Inilah Tempat Wisata Terkenal di Kota Palu Sulawesi Tengah 2022

Inilah Tempat Wisata Terkenal di Kota Palu 2022

Palu adalah sebuah kota yang terletak di tepi laut provinsi sulawesi tengah. Kota palu juga dikenal sebagai ibukota dari provinsi sulawesi tengah. Memiliki luas wilayah yang cukup luas, kota palu menjadi salah satu kota terbesar yang ada di pulau sulawesi. Luas wilayah kota palu sendiri yakni sekitar 395,06 km2. Nama palu sendiri berasal dari kata Topalu'e  yang memiliki arti tanah terangkat karena daerha ini dulunya merupakan sebuah lautan.

Hal ini terjadi karena gempa dan pergeseran lempeng sehingga daerah yang tadinya lautan menjadi daratan. Meskipun berstatus sebagai ibukota provinsi jumlah penduduk kota palu tidak terlalu banyak berbeda dengan kota-kota besar lainnya yang memiliki luas wilayah cukup kecil akan tetapi memiliki jumlah penduduk yang banyak, pada tahun 2021 lalu jumlah penduduk kota palu yakni hanya sebanyak 370 ribu jiwa. Dengan begitu bisa disimpulkan bahwa angka kepadatan penduduk di kota ini cukup rendah.

Selain terkenal dengan julukanya yakni kota 5 dimensi, faktanya kota palu juga dikenal banyak orang dalam segi wisatanya. Baik wisata alam maupun wisata kuliner semuanya memiliki keungulanya tersendiri, beberapa kuliner khas palu yang cukup terkenal dan wajib sobat cicipi diantaranya yaitu kaledo, tri goreng, sayur ikan, sayur kelor, dan kapurung. Selain mencicipi berbagai hidangan khas kota palu tak lupa juga untuk mengunjungi beberapa tempat wisata populer yang ada di kota palu agar perjalanan jauh sobat tidak sia-sia. Bagi sobat yang ingin mengetahui langsung tempat wisata apa saja yang populer dan terkenal di kota palu di tahun 2022 bisa sobat simak dibawah ini.

Inilah Tempat Wisata Terkenal di Kota Palu Sulawesi Tengah 2022


1. Jembatan Palu

Malam hari merupakan waktu yang tepat untuk menikmati kemegahan dan momen romentis yang disajikan oleh jembatan ini. Karena pada waktu itulah jembatan ini akan mengeluarkan cahaya berwarna kuning yang indah dan dapat membuat siapapun terpukau. Sobat juga bisa datang diwaktu yang lain seperti pagi hari menjelang matahari terbit maupun sore hari menjelang matahari terbenam. Tempat wisata yang satu ini memang cukup hits dan dikenal oleh banyak orang, terdapat juga jajanan kuliner di sepanjang jembatan yang siap menemani ketika sobat sedang lapar. Letka dari jembatan palu ini berada di Lere, Kecamatan Palu Barat, Kota Palu.

2. Pantai Talise

Lokasi dari pantai talise sendiri cukup dekat dengan pusat kota palu, dari arah utara sendiri sobat hanya perlu menempuh jarak sekitar 2 Km saja. Pantai talise sendiri terletak di Jalan Cut Mutia, Besusu Barat, Kecamatan Palu Timur, Kabupaten Donggala. Saat berkunjung ke pantai ini sobat akan disuguhkan dengan keindahan teluk yang eksotis serta pegunungan dan perbukitan yang menjulang tinggi. Suasana nyaman dan tenang pantai ini karena letaknya yang cukup jauh dengan kota membuat siapapun menjadi betah dan ingin berlama-lama saat berada di tempat ini untuk mencari ketenangan dan kedamaian.

3. Pantai Tanjung Karang

Selain pantai talise ada juga Pantai Tanjung Karang yang merupakan sebuah tempat alternatif apabila pantai talise ramai akan pengunjung. Akan tetapi untuk bisa sampai ke pantai ini membutuhkan waktu yang lumayan cukup lama yakni 1 jam lebih. Pantai Tanjung Karang sendiri terletak di Desa Tanjung Karang, Labuan Bajo, Kecamatan Banawa, Kabupaten Donggala. Selama perjalanan sobat akan disuguhi dengan keindahan pasir putih serta air laut yang sangat jernih, hal tersebut tentunya membuat perjalanan sobat akan terasa menyenangkan. Perlu sobat ketahui, bahwa pantai tanjung karang selalu memiliki pengunjung setiap harinya dan tidak pernah sepi.

4. Monumen Nosarara Nosabatutu

Tempat wisata berikutnya yang wajib sobat kunjungi saat berada di kota palu ialah Monumen Nosarara Nosabatutu. Monumen yang berlantai 3 ini terletak di Tondo, Kecamatan Palu Timur, Kota Palu dan memiliki luas sekitar 800 meter. Pada bagian atas bangunan ini terdapat sebuah tugu perdamaian yang menjadi simbol persaudaraan dan persatuan. Tugu ini juga secara tidak langsung memberikan arti bahwa meskipun berasal dari suku yang berbeda dan agama yang berbeda tetaplah saudara dan harus tetap saling menghormati dan menghargai.

5. Wisata Souraja

Wisata Souraja merupakan salah satu wisata sejarah yang wajib untuk dikunjungi. Saat berkunjung ke tempat ini sobat tak hanya sekedar berwisata saja, akan tetapi sobat juga bisa mendapatkan sedikit pengetahuan. Dengan berkunjung ke Wisata Souraja sobat juga bisa melihat bagaimana rumah-rumah raja di masa lalu yang dulunya memerintah secara lokal di daerah Sulawesi Tengah. Desain dari rumah-rumah yang ada di daerah tempat wisata inipun terbilang cukup unik karena dibangun dengan kayu ulin dan kayu bayam yang membentuk segitiga. Tempat wisata yang satu ini terletak di Lere, Kecamatan Palu Barat, Kota Palu.

6. Museum Sulawesi Tengah

Banyak orang berpikir bahwa museum merupakan tempat yang cukup membosankan, akan tetapi sebagian orang berpikir bahwa museum merupakan tempat yang cukup menyenangkan dimana kita bisa mendapatkan banyak sekali pengetahuan saat berkunjung ke sebuah museum. Selain mendapatkan pengetahuan, kita menjadi sadar akan identias bangsa. Di Museum Sulawesi Tengah sendiri sobat bisa mendapati berbagai koleksi gajah purba dan berbagai dokumentasi masyarakat di masa silam. Hal tersebut tentunya merupakan salah satu pengetahuan penting yang wajib untuk diketahui. Bagi sobat yang tertarik untuk berkunjung ke tempat ini, Museum Sulawesi Tengah berlokasi di Jalan Kemiri No. 23, Kamonji, Kecamatan Palu Barat, Kota Palu.

7. Masjid Arkham Babu Rahman

Masjid Arkham Babu Rahman terletak di Jalan Cumi Cumi, Lere, Kecamatan Palu Barat, Kota Palu. Wisata religi yang satu ini dibangun dengan tujuan untuk menghilangkan kebiasaan melakukan maksiat yang dilakukan oleh masyarakat di lingkungan sekitar. Satu hal yang unik dari masjid ini adalah dibuat terapung di atas perairan dan ditambah dengan jembatan yang menghubungkan masjid dengan dataran atau jalan.

Komentar