7 Objek Wisata Sawahlunto Terbaru yang Lagi Populer

tempat wisata populer di sawahlunto

Sawahlunto merupakan sebuah kota di sumatera barat yang dikelilingi oleh 3 kabupaten, yakni kabupaten tanah datar, kabupaten sijunjung, dan kabupaten solok. Luas kota sawahlunto sendiri terbilang cukup luas yaitu sekitar 273,4 km² yang kemudian terbagi menjadi 4 kecamatan. Meskipun memiliki wilayah yang luas, akan tetapi jumlah penduduk kota ini tidak tidak terlalu banyak. Diketahui pada tahun 2021 lalu jumlah penduduk kota ini kurang lebih sekitar 66.962 jiwa. Kota sawahlunto sendiri merupakan daerah yang memiliki ketinggian yang cukup bervariasi, mulai dari 250 meter sampai dengan 650 meter di permukaan laut.

Meskipun nama kota ini jarang terdengar, akan tetapi kota sawahlunto menjadi salah satu kota terbaik di indonesia. Memiliki segundang destinasi wisata yang unik dan ciamik menjadikan kota ini ramai dikunjungi oleh para pendatang. Selain itu karena merupakan salah satu kota yang cukup bersejarah, maka sobat juga akan menemukan banyak sekali bangunan-bangunan  tua peninggalan belanda yang kini dijadikan cagar budaya oleh pemerintah setempat. Bagi sobat yang penasaran dengan objek wisata apa saja yang populer di sawahlunto, berikut ini deretan tempat wisata di sawahlunto terbaru yang lagi populer.

7 Objek Wisata Sawahlunto Terbaru yang Lagi Populer


1. Perbukitan Cadas Danau Kandih

Salah satu tempat yang wajib banget sobat kunjungi saat berada di sawahlunto ialah Perbukitan Cadas Danau Kandih. Selain dibuat takjub dengan pesona danau kandih yang memiliki air biru menawan yang bersumber dari sungai batanghari, sobat juga akan dibuat terkagum-kagum dengan pemandangan perbukitan cadas yang merupakan bekas area pertambangan. Beberapa aktifitas yang bisa sobat lakukan saat berada di tempat ini diantaranya memancing, bermain banana boat, sepeda air, outbond, dan hunting foto. Tempat wisata yang satu ini berlokasi di Sijantang Koto, Kecamatan Talawi, Kota Sawah Lunto.

2. Museum Kereta Api

Bagi sobat yang suka dan tertarik untuk mempelajari sejarah-sejarah di masa lalu, maka tempat yang satu ini menjadi rekomendasi yang paling utama. Museum Kereta Api sendiri berada di jalan Ahmad Yani, Teleng, Pasar, Kecamatan Lembah Segar, Kota Sawah Lunto. Di tempat ini sobat akan mendapati banyak sekali kereta api, salah satunya yaitu kereta api pertama yang ada di sawahlunto dan sudah ada sejak zaman hindia belanda. Selain itu sobat juga bisa menikmati keindahan arsitektur belanda yang masih terjaga dengan baik hingga saat ini.

3. Lubang Mbah Soero

Sebelum menjadi objek wisata yang populer, Lubang Mbah Soero dulunya merupakan tambang batu bara. Memiliki panjang sekitar 1,5 km menjadikan tempat ini cocok dikunjungi bagi sobat yang suka dengan teka-teki dan suasana yang mendebarkan. Sobat tidak perlu khawatir akan keamanan tempat ini karena pemerintah sudah mengelola tempat ini dengan baik, seperti pembangunan anak-anak tangga untuk memudahkan para wisatawan yang datang dalam mencapai area sekitarnya. Bagi sobat yang cukup tertarik untuk berjelajah di tempat ini, maka sobat bisberkunjung langsung ke alamatnya yaitu di jalan abdurrahman hakim, tanah lapang, kecamatan lembah segar, kota sawah lunto.

4. Danau Biru

Danau Biru menjadi tempat wisata berikutnya yang populer di sawahlunto. Danau yang berlokasi di Tumpuak Tangah, Kecamatan Talawi, Kota Sawah Lunto ini dulunya merupakan tempat galian batubara. Meskipun bukan wisata alami, danau ini sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan terutama di akhir pekan dan libur panjang. Sayangnya untuk menikmati keindahan danau biru ini sobat harus menempuh perjalanan yang cukup sulit berupa bebatuan.  Meskipun memiliki akses yang cukup sulit, hal tersebut bukanlah sebuah penghambat untuk wisatawan yang akan datang ke danau ini.

5. Puncak Cemara

Selain disuguhkan oleh pemandangan alam yang memanjakan mata, sobat juga akan disuguhkan oleh keindahan pohon cemara yang rimbun dan tertata dengan rapi. Tempat wisata yang satu ini berlokasi di Saringan, Kecamatan Barangin, Kota Sawah Lunto. Karena suasana alamnya yang menyejukan dan tenang, banyak wisatawan dan pengunjung setempat menjadikan tempat ini sebagai objek wisata keluarga. puncak cemara juga menyimpan banyak sekali wahana-wahana seru dan memacu adrenalin, terbaru ada ayunan cemara yang memberikan sensasi nano-nano bagi siapa yang mencobanya.

6. Tawan Satwa Kandih

Tawan Satwa Kandih terletak di Jalan Dt. nan sambilan, barangin, sijantang koto, kecamatan talawi, kota sawahlunto daa merupakan objek wisata keluarga yang wajib dikunjungi saat akhir pekan. Sama halnya danau, biru, taman ini juga dulunya merupakan area penambangan. Banyak hal seru yang bisa sobat lakukan bersama keluarag maupun teman saat berada di taman ini, beberapa diantaranya yaitu flaying fox, paintball, dan wahana air. Di tempat ini sobat bisa melihat dan mengamati beberapa satwa yang hidup dan dirawat dengan baik, ada sekitar 108 satwa yang hidup di taman ini.

7. Bukit Teletubbies

Nama tempat wisata yang satu ini cukup femiliar karena ramai diperbincangkan di berbagai media, hanya ada beberapa daerah saja yang memiliki wisata Bukit Teletubbies salah satunya yaitu kota sawahlunto. Si bukit ini sobat akan disajikan dengan pemandangan alam yang indah tiada hentinya terutama pada sore hari menjelang matahari terbenam. Suasana romatis yang tersaji menjadikan tempat ini cocok dinikmati bersama pasangan. Lokasi dari Bukit Teletubbies sendiri berada di kolok nan tuo, kecamatan barangin, kota sawahlunto.

Belum ada Komentar untuk "7 Objek Wisata Sawahlunto Terbaru yang Lagi Populer"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel