7 Rekomendasi Tempat Wisata di Pematang Siantar Sumut yang Indah dan Populer

rekomendasi tempat wisata di pematang siantar

Pematangsiantar merupakan sebuah kota di provinsi di sumatera utara. Letak kota ini terbilang cukup strategis karena dilalui oleh Jalan Raya Lintas Sumatera. Luas kota pematangsiantar yakni kurang lebih sekitar 79,97 km² dan jumlah penduduk sebanyak 268.254 jiwa. Kota ini juga menjadi tempat berlabuh para wisatawan yang hendak mengunjungi danau toba. Maka dari itu tak heran jika di kota ini terdapat banyak sekali hotel berbintang dan penginapan lainnya. Perlu sobat ketahui, sebelum proklamasi kemerdekaan republik indonesia, kota ini pernah menjadi kerajaan yang berkedudukan di pulau holing. raja terakhir yang memimpin kerajaan ini merupakan keturunan keturunan marga Damanik, yaitu Tuan Sang Nawaluh Damanik.

Tak hanya menjadi tempat berlabuh, kota ini juga seringkali dikunjungi oleh wisatawan yang ingin berlibur dan mencari ketenangan. Kota ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan pada hari libur panjang dan libur nasional karena sajian panorama alamnya yang indah dan memukau. Banyak tempat wisata populer yang indah bisa sobat temukan di kota ini. Jika sobat memiliki uang lebih, cobalah untuk berkunjung ke kota ini dan menikmati keindahannya. Bisa sobat simak dibawah ini rekomendasi tempat wisata di pematang siantar yang indah dan populer yang sayang untuk dilewatkan.

7 Rekomendasi Tempat Wisata di Pematang Siantar Sumut yang Indah dan Populer


1. Masjid Raya Pematangsiantar

Masjid Raya Pematangsiantar menjadi salah satu ikon dari pematang siantarar juga salah satu destinasi wisata yang ramai pengunjung. Masjid besar dan luas ini telah lama berdiri dan dapat menampung banyak jemaah. Masjid ini sering digunakan oleh penduduk lokal untuk kegiatan keagamaan ataupun untuk umum. Hingga saat ini Masjid Raya Pematangsiantar masih berdiri dengan bagus dan kokok karena dikelola dengan baik. Jika sobat sedang berada dalam perjalanan jauh dan butuh istirahat, cobalah untuk menepi sejenak di masjid ini sembari beribadah dan menikmati kemegahan masjid ini. Letak dari Masjid Raya Pematangsiantar berada di Jalan Masjid No. 2, Timbang Galung, Kecamatan Siantar Barat, Kabupaten Pematang Siantar.

2. Tugu Becak

Wisata indah dan populer selanjutnya adalah Tugu Becak. Menurut cerita dulunya kota pematangsiantar menjadi pusat transfortasi becak dan sebagai kota pelopo, maka dari itu tugu ini dibangun untuk menghargai jerih payah penduduk yang mengabdikan diri sebagai pengayuh sepeda roda tiga ini, meskipun saat ini becak jarang ditemui karena tergantikan oleh becak motor. Banyak pengunjung yang datang ke tugu ini untuk berfoto karena memiliki spot foto yang bagus dan menarik. jika sobat datang ke pematangsiantar, cobalah untuk berfoto di tempat ini sebagai kenang-kenangan. Letak dari tugu becak sendiri berada di Jalan W. R. Supratman No. 11, Dwikora, Kecamatan Siantar Barat, Kabupaten Pematang Siantar.

3. Martoba Water Park

Untuk bisa merasakan kesenangan dan keseruan wisata ini sobat bisa mengajak banyak teman ataupun keluarga. Martoba Water Park merupakan wisata air yang cukup populer di pematangsiantar. Tempat wisata yang satu ini menyediakan berbagai wahana permainan air yang seru dan wajib untuk dicoba seperti perosotan, tangga berantai, dan jaring air. Tentunya permainan-permainan tersebut sangat seru dan menantang. Untuk harga tiket masuk ke tempat ini lumayan mahal, sobat harus menyiapkan uang sekitar Rp. 35.000 sampai Rp. 70.000. Lokasi dari martoba water park sendiri berada di Komplek Perumahan Besatu Maju, Jalan Pendeta J. Wismar Saragih, Tj. Pinggir, Kecamatan Siantar Martoba, Kabupaten Pematang Siantar.

4. Pemandian Pulau Batu

Pemandian Pulau Batu terletak di Jalan Sibatu-Batu, Bah Sorma, kecamatan Siantar Sitalasari, Kabupaten Pematang Siantar. Berbeda dengan kolam pemandian umum lainnya kolam ini memiliki air mancur yang disalurkan melalui bambu yang mirip dengan pipa. Tentunya saluran pipa bambu tersebut memberikan nuansa yang berbeda. Para pengunjung akan dibuat rilek dengan suasana alam sekitar pemandian ini. Selain itu sobat juga mencicipi berbagai hidangan kuliner di tempat ini seperti sop, ikan bakar dan ragam penyetan. 

5. Lapangan Merdeka Pematangsiantar

Meskipun merupakan lapangan biasa akan tetapi suasana dan atmosfir tempat ini seperti alun-alun yang ada di berbagai daerah. Tempat wisata ini selalu ramai di pagi hari dan sore hari, di pagi hari ramai karena banyak yang verolahraga sedangkan di sore hari ramai karena banyak yang menongkrong dan jajan makanan. Harga-harga makanan yang dijual di tempat ini sangat murah dan terjangkau. Tempat wisata yang satu ini terletak di Jalan W. R. Supratman, Proklamasi, Kecamatan Siantar Barat, Kabupaten Pematang Siantar.

6. Museum Simalungun

Tempat wisata populer berikutnya di pematangsiantar adalah Museum Simalungun. Museum ini terletak di Jalan Jenderal Sudirman P, Proklamasi, Kecamatan Siantar Barat, Kabupaten Pematang Siantar. Berbeda dengan museum lainnya, museum ini merupakan sebuah bangunan tua yang masih tradisional. Beberapa peninggalan yang bisa sobat temukan di museum ini diantaranya beragam pusaka, senjata, alat makan, alat musik, dan benda bersejarah lainnya. Berkunjung ke museum tentunya akan menambah pengetahuan dan wawasan sobat mengenai sejarah di masa lalu. Tak hanya itu sobat juga akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang sejuk dan asri.

7. Kebun Binatang Pematangsiantar

Wisata yang satu ini sangat cocok dinikmati bersama keluarga karena bisa mengenalkan kepada anak-anak berbagai macam hewan. Terdapat sekitar 25 satwa yang dipelihara dan dirawat di kebun binatang ini.Kebun Binatang Pematangsiantar terletak di Jalan Gunung Simanuk Manuk No. 2, Teladan, Kecamatan Siantar Barat, Kabupaten Pematang Siantar. Buaya menjadi hewan primadona di kebun binatang ini dan ramai diperbincangkan terutama buaya putih dan besar yang sudah hidup puluhan tahun.

Komentar