7 Tempat Wisata di Padang Sidempuan yang Indah dan Menyejukan

tempat wisata di padang sidempuan yang indah

Padang Sidempuan merupakan sebuah kota yang terletak di provinsi sumatera utara. Kota ini memiliki luas wilayah sekitar 159,3 km² sekaligus menjadi kota terbesar di wilayah tapanuli. Pada tahun 2021 lalu jumlah penduduk kota padang sidempuan diketahui sebanyak 227.674 jiwa dengan angka kepadatan penduduk sekitar 1.985/km2. Kota padang sidempuan dijuluki sebagai kota salak, hal tersebut dikarenakan kotanya dikelilingi oleh perbukitan dan gunung yang menjadi kawasan perkebunan buah salak. Kota ini terbagi menjadi 6 kecamatan diantaranya kecamatan Padangsidimpuan Angkola Julu, Padangsidimpuan Batunadua, Padangsidimpuan Hutaimbaru, Padangsidimpuan Selatan, Padangsidimpuan Tenggara, dan Padangsidimpuan Utara.

Karena lokasinya yang dikelilingi oleh perbukitan dan gunung maka kota ini tentunya memiliki sederet destinasi wisata yang indah. Tak hanya wisatawan dalam negeri, wisatawan mancanegara pun turut datang ke kota ini karena penasaran dengan keadaan kotanya sekaligus untuk berlibur. Banyak sekali tempat-tempat menarik yang dapat sobat temui selama berada di padang sidempuan. Jika sobat memiliki rencana untuk menetap dan liburan di kota ini, berikut beberapa tempat wisata di padang sidempuan yang indah dan menyejukan yang sayang untuk dilewatkan.

7 Tempat Wisata di Padang Sidempuan yang Indah dan Menyejukan


1. Air Terjun Silima-lima

Air Terjun Silima-lima merupakan air terjun berlapis dan tempat wisata yang cukup populer di padang sidempuan. Siapapun yang datang ke air terjun ini akan dibuat nyaman dan betah dengan keindahan alam sekitarnya. Untuk menuju air terjun ini sobat harus melalui perjalanan yang panjang yakni naik turun anak tangga. Tentunya untuk mengunjungi air terjun ini harus memiliki stamina yang bagus dan kondisi fisik yang prima. Lokasi dari Air Terjun Silima-lima berada di Maju Mambe, kecamatan Marancar, Kabupaten Tapanuli Selatan.

2. Tor Simarsayang

Lokasi dari Tor Simarsayang sendiri berada di Jalan Simarsayang, Kabupaten Padang Sidempuan. Wisata yang satu ini memang terbilang cukup biasa yakni hutan rindang, akan tetapi banyak kegiatan menarik dan seru yang bisa sobat lakukan selama berada di tempat ini. Jika sobat seorang pemberani maka sobat wajib banget untuk mencoba naik sepeda di atas tali. Tentunya sebelum naik wahana ini sobat akan dilengkapi berbagai perlengkapan khusus agar tetap aman saat bersepeda. Selain itu tor imarsayang juga memiliki view yang indah dan sangat memanjakan mata, selain itu suasana damai dan tenang di tempat ini pun dapat membuat betah para pengunjungnya.

3. Danau Tao

Danau Tao terletak di Batang Onang, kecamatan  Batang Onang Baru, Kabupaten Padang Lawas Utara dan merupakan salah satu wisata andalan di padang sidempuan. Karena lokasi danau ini yang berada di dekat pemukiman penduduk, maka sobat bisa melihat binatang ternak yang berkeliaran salah satunya adalah domba. Pemandangan asri dari tempat ini dapat membuat hati tenang dan damai. Akan tetapi karena kurang diperhatikan oleh masyarakat setempat dan pemerintah, masih banyak sampah yang berceceran di lokasi. Tak lupa untuk membawa kamera terbaik yang sobat miliki saat berkunjung ke danau ini agar kualitas foto yang di dapatkan maksimal.

4. Sampuraga

Sampuraga sendiri merupakan sebuah kolam air panas yang berasal dari bumi. Selain itu ada pula yang menceritakan bahwa kolam air panas tempat ini berasal dari mata air anak yang durhaka pada ibunya. Tempat wisata ini tidak pernah sepi pengunjung, salah satu alasan pengunjung datang ke sampuraga adalah karena rasa penasaran yang besar. Sayangnya karena kolam air panas ini milik pribadi, sehingga kolam ini kurang terawat dan kotor. Para pengunjung yang datang ke tempat ini menjadikan air panas ini sebagai tempat memasak kacang dan jagung. Lokasi dari sampuraga sendiri berada di Jalan Aek Godang No. 16, Saba Jior, Sirambas, Kecamatan Panyabungan Barat, Kabupaten Mandailing Natal.

5. Sibio-bio

Meskipun merupakan wisata buatan, akan tetapi tempat wisata ini cukup ramai diminati. Dari sekian banyak pengunjung yang datang ke tempat ini sebagianyanya merupakan fotografer. Tempat wisata yang satu ini menyediakan banyak sekali spot-spot foto yang menarik dan instagramable. Untuk bisa mendapatkan pemandangan indah tersebut, sobat cukup membawa uang sekitar Rp. 15.000 untuk harga tiket masuknya. Tak hanya itu sobat juga bisa mencicipi berbagai kuliner yang dijual di sekitar tempat ini sembari menikmati kolam dengan ikan hias yang sangat cantik. Lokasi dari sibio-bio sendiri berada di Desa Sibio-bio, Kecamatan Angkola Timu, Kabupaten Tapanuli Selatan.

6. Perkebunan Buah Naga

Selain dikenal karena memiliki perkebunan buah salak yang luas, padang sidempuan juga memiliki perkebunan buah naga yang luas dan tidak kalah banyak. Salah satu perkebunan buah naga yang dijadikan tempat wisata terletak di Pudun Jae, kecamatan Padangsidimpuan Batunadua, Kabupaten Padang Sidempuan. Jika sobat datang disaat waktu yang tepat maka sobat bisa mencicipi buah naga sepuasnya.

7. Aek Sijorni

Aek Sijorni merupakan sebuah air terjun bertingkat yang sudah mengalami perubahan modern. Jika sobat sudah pernah mengunjungi tempat ini sobat akan berfikir bahwa air terjun ini sekilas mirip dengan pemandian modern layaknya kolam renang atau wahana waterpark. Hanya saja air yang ada di tempat ini 70% alami. Untuk bisa menikmati keindahan tempat ini, sobat cukup menyiapkan uang senilai Rp. 5.000 saja. Lokasi dari aek sijorni berada di Jalan Trans Sumatera Bukittinggi – Padang Sidempuan, Aek Libung, kecamatan Sayur Matinggi, Kabupaten Tapanuli Selatan.

Komentar