Inilah Tempat Wisata di Padang Panjang yang Lagi Hits 2022

tempat wisata di padang panjang

Padang panjang merupakan sebuah kota yang terletak di provinsi sumatera barat. Kota ini masuk dalam daftar kota terkecil di indonesia, luas kota padang panjang sendiri yakni hanya sekitar 23 km2 dan memiliki jumlah penduduk sebanyak 59.998 jiwa. Kota ini mendapat banyak sekali julukan, diantaranya serambi mekah dan mesir van andalas. Kota padang panjang juga disebut sebagai kota dingin karena letaknya yang berada di ketinggian 650 meter hingga 850 meter. Sebelum menjadi sebuah kota, padang panjang dulunya merupakan bagian dari wilayah Tuan Gadang di Batipuh. Kota ini hanya memiliki 2 kecamatan yakni kecamatan padang panjang barat dan kecamatan padang panjang timur.

Meskipun memiliki wilayah yang kecil, kota padang panjang memilikisejumlah destinasi wisata yang cukup ternama yang eberapa diantaranya dijadikan sebagai tempat rekreasi keluarga. Selain itu karena memiliki wilayah yang terbilang kecil, kota ini bisa mudah dijelajahi dalam waktu cepat. Tentunya ini merupakan kesempatan bagi wisatawan agar bisa menikmati wisata padang panjang dengan maksimal. Ada beberapa tempat wisata yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi di kota padang panjang, tempat-tempat wisata tersebut saat ini menjadi buah perbincangkan masyarakat kota ini. Berikut ini tempat wisata di padang panjang yang lagi hits di tahun 2022.

Inilah Tempat Wisata di Padang Panjang yang Lagi Hits 2022


1. Wisata Lubuk Kucing

Wisata Lubuk Kucing menjadi salah satu ikon kota padang dan ramai dikunjungi. Tempat wisata yang satu ini berlokasi di Pasar Usang, Kecamatan Padang Panjang Barat, Kota Padang Panjang. Salah satu yang membuat pengunjung berdatangan ke tempat ini adalah keindahan alamnya yang asri yang cocok sebagai tempat refresing sekaligus menghilangkan penat. Selain itu yang menjadikan tempat ini ramai dikunjungi ialah aksesnya yang mudah dan harga tiket masuknya yang murah. Untuk bisa merasakan keindahan alam tempat ini sobat cukup membawa uang sekitar Rp. 5.000 saja.

2. Minang Fantasi

Meskipun kota padang panjang berada di dataran tinggi, bukan berarti kota ini tidak memiliki destinasi wisata air. Di kota ini terdapat sebuah tempat yang bisa dikatakan mirip dengan dufan yang ada di jakarta yakni Minang Fantasi. Minang Fantasi terletak di jalan sultan syahrir nomor 252, silaing bawah, kecamatan padang panjang barat, kota padang panjang. Tempat wisata yang satu ini menyediakan banyak sekali wahana permainan air, baik untuk anak-anak hingga dewasa. Untuk bisa menikmati wisata yang satu ini sobat bisa mengajak keluarga ataupun teman.

3. Goa Batu Batirai

Tempat wisata berikutnya yang sedang hits di kota padang panjang ialah Goa Batu Batirai. Goa ini berlokasi di Kampung Manggis, Kecamatan Padang Panjang Barat, Kota Padang Panjang. Saat berada di goa ini sobat akan di sambut dengan tirai-tirai yang terbuat dari bebatuan susunan stalagmit dan stalaktit maka dari itulah goa ini dinamai dengan sebutan batirai. Goa batu batirai merupakan mahakarya dari tuhan yang bisa membuat siapapun terkesan. Untuk dapat menikmati wisata yang satu ini, sobat cukup menyiapkan uang sekitar Rp. 4.000 saja setiap orangnya.

4. Desa Wisata Kubu Gadang

Meskipun bisa dikatakan sebagai wisata baru, Desa Wisata Kubu Gadang sudah banyak dikenal oleh wisatawan dan menjadi salah satu wisata andalan di kota padang panjang. Tempat wisata yang satu ini terletak di ekor lubuk, kecamatan padang panjang timur, kota padang panjang. Selain berwisata, di tempat ini juga bisa mengenal tradisi masyarakat setempat sekaligus bertegur sapa secara langsung. Sobat juga bisa mencicipi banyak sekali makanan yang ada di desa ini yang di jual diwarung-warung warga. Bagi sobat yang beruntung, sobat bisa melihat langsung pertunjukan silat di sawah yang dipenuhi oleh lumpur.

5. Air Terjun Tujuh Tingkat

Air Terjun Tujuh Tingkat merupakan salah satu air terjun yang cukup populer di kota padang panjang. Air terjun yang berlokasi di Silaing Bawah, Kecamatan Padang Panjang Barat, Kota Padang Panjang ini menawarkan pemandangan indah yang dapat membuat siapapun terpana. Memiliki air yang jernih serta suasana alam yang asri dan damai menjadikan pengunjungnya betah dan nyaman ketika berada di area wisata yang satu ini. Saat akan berkunjung ke tempat wisata ini, sobat harus berhati-hati karena sobat akan melewati jalan yang ekstrem dan terjal. Banyak sekali komunitas pecinta alam yang datang ke tempat ini karena penasaran dengan keindahan air terjun yang satu ini.

6. Masjid Asasi Nagari Gunung

Setelah melakukan perjalanan yang jauh dan melelahkan maka tidak ada salahnya sobat mampir ke Masjid Asasi Nagari Gunung untuk beribadah sekaligus beristirahat. Masjid yang didirikan pada tahun 1405 ini merupakan salah satu masjid tertua yang ada di kota padang panjang. Meskipun ratusan tahun telah berlalu, akan tetapi gaya desain masjid ini masih tetap orisinil, hal tersebut lah yang menjadi daya tarik akan tempat wisata yang satu ini. Desain dari masjid ini kaya akan nuansa minang dengan atap yang menjulang tinggi seperti perahu dan kubah. Nilai yang tersirat dari konsep bangunan masjid ini antara lain keagamaan, kebudayaan, dan pemerintahan.

7. Stasiun Kereta Api Padang Panjang

Bagi sobat yang suka dengan wisata sejarah, maka tempat wisata yang satu ini harus banget sobat kunjungi. Stasiun Kereta Api Padang Panjang terletak di Pasar Usang, Kecamatan Padang Panjang Barat, Kota Padang Panjang dan merupakan bangunan yang cukup bersejarah karena dibangun oleh pemerintah belanda pada tahun 1989. Selain menikmati nuansa kuno bangunan masa lalu, sobat juga bisa menaiki kereta di stasiun ini. Sobat hanya perlu mengeluarkan uang senilai Rp. 100.000. Selain itu sobat juga bisa berfoto di gerbong-gerbong yang tidak terpakai di stasiun ini.

Komentar