Simak Objek Wisata Terbaru dan Terhits di Pagar Alam Sumatera Selatan

tempat wisata di pagar alam terbaru dan terhits

Pagar alam merupakan sebuah kota yang terletak di provinsi sumatera selatan yang terbentuk melalui undang-undang nomor 8 tahun 2001. Kota pagar alam dikenal sebagai kota terluas di provinsi sumatera selatan. Luas kota ini yakni sekitar 633,7 km². Secara geografi kota pagar alam dikelilingi oleh pegunungan bukit barisan dan berbatasan langsung dengan kabupaten lahat, muara enim, empat lawang, dan kaur. Meskipun memiliki wilayah yang luas, akan tetapi hanya ada 5 kecamatan di kota ini, yakni kecamatan dempo selatan, kecamatan dempo tengah, kecamatan dempo utara, kecamatan pagar alam selatan, dan kecamatan pagar alam utara.

Selain terkenal sebagai kota terluas di sumatera selatan, pagar alam juga terkenal akan keindahan alamnya. Ada banyak sekali tempat wisata indah yang sangat sayang untuk dilewatkan ketika berlibur ke kota ini. Meskipun jarak dari tempat wisata saling berjauhan karena wilayahnya yang luas akan tetapi hal tidak mengoyahkan para wisatawan yang berlibur ke pagar alam. Bagi sobat yang kebingunggan mencari destinasi wisata apa yang populer di kota ini, sobat tidak perlu khawatir. Di bawah ini merupakan deretan objek wisata terbaru dan terhits di pagar alam yang wajib untuk dikunjungi.

Simak Objek Wisata Terbaru dan Terhits di Pagar Alam Sumatera Selatan


1. Oziel Amazing Garden

Meski termasuk wisata baru karena dibuka tahun 2020 Oziel Amazing Garden menjadi salah satu tempat wisata terfavorit di kota pagar alam dan tidak pernah sepi akan pengunjung. Di tempat ini sobat bisa melihat berbagai jenis macam pohon dan tanaman yang indah, seperti celosia, bunga matahari, dan pohon-pohon rindang. Selain bisa melihat berbagai jenis macam tanaman dan pepohonan, sobat juga dapat menikmati hamparan perkebunan stroberi yang ditata dengan rapi. Berlibur ke taman wisata ini akan terasa lebih seru apabila sobat mengajak keluarga. Oziel Amazing Garden berlokasi di jalan pratu a rohi, reba tinggi, kecamatan dempo utara, kota pagar alam.

2. Tugu Pagar Alam Kota Bunga

Tugu Pagar Alam Kota Bunga merupakan salah satu ikon penting dari kota pagar alam. Lokasinya yang berdekatan dengan gunung dempo menjadikan alasan mengapa sobat harus datang ke tempat ini. Saat berada di tugu ini sobat akan disajikan dengan pemandangan indah dari tugu yang dikelilingi oleh bunga hias dengan penataan yang rapi. Selain pemandangan bunga hias sobat juga akan disajikan dengan hamparan kebun teh dan gunung dempo yang menjadi daya tarik tempat ini. Bagi sobat yang tertarik untuk datang ke Tugu Pagar Alam Kota Bunga sobat bisa datang ke alamatnya yaitu di Gunung Dempo, Kecamatan Pagar Alam Selatan, Kota Pagar Alam.

3. Tugu Rimau

Selain tugu pagar alam kota bunga, ada juga Tugu Rimau yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Tugu ini berlokasi di Gunung Dempo, Kecamatan Pagar Alam Selatan, Kota Pagar Alam dan berada di atas ketinggian 1800 meter diatas permukaan laut. Karena letaknya yang berada di atas ketinggian tentunya sobat bisa melihat berbagai pemandangan indah, seperti perkotaan, hutan yang hijau dan asri, serta keindahan matahari terbit dan terbenam. Jika sobat memiliki keberanian yang besar, maka sobat harus mencoba olahraga paralayang. Tak hanya itu, di tempat ini sobat juga dapat menemukan kebun teh yang asri hijau dan siap memanjakan mata.

4. Taman Agro Mr. D

Bagi sobat yang menyukai wisata jepang, sobat wajib banget untuk mengunjungi tempat ini. Taman Agro Mr. D merupakan sebuah taman yang berkonsep kejepang-jepangan karena di tempat ini sobat akan disambut dengan keindahan bunga sakura khas jepang yang bermekaran. Tak hanya itu, sobat juga bisa menemukan danau kecil serta rumah berbentuk segitiga yang selalu dijadikan lokasi foto prewedding dan kegiatan fotografi lainnya. Lokasi dari taman argo mr. d. berada di daerah pelang kenidai, kecamatan dempo tengah, kota pagar alam.

5. Air Terjun Maung

Wisata air terjun memang tidak seperti gunung dan pantai yang selalu ramai dipercincangkan, hal tersebut dikarenakan air terjun memiliki lokasi yang tersembunyi. Akan tetapi wisata air terjun memiliki keindahan yang tidak kalah jauh dengan pantai dan gunung. Salah satu air terjun yang indah dan ramai dibincangkan di pagar alam yakni Air Terjun Maung yang berlokasi di Trans SP II Padang Muara Dua, Kecamatan Gumay Ulu, Kota Pagar Alam. Berkunjung ke tempat ini sobat akan mendapatkan banyak pengalaman berharga. Kesejukan serta kealamian tempatnya menjadi daya tarik utama dari wisata yang satu ini.

6. Dempo Park

Di taman ini sobat akan disajikan dengan keindahan keindahan alam Gunung Dempo lengkap dengan taman bermain anak-anak serta memiliki spot foto yang instagramable. Untuk bisa menikmati keindahan tempat wisata ini sobat cukup mengeluarkan uang senilai Rp. 5.000 rupiah untuk harga tiket masuknya. Tiupa angin dingin serta udara sejuk segar siap menyambut sobat ketika menginjakan kaki di tempat ini. Selain itu sobat juga akan dibuat takjub dengan pemandangan taman bunga yang berada di tempat ini. Fasilitas di tempat wisata ini juga sudah menunjang dan bisa membuat para wisatawan betah. Dempo park terletak di Dempio Makmur, Kecamatan Pagar Alam Utara, Kota Pagar Alam.

7. Kampung Adat Rumah Baghi

Tak hanya semata-mata untuk wisata saja, berkunjung ke Kampung Adat Rumah Baghi juga bisa membuat sobat mendapatkan pengetahuan dan pengalaman berharga. Berlokasi di pagar wangi, kecamatan dempo utara, kota pagar alam, di Kampung Adat Rumah Baghi sobat bisa melihat bangunan rumah adat yang sudah berusia ratusan abad namun masih tetap berdiri kokoh. Masyarakat setempat menyebut rumah ini sebagai Ghumah Baghi atau Rumah Baghi. Salah satu daya tarik dari tempat ini yaitu bentuk bangunanya yang unik dan langka serta lokasinya yang berada di tengah pesawahan.

Komentar