7 Rekomendasi Tempat Wisata Terindah di Kota Baubau

Tempat wisata terindah di kota baubau

Baubau merupakan sebuah kota yang terletak di pulau buton. Kota ini baru bari diremikan pada tahun 2001 lalu berdasarkan undang-undang nomor 13 tahun 2001. Kota baubau merupakan kota terbesar ke 8 di sulawesi berdasarkan jumlah populasi, sedangkan untuk luas wilayahnya, kota ini memiliki luas yang lumayan cukup luas yakni sekitar 295,07 km2. Baubau juga dikenal sebagai kota yang memiliki suhu panas, bahkan pada jam 8 pagi teriknya matahari di kota ini sudah terasa layaknya di siang hari pukul 12 siang. Bagi sobat yang berminat untuk berkunjung ke kota ini cobalah untuk membawa sunblok untuk berjaga-jaga agar kulit tetap terjaga.

Nama baubau sendiri bagi sebagian orang masih terdengar cukup asing, akan tetapi tidak untuk penduduk sulawesi. Jika sobat telaah dengan serius sobat akan mendapati banyak sekali keungulan dari kota ini, salah satunya adalah sektor pariwisatanya. Tak sedikit pula wisatawan yang datang ke kota baubau untuk berlibur dan menghabiskan waktu di kota tersebut sembari mengunjungi beberapa tempat wisata menarik selama di sana.

Bagi sobat yang memiliki rencana liburan ke sulawesi maka tak ada salahnya menjadikan kota baubau sebagai tujuan utama. Banyak sekali tempat-tempat wisata yang indah di kota baubau yang cukup sering dikunjungi wisatawan. Untuk sobat yang penasaran dengan tempat-tempat wisata apa saja yang indah dan terkenal di kota baubau, dibawah ini merupakan rekomendasi tempat wisata terindah di kota baubau yang sayang untuk dilewatkan.

7 Rekomendasi Tempat Wisata Terindah di Kota Baubau


1. Benteng Keraton Buton

Benteng keraton buton menjadi tempat yang wajib sobat kunjungi saat berkunjung ke kota baubau. Luas dari benteng yang satu ini bisa dikatakan besar dan luas yakni kurang lebih sekitar 23.375 hektar. Wisata sejarah yang satu ini memang cukup ramai diperbincangkan terutama di kalangan wisatawan. Benteng ini memiliki arsitektur yang cukup unik serta dibuat dengan batu kapur. Pada tahun 2006 silam benteng ini pernah mendapatkan MURI juga Guinnes Book Record.

Selain itu keunikan lainnya dari benteng ini ialah letaknya yang berada di atas bukit, tentunya karena letaknya yang di atas bukit tersebut benteng ini menyuguhkan pemandangan yang indah dan menawan. Benteng keraton buton sendiri terletak di jalan labuke, melai, kecamatan murhum, kota baubau.

2. Masjid Quba

Selain benteng keraton buton, ada juga masjid quba yang merupakan salah satu wisata sejarah dan religi yang ada di kota baubau. Tak hanya terkenal akan bentuknya yang unik, masjid ini juga dinobatkan sebagai masjid paling tua yang ada di kota baubau, karena masjid ini dibangun pada tahun 1826. Masjid quba sendiri terletak di jalan baadia, betoambari, sulaa, kecamatan betoambari, kota baubau. Saat berkunjung ke masjid ini sobat juga bisa sekalian berziarah karena letak dari masjid ini yang dikelilingi oleh makam dan tentunya salah satu makan ternama yakni makam sultan buton XXIX. Perlu sobat ketahui, bahwa ketika berkunjung ke masjid ini sobat tidak akan dikenakan biaya alias gratis.

3. Bukit Wantiro

Wisata terindah berikutnya di kota baubau adalah bukit wantiro, bukit ini terletak di jalan anoa, kadomoloko, kecamatan kokalukuna, kota baubau. Saat berkunjung ke bukit ini sobat akan disuguhkan dengan pemandangan alam berupa perairan dan perbukitan. Bagi sobat yang tidak suka dengan udara dingin maka sobat harus menggunakan pakaian hangat saat berkunjung ke tempat ini agar tidak kedinginan. Selain menikmati pemandangan alam yang luar biasa indah, sobat juga bisa mencicipi beberapa kuliner saat berada di tempat ini. Sampai saat inipun wisata yang satu ini selalu ramai akan pengunjung.

4. Batu Sori

Batu sori menjadi destinasi wisata selanjutnya yang indah dan ramai diperbincangkan di berbagai media. Tempat wisata yang satu ini terletak di jalan kolagana, palabusa, kecamatan bungi, kota baubau. Akses untuk menjangkau tempatnyapun terbilang cukup mudah, dari pusat kota sendiri hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit saja. Bagi sobat yang hobi berfoto mungkin tempat ini menjadi tempat yang tepat, karena banyak sekali spot-spot yang instagramable. Ditempat ini sobat akan dibuat terpukau oleh panorama bahari birunya yang indah.

5. Pantai Kolagana

Berwisata ke suatu daerah tidak akan lengkap apabila tidak mengunjungi pantai sebab pantai merupakan tempat paling utama untuk berlibur dan banyak sekali kegiatan seru yang bisa dilakukan selama berada di pantai. Salah satu pantai yang cukup terkenal di kota baubau dan hits dikalangan wisatawan adalah pantai kolagana. Pantai ini berlokasi di palabusa, kecamatan bungi, kota baubau. Pantai kolagana terkenal karena pemandangan lautnya yang indah dan dapat membuat siapapun terpesona. Bahkan beberapa penyelam menjadikan pantai kolagana sebagai salah satu lokasi favorit untuk diving.

6. Pantai Kamali

Selain pantai kolagana ada juga pantai kamali yang merupakan salah satu tempat yang cukup disukai oleh para wisatawan karena pantai ini cukup mudah ditemukan sebab lokasinya yang berada di tengah kota. Pantai ini berlokasi di jalan mayjend, sutoyo, wale, kecamatan wolio, kota baubau. Pemandangan yang disuguhkan pantai inipun cukup menawan sehingga membuat beberapa wisatawan menjadi betah. Saat berada di pantai ini sobat juga akan mendapati patung kepala naga yang menjadi ikonik dari tempat wisata yang satu ini. Saat akan berkunjung ke pantai ini pastikan membawa peralatan kamera terbaik sobat agar foto yang dihasilkan terlihat bagus.

7. Pemandian Kelapa Gading Ngkaring Ngkaring

Memiliki nama kelapa gading bukan berarti pemandian ini berlokasi di jakarta. Pemandian Kelapa Gading Ngkaring Ngkaring berlokasi di desa ngkaring-ngkaring, kecamatan bungi, kabupaten baubau. Beberapa wisatawan mengatakan bahwa pemandian ini memiliki nuansa yang begitu khas dari pulau dewata. Karena lokasinya yang dikelilingi banya pepohonan menjadikan udara yang ada di tempat ini terasa sejuk dan dingin serta memberikan suasana yang tenang dan damai. Namun untuk sampai ke tempat ini sobat harus menampuh jarak yang lumayan cukup jauh yakni 15 KM.

Komentar