepar pongok, kecamatan payung, kecamatan pulau besar, kecamatan simpang rimba, kecamatan toboali, dan kecamatan tukak sedai.

Kabupaten ini menyimpan keindahan alam yang tidak terhitung nilainya. Letaknya sendiri berbatasan dengan laut, maka tak heran jika wisata bahari menjadi salah satu wisata andalan di kabupaten ini. Namun siapa sangka, rupanya bangka selatan menyimpan keindahan alam lainnya yang tersebar di setiap kecamatanya. Banyak wisatawan yang menjadikan bangka selatan sebagai tempat berlibur untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Bagi sobat yang sedang mencari destinasi wisata di bangka selatan yang populer untuk dikunjungi, berikut ini ulasan mengenai tempat wisata di bangka selatan terhits di tahun 2022.

Daftar Tempat Wisata di Bangka Selatan Terhits 2022


1. Batu Belimbing

Batu Belimbing menjadi tempat pertama yang wajib sobat kunjungi saat berada di bangka selatan. Salah satu alasanya karena memiliki spot foto yang eksotis dan instagramabel dengan keindahan alam sekitarnya. Alasan mengapa tempat ini disebut Batu Belimbing adalah karena di tempat ini terdapat sebuah batu granit berukuran raksasa dan bentuknya juga mirip dengan buah belimbing. Banyak wisatwan yang datang ke tempat ini dengan tujuan untuk berfoto dan melepas penay sembari mencari ketenangan. Lokasi dari batu belimbing sendiri berada di Tanjung Ketapang, Kecamatan Bang Toboali, Kabupaten Bangka Selatan.

2. Pantai Kerasak

Salah satu pantai terbaik di bangka selatan yang wajib sobat kunjungi ialah Pantai Kerasak yang terletak di Pasir Putih, Kecamatan Tukak Sadai, Kabupaten Bangka Selatan. Pantai ini menawarkan pemandangan laut yang begitu menakjubkan yang dihiasi dengan batu-batu granit yang kokoh. Meskipun pantai ini banyak dikunjungi oleh pengunjung, akan tetapi kealamian dan keeksotisan pantai ini masih terjaga dengan baik. Mengajak keluarga berlibur ke pantai ini merupakan pilihan yang tepat, banyak kegiatan seru yang dapat sobat lakukan bersama keluarga selama berada di pantai ini, diantaranya berfoto, bersantai, bermain pasir, dan menelusuri garis pantai.

3. Pantai Batu Perahu

Selain berkunjung ke pantai kerasak, tak lupa juga untuk berkunjung ke Pantai Batu Perahu yang memiliki keindahan serupa. Lokasi dari pantai ini tidak begitu jauh dengan batu belimbing, sehingga sobat bisa mendatangi dua tempat wisata dalam satu hari. Pantai ini terkenal karena memiliki pasir putuh bersih dan memiliki tekstur yang halus. Tak hanya itu sobat juga akan mendapati banyak sekali batu granit dari yang ukuran kecil hingga ukuran besar. Batu0batu tersebut biasa dijadikan lokasi foto oleh pengunjung pantai ini. Pantai Batu Perahu terletak di Tanjung Ketapang, Kecamatan Toboali, Kabupaten Bangka Selatan.

4. Bukit Gebang

Di bangka selatan terdapat juga beberapa wisata ketinggian yang cukup menarik banyak perhatian, salah satunya adalah Bukit Gebang. Meskipun wisata ini tergolong baru, akan tetapi tempat wisata yang satu ini sudah banyak dikenal oleh orang-orang. Bukit ini menawarkan pemandangan yang mempesona berupa hamparan hutan serta perkebunan lada yang dapat menyejukkan mata. Tempat wisata yang satu ini menjadi lokasi yang sempurna bagi para remaja untuk mengajak pasangannya liburan. Keindahan yang ditawarkan bukit ini akan bertambah apabila dilihat pada sore hari saat matahari terbenam. Lokasi dari bukit gebang berada di Ranggas, Kecamatan Air Gegas, Kabupaten Bangka Selatan.

5. Pulau Kelapan

Pulau Kelapan menjadi wisata andalan dan terfavorit bagi pasangan yang baru saja menikah. Pasalnya keindahan yang ditawarkan ini cocok untuk dinikmati bersama pasangan. Lokasi dari Pulau Kelapan berada di Kumbung, Kecamatan Lepar Pongok, Kabupaten Bangka Selatan. Tempat ini memiliki pesona alam bawah laut yang indah yang dihiasi dengan terumbu karang dan ikan-ikan kecil yang hidup di dalamnya. Sobat dapat melihat keindaha tersebut secara langsung karena air laut di pulau ini begitu jernih. Namun jika sobat ingin melihatnya secara dekat, maka sobat harus melakukan aktifitas snorkeling.

6. Benteng Toboali

Tempat wisata terakhir yang saat ini sedang hits ialah Benteng Toboali. Benteng ini terletak di Tanjung Ketapang, Kecamatan Toboali, Kabupaten Bangka Selatan dan dibangun pada tahun 1825. Dari sini, sobat bisa melihat bentangan laut yang luas dan mendengar deburan suara ombak. Saat berada di benteng ini, sobat tidak akan merasa panas karena ada banyak sekali pepohonan yang rimbun. Benteng toboali juga menjadi lokasi terfavorit untuk menikmati matahari terbenam.

Komentar