Inilah Tempat Wisata di Palembang yang Terkenal dan Lagi Hits 2022

tempat wisata di palembang yang lagi hits

Nama palembang sendiri sudah terdengar tidak begitu asing lagi bagi masyarakat indonesia, hal tersebut dikarenakan kota palembang merupakan salah satu kota besar di indonesia. Kota ini terletak di provinsi sumatera selatan dan menjadi ibukota dari provinsi tersebut. Luas wilayah kota palembang yakni kurang lebih sekitar 400,61 km². Pada tahun 2021 lalu, jumlah penduduk kota pelembang yakni mencapai angka 1,6 juta jiwa dengan angka kepadatan penduduk sekitar 4.166/km2 dan menjadikanya sebagai kota terpadat dan terbesar kedua setelah kota medan. Pelembang juga menjadi salah satu kota yang cukup bersejar di indonesia karena pernah menjadi ibu kota kerajaan bahari Buddha terbesar di Asia Tenggara.

Selain dikenal memiliki sejarah yang panjang, palembang juga memiliki segelintir destinasi wisata yang cukup populer sekaligus menjadi ikon dari kota ini. Banyak sekali tempat-tempat wisata indah dan menarik yang sangat sayang untuk dilewatkan. Baik wisata alam, wisata religi, wisata sejarah, wisata edukasi, wisata budaya, dan wisata kuliner menjadi hal yang harus sobat cicipi selama berada di kota ini. Bagi sobat yang sedang mencari destinasi wisata apa saja yang populer di tahun ini, bisa sobat simak dibawah ini merupakan deretan tempat wisata di palembang yang terkenal dan lagi hits di tahun 2022.

Inilah Tempat Wisata di Palembang yang Terkenal dan Lagi Hits 2022


1. Fantasy Island Palembang

Fantasy Island Palembang merupakan tempat wisata yang tergolong baru dan tempat terbaik untuk liburan dengan keluarga. Tempat ini menyediakan aneka macam permainan anak-anak yang cukup lengkap. Beberapa macam permainan seru yang wajib sobat coba diantaranya gokart dan kereta gantung. Terdapat juga kolam balita dengan kedalaman 50 cm yang cocok untuk tempat balita berendam. Bagi sobat yang ingin langsung merasakan keseruan wisata ini sobat bisa langsung datang ke alamatnya yaitu di Jalan Prameswara, Karya Jaya, Kecamatan Kertapati, Kota Palembang.

2. Masjid Agung Palembang
tempat wisata di palembang

Masjid agung palembang merupakan destinasi wisata religi yang tidak boleh sobat lewatkan. Masjid ini berlokasi di Jalan Jend. Sudirman, 19 Ilir, Kecamatan Bukit Kecil, Kota Palembang. Daya tarik destinasi wisata ini terletak di arsitekturnya yang unik dan menarik perpaduan eropa, tiongkok, dan indonesia, kemegahannya, dan lokasi cagar budaya disekelilingnya. Masjid ini dipercaya bisa menampung sekitar 1200 jemaah. Jika sobat sedang melakukan perjalanan jauh dan merasa lelah, cobalah untuk mampir dan istirahat sejenak di masjid ini sembari beribadah dan menikmati kemegahanya dari dekat.

3. Danau Ranau
wisata di palembang

Bagi para pelancong, keindahan dan kebesaran dari danau ranau sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Danau ranau sendiri merupakan danau terbesar kedua di pulau sumatera. Selama perjalanan menuju danau ini, sobat akan disambut dengan perkebunan, pedesaan, dan juga aliran Sungai Musi yang menemani sepanjang perjalanan. Memiliki air yang jernih disertai dengan pemandangan perbukitan dan pegunungan hijau disekelilinya menjadikan daya tarik dari tempat ini. Salah satu gunung yang terlihat jelas dari danau ini adalah gunung seminung. Selain itu di tempat ini juga sobat bisa menikmati berbagai hidangan kuliner yang dijual diwarung-warung sekitar danau.

4. Pulau Kemaro

Pulau Kemaro merupakan salah satu destinasi wisata yang tidak pernah sepi pengunjung. Pulau yang terletak di tengah sungai musi ini selalu ramai akan dikunjungi baik oleh masyarakat setempat ataupun wisatawan domestik dan mancanegara. Lokasi dari pulau kemaro berada di Kecamatan Ilir Tim. II, Kota Palembang. Salah satu daya tarik dari pulau ini adalah karena terdapatnya sebuah vihara di tengah pulau. Vihara tersebut memiliki sejarah yang panjang ini menjadi tempat para wisatawan untuk berdoa dan berziarah untuk yang beragama buddha.

5. Wisata Alam Hutan Punti Kayu

Wisata Alam Hutan Punti Kayu merupakan satu-satunya wisata hutan yang ada di palembang. Hutan punti kayu berlokasi di Jalan Kol. Burlian KM 6.5, Karya Baru, Kecamatan Alang-Alang Lebar, Kota Palembang. Meskipun objek wisata ini tidak begitu besar, akan tetapi keindahan yang disajikan dapat membuat wisatawan terpikat. Tempat wisata ini sudah dilengkapi oleh berbagai fasilitas seperti jembatan kayu, atraksi gajah, taman, dan perahu. Akhir pekan dan libur panjang menjadi 2 waktu dimana tempat ini selalu ramai akan pengunjung. Banyak pengunjung yang datang ke tempat ini untuk menghilangkan penat dan mencari kedamaian akan suasana perkotaan.

6. Masjid Cheng Ho

Masjid Cheng Ho menjadi destinasi wisata religi berikutnya yang harus sobat kunjungi. Berbeda dengan masjid agung palembang yang terkenal akan kemegahanya, masjid ini justru terkenal akan arsitektur dan cerita sejarahnya. Perpaduan antara warna merah, hijau, putih, dan pink membuat masjid ini terlihat indah dan menawan. Masjid Cheng Ho berlokasi di Kecamatan Seberang Ulu I, Kota Palembang. Selain beribadah para pengunjung juga bisa menikmati keindahan akan bangunanya dari jarak dekat sekaligus berfoto-foto.

7. Museum Negeri Balaputra Dewa

Destinasi wisata terakhir yang wajib sobat kunjungi saat berada di palembang adalah Museum Negeri Balaputra Dewa. Sebagian dari sobat mungkin tidak asing lagi dengan bentuk bangunan museumnya, hal tersebut dikarenakan museum tersebut tergambar dalam uang kertas sepuluh ribu rupiah yang lama. Museum yang dibangun pada tahun 1830 dan dibuat dengan kayu ini berlokasi di Jalan Srijaya No.I, RW.5, Srijaya, Kecamatan Alang-Alang Lebar, Kota Palembang.

Komentar