Deretan Tempat Wisata Terfavorit di Kotamobagu Sulawesi Utara

tempat wisata terfavorit di kotamobagu

Bagi sobat yang tinggal di luar pulau sulawesi mungkin cukup asing ketika mendengar kota yang satu ini. kotamobagu merupakan sebuah kota yang terletak di sulawesi utara. Kota ini memiliki luas wilayah kurang lebih sekitar 108,9 km². Kotamobagu menjadi salah satu kota termuda di indonesia, kota ini bari terbentuk pada tahun 2007 berdasarkan undang-undang no 4 tahun 2007.

Sebelum menjadi kota resmi, kotamobagu dulunya berstatus sebagai ibukota Kabupaten Bolaang Mongondow yang kemudian dipindahkan ke Lolak. Berdasarkan sensus yang dilakukan tahun 2020, jumlah penduduk kotamobagu yakni sekitar 125.492 jiwa yang dimana sebagian besar penduduk kota ini bekerja dibidang pertanian dan perkebunan.

Kotamobagu dikenal banyak memiliki tempat wisata yang unik dan juga indah. Bahkan banyak wisatawan luar pulau yang datang ke kota ini karena penasaran dengan beberapa destinasi wisatanya. Dari sekian banyak destinasi wisata di kotamobagu ada beberapa tempat yang rupanya cukup ramai diperbincangkan bahkan menjadi tempat wisata terfavorit di kota ini. Bagi sobat yang ingin tahu akan tempat wisata apa saja yang menjadi favorit wisatawan, bisa sobat simak dibawah ini deretan tempat wisata di terfavorit di kotamobagu.

Deretan Tempat Wisata Terfavorit di Kotamobagu Sulawesi Utara


1. Air Terjun Mongkonai

Menikmati dinginya percikan air yang jatuh ke tanah dari atas ketinggian sambil menikmati keasrian alam sekitar bisa sobat rasakan saat berkunjung ke Air Terjun Mongkonai yang terletak di Mongkonai Barat, Kecamatan Kotamobagu Barat, Kota Kotamobagu. Air terjun ini memiliki ketinggian 16 meter dan merupakan salah satu tempat wisata terpopuler di kota ini. Banyak pengunjung luar kota yang berdatangan ke kota ini karena penasaran dengan keasrianya sekaligus untuk mencari ketenangan. Air terjun ini dihiasi dengan dinding-dinding batuan yang berukuran besar dan terlihat eksotis apabila dilihat dari jarak jauh.

2. Pemandian Air Panas Banyu anget

Berendam di air hangat memiliki banyak sekali untuk manfaat terutama untuk kesehatan. Salah satu manfaat berendam di air hangat adalah untuk kesehatan kulit. Salah satu pemandian air hangat di kotamobagu yang terkenal adalah Pemandian Air Panas Banyu anget. Tempat wisata yang satu ini terletak di Poyowa Besar II, Kecamatan Kotamobagu Selatan, Kota Kotamobagu. Pemandian ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti tempat parkir, toiler, wc, wahana permainan dan cafe. Saat berada di tempat ini pengunjung juga bisa melakukan aktifitas yang tidak kalah seru seperti memancing ikan lele.

3. Rumah Adat Bolmong

Rumah Adat Bolmong merupakan salah satu destinasi wisata yang populer dan digemari oleh banyak wisatawan. Selain berwisata sobat juga bisa mendapatkan banyak sekali informasi dan pengetahun saat berkunjung ke tempat wisata yang satu ini. Sobat bisa mempelajari sedikit akan budaya, adat dan tradisi dari masyarakat desa ini. Selain bisa mengetahui banyak hal, sobat juga akan disuguhkan dengan pemandangan yang menakjubkan. Apabila sobat beruntung, sobat juga bisa menemukan flora dan fauna yang tinggal di sekitar tempat ini. Letak dari Rumah Adat Bolmong berada di Desa Kopandakan Satu, Kecamatan Kotamobagu Selatan, Kotamobagu.

4. Danau Tondok

Tempat wisata favorit berikutnya di kotamobagu ialah Danau Tondok. Danau ini terletak di Moat, kecamatan Modayag, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur. Selain terkenal akan sajian alamnya yang menakjubkan, danau ini juga terkenal akan cerita-cerita mistisnya. Maka dari itu warga sekitar danau ini menjulukinya dengan nama Sianggun yang misterius. Meskipun tempat wisata ini belum dikelola dengan maksimal, ada saja pengunjung yang datang ke danau ini dengan tujuan untuk berwisata dan mencari ketenangan karena letaknya yang cukup jauh dari pusat kota.

5. Danau Moat

Letak danau moat sendiri masih berada di wilayah yang sama dengan danau tondok yakni di Moat, kecamatan Modayag, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur. Jarak dari danau tondok ke danau moat ini kurang lebih 1 KM. Beberapa orang menyebut bahwa danau tondok dan danau moat layaknya adik dan kakak yang tidak bisa dipisahkan. Keindahan alam yang disuguhkan oleh danau inipun sangat mirip dengan danau tondok, yakni perpaduan antara perairan dan perbukitan hijau yang indah dan asri. Tempat ini juga merupakan salah satu tempat wisata terbaik untuk mencari ketenangan dan kedamaian. 

6. Gunung Ambang

Sajian alam yang indah dari atas ketinggian bisa sobat dapatkan saat berkunjung ke Gunung Ambang. Meskipun untuk bisa mendapatkan sajian alam yang indah itu membutuhkan sedikit perjuangan akan tetapi sobat tidak akan dibuat kecewa oleh bentangan panorama alam yang memukau. Untuk tarif masuk ke tempat wisata inipun terbilang cukup murah sehingga banyak para wisatawan berdatangan ke tempat ini. Selama pendakian menuju puncak, sobat juga akan menemukan berbagai variasi varietas maupun satwa endemik yang hidup di gunung ini. Lokasi gunung ambang sendiri berada di Bongkudai Utara, Kecamatan Modayag, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur.

7. Air Terjun Mopuya

Air Terjun Mopuya menjadi tempat wisata terakhir yang masuk dalam jajaran tempat wisata terfavorit di kotamobagu. Tempat wisata yang satu ini terletak di Mopuya, Kecamatan Dumoga Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow. Di tempat ini sobat akan mendapati banyak sekali air terjun yang memiliki ketinggian hampir sama.

Jika sobat memotret air terjun tersebut dari kejauhan maka sobat akan terkesima dengan hasil potretan sobat. Bahkan fotografer sering kali membawa modelnya untuk berfoto di tempat ini karena sajian alamnya yang menawan sekaligus menyejukan mata. Banyak pengunjung datang ke tempat ini untuk melepas penat sekaligus mencari ketenangan dan kedamaian karena lokasinya yang jauh dari kota..

Komentar