9 Rekomendasi Tempat Wisata di Pekanbaru Terbaru yang Lagi Hits

9 Rekomendasi Tempat Wisata di Pekanbaru Terbaru yang Lagi Hits

Pekanbaru merupakan sebuah kota yang terletak di provinsi riau tepatnya di tepian sungai siak. Kota ini juga menjadi ibukota sekaligus kota terbesar dan terpadat yang ada di provinsi riau. Perlu sobat ketahui, bahwa pekanbaru bukanlah merupakan kota terluas di provinsi riau, kota dumai menjadi kota terluas yang ada di provinsi riau, dengan luas hampir tiga kali lipat dari kota pekanbaru. Kota pekanbaru juga menjadi salah satu sentral ekonomi terbesar di pulau sumatra, perekonomian pekanbaru didukung oleh perdagangan dan pertambangan minyak bumi.

Selain dikenal sebagai salah satu sentral ekonomi terbesar di pulau sumatra, kota pekanbaru juga terkenal akan pariwisatanya terutama pada wisata budayanya. Banyak pengunjung dari luar kota ataupun dari luar pulau yang rela datang ke kota ini karena penasaran akan wisata budayanya. Selain itu kota pekanbaru juga dikenal dengan bentangan alamnya yang indah dan menawan. Terdapat banyak tempat wisata yang cukup di favoritkan dan menjadi rekomendasi bagi sobat yang ingin berlibur ke kota ini. Berikut ini merupakan rekomendasi tempat wisata di kota pekanbaru terbaru yang lagi hits.

9 Rekomendasi Tempat Wisata di Pekanbaru Terbaru yang Lagi Hits


1. Rainbow Hills

Rainbow Hills merupakan sebuah area perbukitan yang memiliki panorama alam yang memukau. Tempat wisata ini menjadi sasaran wisatawan untuk berlibur sekaligus untuk mendapatkan spot foto yang cantik dan ciamik. Jika sobat melihatnya dari jauh, bukit ini akan terlihat seperti pelangi dengan gradasi warna yang cantik. Salah satu hal unik lainnya dari tempat ini adalah warna bukit dan kontur dapat berubah sewaktu-waktu. Rainbow Hills sendiri berlokasi di Jalan Kemping, Lembah Sari, Kecamatan Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru.

2. Danau Lembah Sari

Meskipun merupakan danau buatan, Danau Lembah Sari memiliki pemandangan indah dan asri, sehingga banyak orang yang berpikir danau ini merupakan danau alami. Danau buatan yang satu ini terletak di Lembah Sari, Kecamatan Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru. Selain cocok dijadikan sebagai tempat piknik keluarga, tempat ini juga cocok untuk melepas stres dan penat karena suasana tetang di sekitar tempatnya. Di sekitar danau ini juga terdapat beberapa spot foto yang indah dan estetik yang siap mengisi galery kameramu.

3. Masjid Agung An Nur

Tidak hanya terkenal akan keindahan dan keasrian alamnya, kota pekanbaru juga memiliki wisata religi yang tidak kalah menarik dan ramai dikunjungi salah satunya adalah Masjid Agung An Nur. Masjid ini berlokasi Jalan Hang Tuah, Sumahilang, Kecamatan Pekanbaru Kota, Kota Pekanbaru. Banyak wisatawan yang menyebutkan bahwa masjid ini mirip dengan taj mahal yang ada di india, bahkan beberapa orang memberikan sebutan dengan Taj Mahal ala Indonesia. Masjid yang satu ini sudah berdiri sekitar 50 tahun yang lalu dan menjadi salah satu masjid tertua yang ada di kota pekanbaru. 

4. Perpustakaan Soeman HS

Bagi sobat yang suka membaca buku, maka wajib banget sobat berkunjung ke Perpustakaan Soeman HS yang berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman No.462, Jadirejo, Kecamatan Sukajadi, Kota Pekanbaru. Berbeda dengan perpustakaan pada umunya, bentuk bangunan dari perpustakaan yang satu ini cukup unik dan memiliki konsep megah modern. Banyak koleksi buku yang bisa sobat dapati di dalam gedung ini, mulai dari buku sejarah, pendidikan, arsip dan lain-lain. bagi sobat yang memiliki drone, maka wajib banget sobat melihat gedung ini dari atas ketinggian agar bisa mengetahui sisi kerennya.

5. Anjungan Seni Idrus Tintin

Selain perpustakaan Soeman HS, terdapat juga sebuah bangunan lainnya yang memiliki arsitektur unik bergaya modern, salah satunya adalah Anjungan Seni Idrus Tintin. Tempat wisata yang satu ini masih sering digunakan untuk kegiatan seni skala nasional ataupun internasional. Salah satu acara besar yang diselengarakan dalam beberapa tahun lalu di tempat ini adalah vinculos indonesia 2018. Lokasi dari anjungan seni idrus tintin sendiri berada di Jalan Jenderal Sudirman, Simpang Tiga, Kecamatan Bukit Raya, Kota Pekanbaru.

6. Sungai Kampar

Bagi sobat yang suka dan hobi berolahraga air maka sobat wajib banget untuk berkunjung ke tempat wisata ini. Sungai Kampar merupakan sebuah tempat yang cukup unik dan fenomenal dimana terdapat sebuah ombak yang cocok untuk digunakan untuk melakukan berbagai aktifitas seperti berselancar, surfing, dan hiking layaknya di lautan. Banyak pengunjung luar kota berdatangan ke sungai ini untuk bermain wahana airnya sekaligus menikmati pemandangan alam sekitar. Tempat wisata unik yang satu ini berada di Teluk Meranti, Kecamatan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan.

7. Kawah Biru

Berlokasi di Jalan Delima No.11, Delima, Kecamatan Tampan, Kota Pekanbaru, danau biru merupakan sebuah tempat yang terbentuk secara tidak sengaja. Pada awalnya kawah biru merupakan sebuah tempat galian pasir yang berwarna putih bening yang kemudian terisi oleh air hujan dan membentuk sebuah kawah yang cantik dan estetik. Banyak wisatawan luar kota yang datang berkunjung karena penasaran dengan keindahan dari kawah yang satu ini. Selain disajikan dengan kawah yang indah, pengunjung juga akan disajikan dengan keindahan alam di sekitar kawah ini.

8. Agrowisata Tenayan Raya

Agrowisata memang menjadi tempat yang cocok untuk refresing dan bersantai dengan keluarga. Selain bersantai, sobat juga bisa memetik buah langsung dari pohonnya saat berada di Agrowisata Tenayan Raya. Selain memetik buah pengunjung juga bisa melakukan berbagai aktifitas lainnya seperti bercocok tanam, memetik sayuran, dan menangkap ikan. Sobat juga dapat melakukan aktifitas outbond selama berada di kawasan argowisata ini. Tempat wisata yang satu ini terletak di Jalan Kadiran, Kulim, Kecamatan Tenayan Raya, Kota Pekanbaru.

9. Taman Putri Kaca Mayang

Tempat wisata ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti jogging track, toilet, dan area teater. Bagi sobat yang berencana untuk pergi ke tempat ini untuk melakukan aktifitas jogging maka cobalah untuk datang di pagi hari di waktu udara yang masih bersih dan segar. Taman ini selalu ramai akan pengunjung karena aksesnya yang cukup mudah dijangkau. Tempat wisata yang satu ini terletak di Jalan Jenderal Sudirman No.474, Jadirejo, Kecamatan Sukajadi, Kota Pekanbaru.

Komentar