Simak Tempat Wisata Terbaik di Palopo Sulawesi Selatan yang Wajib Dikunjungi

Simak Tempat Wisata Terbaik di Palopo Sulawesi Selatan yang Wajib Dikunjungi

Palopo merupakan sebuah kota yang terletak di provinsi sulawesi selatan. Sebelum ditetapkan sebagai kota resmi, palopo dulunya merupakan sebuah kota administratif, hal ini terjadi sejak tahun 1986 yang pada saat itu palopo merupakan bagian dari kabupaten luwu hingga tahun 2002. Jika dibandingkan dengan kota makasar, luas kota palopo sendiri wilayahnya lebih luas yakni sekitar 247,5 km², akan tetapi jumlah penduduk kota palopo lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah penduduk kota makasar. Menurut data yang tercantum pada tahun 2020 lalu, jumlah penduduk kota palopo yakni sebanyak 184.681 jiwa sedangkan jumlah penduduk kota makasar yakni mencapai angka 1,5 juta jiwa.

Selain dikenal sebagai kota penghasil rumput laut berkelas dunia, palopo juga terkenal akan sektor wisatanya yakni wisata kuliner dan wisata alamnya. Banyak sekali kuliner khas palopo yang mempunyai rasa enak dengan sajian yang berbeda dan menarik. Hal ini menjadi suatu kebangaan bagi wisatawan pecinta kuliner. Selain wisata kuliner, palopo juga memiliki banyak sekali tempat wisata yang menyajikan pemandangan alam yang memukau.

Banyak wisatawan mancangera yang berdatangan ke kota ini untuk menikmati keindahan alam kota palopo sekaligus menikmati kuliner khas palopo yang terbilang memiliki rasa enak. Bagi sobat yang sedang mencari tempat wisata di palopo untuk berlibur dan menghabiskan waktu, maka bisa sobat simak dibawah ini merupakan deretan tempat wisata terbaik di palopo yang wajib dikunjungi.

Simak Tempat Wisata Terbaik di Palopo Sulawesi Selatan yang Wajib Dikunjungi


1. Bukit Kambo

Bukit Kambo menjadi tempat wisata pertama yang wajib sobat kunjungi saat berada di kota palopo. Tempat wisata yang satu ini merupakan salah satu tempat wisata yang cukup terkenal di palopo. Jadi sangat kurang rasanya jika sobat berkunjung ke palopo dan melewatkan wisata yang satu ini. Bukit Kambo sendiri terletak di Jalan Kambo, Kecamatan Mungkajang, Kota Palopo dan untuk harga tiket masuknyapun terbilang cukup murah yakni sekitar Rp. 35.000.

Saat berada di tempat ini sobat akan dibuat takjub dengan keindahan bukit yang dipadu dengan benteng unik dan udara segar yang menciptakan suasana nyaman dan damai. Sobat juga bisa melihat panorama kota palopo dari bukit ini sembari mencicipi kuliner khas palopo.

2. Bukit 513

Selain bukit kambo, terdapat juga wisata bukit lainnya yang tidak kalah tenar dan populer yakni Bukit 513. Bukit yang terletak di Unnamed Road, Bar, Lebang, Wara Selatan, Kota Palopo ini menyajikan pemandangan indah dan cantik. Dengan suasana sejuk dan indah tersebut tentunya membuat siapapun menjadi betah dan ingin berlama-lama ketika berada di tempat wisata yang satu ini. Bukit 513 sendiri bisa dibilang merupakan wisata yang cukup baru, tempat wisata ini baru berdiri pada tahun 2015 silam. Meskipun merupakan wisata yang cukup baru, akan tetapi tempat wisata ini cukup populer bahkan difavoritkan dikalangan wisatawan.

