8 Tempat Wisata di Dumai Riau Terbaru 2022

8 Tempat Wisata di Dumai Riau Terbaru 2022

Dumai merupakan sebuah kota yang terletak di provinsi riau dan merupakan wilayah terluas yang ada di provinsi ini, bahkan luas dari kota ini hampir 3 kali lipat dari luas kota pekanbaru yang merupakan ibukota dari provinsi riau. Kota ini juga dikenal sebagai wilayah administrasi terluas kedua di indonesia setelah kota palangka raya. Meskipun memiliki wilayah yang cukup luas, akan tetapi jumlah penduduk kota dumai lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah penduduk kota pekanbaru. Pada tahun 2020 lalu, jumlah penduduk kota dumai sekitar 300 ribuan sedangkan jumlah penduduk kota pekanbaru di angka 900 ribuan. Dengan begitu bisa disimpulkan bahwa kota pekanbaru merupakan salah satu wilayah terpadat yang ada di provinsi riau.

Perlu sobat ketahui, selain dikenal sebagai wilayah administrasi terluas kedua di indonesia, kota dumai juga terkenal akan bentangan alamnya yang indah. Banyak destinasi wisata alam ataupun buatan yang menjadi tujuan wisatawan berlabuh di kota ini. Bagi sobat yang berada di luar provinsi riau dan sedang mencari destinasi wisata unik sekaligus keren, maka berkunjung ke kota dumai merupakan solusi yang tepat. Bisa sobat simak dibawah ini merupakan deretan tempat wisata di dumai terbaru 2022 yang sayang untuk dilewatkan.

8 Tempat Wisata di Dumai Riau Terbaru 2022


1. Pantai Teluk Makmur

Pantai Teluk Makmur menjadi tempat wisata yang cukup banyak dibicarakan di kota dumai. Tempat wisata yang satu ini terletak di Jalan Datuk Hakim, Kecamatan Makmur, Kecamatan medang kampai, kota dumai. Saat berkunjung ke pantai ini sobat akan disambut dengan keeksotisan pemandangan pesisir pantainya yang mempesona dan bisa membuat siapapun menjadi terkagum-kagum. Selain terkenal akan air pantainya yang jernih dan bersih, di sekitar pantai ini pun terdapat bebatuan karang yang bisa digunakan untuk berfoto dan bersantai. Sobat bisa melakukan banyak hal di pantai ini, seperti berenang, berjemur, dan menikmati hembusan angin laut.

2. Hutan Wisata Dumai

Bagi sobat yang ingin merasakan hijaunya kota dumai untuk bersantai sekaligus mencari tempat ketenangan, maka Hutan Wisata Dumai menjadi tempat yang wajib sobat kunjungi. Tempat wisata yang satu ini merupakan hutan konservasi yang dikelola oleh pemerintah guna melestarikan lingkungan dan satwa-satwa yang hidup di dalamnya. Bagi sobat yang tertarik untuk menikmati keasrian dari hutan ini sekaligus untuk melihat hewan yang hidup di dalamnya maka sobat bisa berkunjung ke Bukit Timah, Kecamatan Dumai Barat, Kota Dumai.

3. Danau Bunga Tujuh

Tempat wisata berikutnya yang tak kalah populer di kota dumai adalah Danau Bunga Tujuh. Dalam beberapa tahun terakhir danau ini banyak sekali di kunjungi oleh wisatawan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. salah satu alasanya adalah karena wisata air yang menarik yang menyimpan berbagai keindahan yang menakjubkan.

Saat pertama kali menginjakan kaki di tempat ini sobat akan di sambut dengan udara yang sejuk bersih disertai dengan pemandangan hijau yang memanjakan mata. Terdapat juga sebuah pondok di sekitaran danau yang biasa digunakan oleh banyak orang untuk berfoto-foto dan melihat keindahan danau ini dari dekat. Lokasi dari danau Danau Bunga Tujuh sendiri berada di Bukit Batrem, kecamatan dumai timur, kota dumai.

4. Pantai Koneng

Selain pantai teluk makmur, kota dumai juga memiliki pantai yang tidak kalah jauh populer dan indah salah satunya adalah Pantai Koneng. Pantai ini berlokasi di Jalan Makmur, Kecamatan Medang Kampai, Kota Dumai. Banyak wisatawan luar kota yang berlabuh ke tempat ini untuk merasakan keindahan sekaligus mengabdikan beberapa momen indah selama berada di pantai ini. Salah satu daya tarik dari tempat wisata ini yang membuat wisatawan penasaran dan ngebet untuk berkunjung adalah karena pasir putihnya yang indah disertai dengan pemandangan lautnya yang mempesona.

5. Tapak Harimau Sakti

Sebagian dari sobat mungkin bertanya-tanya tempat seperti apakah Tapak Harimau Sakti itu, Tapak Harimau Sakti merupakan sebuah cagar budaya yang sudah berumur ribuan tahun lalu berupa sebuah batu yang membekas telapak kaki harimau. Tempat wisata ini juga menjadi wisata sejarah yang harus tetap dijaga dan dilestarikan karena merupakan peninggalan dari nenek moyang kita. Tapak Harimau Sakti sendiri berlokasi di Jalan Pelintung, Kecamatan Medang Kampai, Kota Dumai.

6. Goa Pelintung

Goa Pelintung menjadi tempat wisata yang cukup direkomendasikan bagi sobat yang suka dengan petualangan dan penjelajahan. Menurut cerita yang beredar goa ini dulunya merupakan tempat penyimpanan harta milik bajak laut. Meskipun begitu para pengunjung tidak begitu peduli dengan cerita tersebut. Para pengunjung lebih tertarik dengan pemandangan yang ada di dalam goa berupa konstruksi stalaktit dan stalakmit yang sangat menakjubkan. Bagi sobat yang tertarik untuk berjelajah di goa sobat bisa datang ke alamatnya yaitu di pelintung, kecamatan medang, kota dumai.

7. Masjid Raya Al-Manan

Selain terkenal akan wisata alamnya yang indah dan menawan, rupanya kota dumai juga memiliki tempat wisata religi salah satunya adalah Masjid Raya Al-Manan yang berlokasi di Bagan Besar, Kecamatan Bukit Kapur, Kota Dumai. Masjid Raya Al-Manan sendiri akan terlihat lebih indah dan menawan apabila di lihat pada sore hari dan malam hari. banyak pengunjung yang berdatangan ke masjid ini untuk beribadah sekaligus untuk menikmati kemegahan dan arsitektur masjid ini dari dekat.

8. Kampung Teratai

Pada awalnya kampung teratai bukanlah sebuah tempat wisata melainkan sebuah kolam ikan biasa. Akan tetapi setelah dilakukan renovasi besar-besaran, kini Kampung Teratai menjadi salah satu tempat wisata yang cukup digemari oleh banyak orang karena menawarkan pemandangan bunga teratai yang sangat mempesona. Bahkan tempat wisata ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas yang menunjang selama berada di sana, seperti toilet, rumah makan/warung makan, parkiran, dan lain-lain.

Komentar