Rekomendasi Tempat Wisata di Payakumbuh Terbaru yang Lagi Hits

tempat wisata di payakumbuh

Payakumbuh merupakan sebuah kota yang terletak di provinsi sumatera barat. Kota ini memiliki luas wilayah sekitar 80,43 km² dan jumlah penduduk sebanyak 141.171 jiwa. Kota payakumbuh seringkali disebut juga sebagai daerah kantong' dari Kabupaten Lima Puluh Kota. Meskipun nama kota ini jarang terdengar, akan tetapi kota ini memiliki segudang prestasi. Pada tahun 2012 lalu, kota payakumbuh mendapatkan penghargaan inovasi managemen perkotaan. Beberapa inovasi yang dilakukan di kota ini diantaranya dalam bidang sanitasi, pengelolaan sampah, pasar tradisional sehat, pembinaan pedagang kaki lima, dan dranase perkotaan.

Selain terkenal akan segudang prestasinya, kota payakumbuh juga terkenal akan pariwisanya. Kota ini menjadi salah satu tempat yang memiliki destinasi wisata yang instagramable dan menyenangkan. Bahkan pariwisata di kota ini cukup diminati oleh banyak wisatawan, baik itu wisatawan lokal maupun mancanegara. Bagi sobat yang berencana datang ke kota ini untuk berlibur, tentunya sobat harus bijak dalam memilih tempat agar liburan sobat menyenangkan dan tidak ada kekecewaan. Berkiut ini rekomendasi tempat wisata di payakumbuh terbaru yang lagi hits.

Rekomendasi Tempat Wisata di Payakumbuh Terbaru yang Lagi Hits


1. Puncak Marajo

Bagi sobat yang menyukai aktifitas trekking, maka wajib banget bagi sobat untuk berkunjung ke Puncak Marajo yang berlokasi di Jalan Raya Bukittinggi – Payakumbuh No.233, Pakan Sinayan, Kecamatan Payakumbuh Barat, Kota Payakumbuh. Objek wisata yang satu ini menawarkan menawarkan dan seru. Meskipun untuk mencapai puncaknya memerlukan perjuangan yang berat, akan tetapi perjuagan dan rasa lelah yang sobat keluarkan akan tergantikan begitu sampai di puncak. Sobat akan disajikan dengan pemandangan alam yang indah dan mempesona yang cocok dilihat bersama orang tercinta.

2. Panorama Ampangan

Tak hanya ramai dikunjungi wisatawan lokal saja, Panorama Ampangan juga menjadi salah satu objek wisata favorit wisatawan mancanegara. Panorama Ampangan sendiri berlokasi di aua kuniang, kecamatan payakumbuh selatan, kota payakumbuh dan berada di atas ketinggian 650 meter diatas permukaan laut. Saat menginjakan kaki di tempat ini sobat akan disajikan dengan pemandangan pepohonan hijau dan juga kawasan persawahan yang berada di area sekitar tempat wisata. Tempat ini juga cocok dikunjungi bagi sobat yang penat akan suasana perkotaan dan sedang mencari ketenangan.

3. Ngalau Indah

Ngalau Indah merupakan wisata goa yang cukup terkenal di kota payakumbuh. Meskipun pada dasarnya goa merupakan tempaat yang sunyi dan gelap, akan tetapi saat membawa senter dengan cahaya yang terang sobat akan dibuat takjub dengan keindahan yang tersaji sekaligus membuat para wisatawan ingin mendatanginya lagi. Susunan stralagmit dan stalagtit yang mengagumkan merupakan daya tarik dari goa ini. Harga tiket masuk ke ngalau indah pun cukup terjangkau, sobat hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp. 5.000 saja. Bagi sobat yang tertarik akan wisata yang satu ini maka sobat bisa berkunjung ke desa Pakan Sinayan, Kecamatan Payakumbuh Barat, Kota Payakumbuh.

4. Kapalo Banda Taram

Kapalo banda taram menjadi wisata favorit bagi para pelancong karena mampu memanjakan mata dengan pemandangan hijaunya yang jarang di temui di kota. Di tempat ini sobat akan disajikan dengan pemandangan hijau sejuk yang dipadukan dengan luasnya bentangan sawah yang berlokasi tidak jauh dari hutan yang dipenuhi dengan pohon pohon rindang. Sebelum menjadi salah satu wisata andalan, kapalo banda taram dulunya merupakan saluran irigasi untuk mengairi areal persawahan dan sekitarnya. Akan tetapi setelah adanya pembangunan, tempat ini beralih fungsi menjadi tempat wisata. Tempat wisata yang satu ini berada di harau, taram, kecamatan payakumbuh, kabupaten lima puluh kota.

5. Padang Mangateh

Bagi sobat yang suka berfoto di luar ruangan sekaligus menikmati keindahan alam, maka berkunjung ke Padang Mangateh merupakan soluasi yang tepat. Padang Mangateh sendiri berlokasi di jalan padang mangatas, mungo, kecamatan luak, kabupaten lima puluh kota dan merupakan padang rumput yang memiliki luas sekitar 299 hektar. Di tempat ini sobat akan menemukan banyak sekali spot foto yang indah dan menawan. Selain cocok untuk aktifitas fotografi, padang mangateh juga cocok sebagai tempat piknik keluarga.

6. Bukit Kelinci

Meskipun objek wisata ini baru beroperasi tahun 2018, akan tetapi tempat yang satu ini sudah hits dan terkenal di kalagan wisatawan. Bukit Kelinci sendiri merupakan wisata edukasi anak-anak yang berkonsep alam. Di tempat ini pengunjung bisa menyaksikan peternakan kelinci yang memiliki desain ala eropa. Para pengunjung juga akan disuguhi dengan beragam spot foto menarik yang instagramable. Selain itu sobat juga bisa mendapati payung warna warni, kincir angin, dan beragam wahana menarik  lainnya. Lokasi dari bukit kelinci sendiri berada di Koto Tangah Batu Hampa, Kecamatan Akabiluru, Kabupaten Lima Puluh Kota.

7. Jembatan Ratapan Ibu

Tak hanya terkenal dengan keindahan alamnya saja, payakumbuh juga terkenal dengan wisata sejarahnya salah satunya yaitu Jembatan Ratapan Ibu terletak di Jalan Jend A Yani No.78, Daya Bangun, Kecamatan Payakumbuh Bar, Kabupaten Limapuluh Kota. Jembatan ini dibangun pada 1818 oleh pemerintah hindia belanda dengan teknik kerja paksa. Meskipun sudah berusia 200 tahun lebih, desain dari jembatan ini masih tetap terjaga dan kental dengan bangunan ala belanda. Malam hari merupakan waktu yang tepat untuk menikmati keindahan jembatan ini, karena di waktu tersebut jembatan ini akan dihiasi dengan lampu di setiap jalanya.

Komentar