3. Taman Segitiga

Taman Segitiga merupakan salah satu tempat wisata yang indah dan cantik yang ada di palopo. Untuk bisa menikmati keindahan dan kecantikan dari tempat ini sobat harus datang pada waktu yang tepat, yakni di sore hari, karena di waktu itulah para pengunjung dan wisatawan mulai memadati tempat yang satu ini. Bagi sobat yang hobi berfoto berkunjung ke tempat ini merupakan hal yang tepat, karena banyak sekali spot-spot foto yang bagus dan menarik.

Perlu sobat ketahui, bahwa taman segitiga ini merupakan wisata yang cukup baru sama halnya dengan bukit 513. Tempat wisata ini didirikan pada tahun 2017 lalu. Bagi sobat yang ingin mampir dan menikmati keindahan dari taman segitiga ini sobat bisa datang ke Binturu, Wara Selatan, Kota Palopo.

4. Masjid Jami Tua Palopo

Masjid Jami Tua Palopo menjadi destinasi wisata yang cukup apik karena menyimpan sejarah yang cukup panjang dan menarik. Masjid peninggalan dari kerajaan luwu ini diketahui sudah berdiri dari tahun 1604 dan menjadi salah satu masjid tertua yang ada di kota palopo. Banyak pengunjung yang mampir ke masjid ini untuk beribadah terutama yang beragama islam sekaligus menikmati bangunan yang cukup bersejarah ini. Bagi sobat yang penasaran dengan letak masjid yang satu ini. masjid jami tua palopo sendiri terletak di Jalan Andi Djemma No.88, Batupasi, Kecamatan Wara Utara, Kota Palopo.

5. Pantai Labombo

Berlibur bersama teman ataupun keluarga tak akan lengkap jika tidak dilakukan di pantai. Banyak hal yang bisa sobat lakukan selama berada di pantai, diantaranya yaitu berenang, bermain pasir, menikmati buah kelapa sembari mendengarkan suara ombak, dan bermain permainan air di laut. Pantai Labombo merupakan salah satu pantai yang cukup terkenal dan ramai dikunjungi oleh wisatawan. Pantai ini menyajikan keindahan yang eksotis disertai dengan fasilitas yang cukup lengkap yang dapat membuat siapapun menjadi nyaman. Pantai labombo sendiri terletak di Tompotika, Wara, Kota Palopo.

6. Gua Kallo Dewata

Tempat wisata berikutnya yang wajib sobat kunjungi saat berada di kota palopo adalah Gua Kallo Dewata. Wisata gua sendiri merupakan wisata yang cukup jarang ditemui di setiap kota maupun daerah. Maka jika kota atau daerah tersebut memiliki wisata gua maka bisa dibayangkan betapa banyaknya pengunjung yang berdatangan dari luar kota karena penasaran dengan suasana dalam gua yang dihadirkan.

Gua Kallo Dewata sendiri merupakan tempat yang cukup bersejarh dan dipercaya sebagai tempat peristirahatan dewa. Bagi sobat yang ingin merasakan sensasi berwisata di dalam gua maka berkunjung ke gua kallo dewata merupakan keputusan yang tepat. Tempat wisata yang satu ini terletak di Jalan Desa Lebang, Kecamatan Wara Utara, Kota Palopo.

7. Puncak Palopo

Selain disajikan dengan pemandangan alam yang hijau dan mempesona, sobat juga akan disambut dengan udara sejuk dan nyaman yang dapat membuat siapapun menjadi betah dan ingin berlama-lama ketika berada di tempat ini. Perlu sobat ketahui, beberapa spot foto di tempat ini sangat instagramable dan cukup diminati oleh wisatawan terutama fotografer.

Selain menikmati pemandangan alam yang hijau dan indah, di tempat ini juga sobat bisa melihat langsung keindahan dari kota palopo dari atas ketinggian. Saat akan berlibur ke puncak ini cobalah untuk mengajak teman, keluarga, ataupun pasangan agar liburan sobat terasa lebih berkesan. Puncak palopo sendiri berlokasi di Jalan Poros Rantepao-Palopo, Kecamatan Wara Barat, Kota Palopo.

Komentar