8 Tempat Wisata di Kota Parepare Terbaru dan Terhits 2022

Tempat Wisata di Kota Parepare Terbaru dan Terhits 2022

Parepare adalah sebuah kota yang terletak di provinsi sulawesi selatan tepatnya di selat makasar. Kota ini memiliki luas wilayah sekitar 99,33 km² serta memiliki jumlah populasi sebanyak 150 ribu lebih jiwa. Kota parepare dikenal sebagai tempat kelahiran B.J. Habibie yang dikenal sebagai presiden republik indonesia ketiga.

Sebelum menjadi sebuah kota yang cukup besar, parepare dulunya merupakan sebuah daerah semak-semak belukar yang diselang-selingi oleh lubang-lubang tanah yang agak miring. Seiring berjalanya waktu, kini parepare telah berubah menjadi sebuah kota yang cukup dikagumi dan terkenal di indonesia, bahkan setiap tahunya kota ini selalu mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Terdapat 4 kecamatan yang ada di kota parepare, diantanya kecamatan bacukiki, kecamatan bacukiki barat, kecamatan soreang, dan kecamatan ujung.

Kota parepare merupakan daerah yang aman dari ombak laut karena letaknya yang berada di laut. Maka dari itu banyak sekali penduduk kota ini yang menghabiskan waktu untuk berlibur ke pesisir pantai dan menikmati pemandangan lautan yang membentang luas. Tak sedikit juga wisatawan yang berdatangan ke kota ini untuk menikmati wisata baharinya sembari mencicipi kuliner khas parepare.

Perlu sobat ketahui banyak sekali tempat wisata yang mencolok di tempat ini bahkan beberapa diantaranya menjadi destinasi wisata favorit di kalangan wisatawan. Untuk sobat yang sedang mencari tempat berlibur untuk menghabiskan waktu bersama keluarga ataupun teman, bisa sobat simak dibawah ini merupakan deretan tempat wisata di kota parepare terbaru dan terhits di tahun 2022.

8 Tempat Wisata di Kota Parepare Terbaru dan Terhits 2022


1. Pantai Tonrangeng

Tempat wisata pertama yang wajib sobat kunjungi dan sangat sayang apabila dilewatkan saat berada di kota parepare adalah Pantai Tonrangeng. Pantai Tonrangeng sendiri merupakan salah satu tempat wisata yang cukup terkenal di kota ini dan sering dikunjungi oleh wisatawan. Salah satu nilai plus dari pantai ini adalah sajian alamnya yang menakjubkan.

Ketika berada di pantai ini sobat bisa melakukan banyak hal seperti snorkeling, diving, berenang, bermain pasir, dan bermain voli pantai. Beberapa aktifitas tersebut akan terasa lebih menyenangkan apabila dilakukan bersama teman-teman ataupun keluarga. Lokasi dari Pantai Tonrangeng sendiri berada di kelurahan Lumpue, kecamatan Bacukiki Barat, Kota Parepare.

2. Taman Mattirotasi

Tempat wisata terhits berikutnya di kota parepare adalah Taman Mattirotasi yang berlokasi di Jalan Bau Massepe, Labukkang, Kecamatan Ujung, Kota Parepare. Taman Mattirotasi sendiri berdekatan dengan pantai Mattirotasi sehingga sangat mudah untuk menjangkaunya dan menemukanya. Taman ini ramai dikunjungi pada waktu sore hari menjelang matahari terbenam. Dari taman ini sobat bisa melihat keindahan dari Pantai Mattirotasi tanpa harus berkunjung ke pantainya langsung. Tak lupa juga untuk menikmati keindahan sunset dan mengabdikanya agar sobat tidak menyesal.

3. Kebun Raya Jompie

Kebun Raya Jompie terletak di kelurahan Bukit Harapan, kecamatan Soreang, Kota Parepare dan menjadi salah satu wisata andalan di kota parepare. Sama halnya dengan kebun raya bogor, kebun raya jompie juga merupakan kawasan hutan kota alami. Banyak sekali spot-spot foto cantik dan menjadi lokasi favorit bagi para fotografer. Tempat wisata yang satu ini cocok dijadikan sebagai tempat piknik bersama keluaraga, karena disamping sajian alamnya yang memukau, sobat dan keluarga juga akan merasakan ketanangan dan kedamaian dengan udara sejuk dan segar serta pemandangan hijau memanjakan mata.

4. Sungai Ladoma

Menyusuri sungai dikelilingi dengan pemandangan pepohonan yang hijau merupakan hal yang cukup langka dan jarang ditemui di beberapa kota. Parepare menjadi salah satu kota yang memiliki wisata tersebut, sungai ladoma merupakan sungai yang cukup ternama dan banyak dibicarakan oleh wisatawan. Sungai ini terletak di Jalan WT. Bacukiki, Kecamatan Bacukiki, Kota Parepare. Selain menyajikan pemandangan alam yang mempesona, sungai ini juga memiliki nilai tambah tersendiri yakni memiliki air yang jernih sehingga cocok untuk melakukan aktifitas berendam.

Selain berendam sobat juga bisa melakukan kegiatan seru lainya seperti bermain ATV, flayingfox, trekking, dan bermain di area soft gun. Cobalah datang ke tempat wisata yang satu ini bersama teman ataupun keluaraga agar aktifitas yang dilakukan terasa lebih seru.

5. D’daenk Cafe House

D’daenk Cafe House merupakan salah satu tongkrongan terbaik yang berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman, Cappa Galung, kecamatan Bacukiki Barat, Kota Parepare. Selain itu tempat ini juga dikenal karena memiliki pemandangan alam yang indah dan memukau sehingga cocok banget untuk bersantai dan menghabiskan waktu. Di cafe ini juga sobat bisa melihat secara langsung pemandangan kota parepare dari atas ketinggian. Bagi sobat yang memiliki rencana untuk datang ke tempat ini, sobta bisa datang pada sore hari dan malam hari karena di dua waktu tersebutlah cafe ini ramai akan pengunjung.

6. Waterboom Parepare

Tempat wisata berikutnya yang wajib sobat datangi adalah Waterboom Parepare. Menghabiskan waktu bersama keluarga di sebuah waterboom memang menjadi sebuah rutinitas mingguan yang biasanya dilakukan oleh keluarga. Dengan begitu kedekatan keluargapun menjadi lebih terjaga. Selain bermain dan berpiknik sobat juga bisa mengajari anak-anak untuk berenang saat berada di waterboom yang satu ini. Tempat wisata yang satu ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti wahana permainan, toilet, tempat makan, kamar mandi, dan fasilitas lainnya. Waterboom parepare sendiri terletak di Jalan Abubakar Lambogo, Ujung Lare, kecamatan Soreang, Kota Parepare.

7. Air Terjun Tompangnge

Wisata air terjun memiliki ciri khas yang cukup unik, yakni letaknya yang tersembunyi. Hal tersebut bukanlah sebuah kebetulan karena wisata air terjun sendiri biasa di jumpai di daerah pegunungan dan perbukitan. Salah satu air terjun yang cukup terkenal dan ramai dibicarakan di kota pare-pare adalah Air Terjun Tompangnge. Air terjun ini berlokasi di Jalan Tompangnge, Kecamatan Bacukiki, Kota Parepare. Selain dikenal sebagai air terjun tompangnge, beberapa orang juga menyebut tempat ini dengan Goa Tompangnge karena lokasi air terjun dan goa yang cukup berdekatan.

8. Tonrangeng River Side

Tonrangeng River Side menjadi tempat terkahir yang direkomendasikan untuk dikunjungi. Berlokasi di Jalan Lumpue, Kecamatan Bacukiki Barat, Kota Parepare, Tonrangeng River Side merupakan sebuah area hijau yang dibangun dengan tujuan untuk mewujudkan konsep medical tourism di kota Parepare. Di tempat ini juga sobat bisa melakukan berbagai hal seperti susur sungai karajae dan mencicipi wisata kuliner setempat. Baik pada akhir pekan ataupun hari-hari biasa tempat ini tidak pernah sepi akan pengunjung.

Komentar