Simak Objek Wisata di Kota Pariaman Terbaru yang Wajib Dikunjungi

objek wisata di kota pariaman

Pariaman merupakan kota yang terletak di pesisir pantai provinsi sumatera barat. Kota ini memiliki luas wilayah sekitar 73,36 km². Pada tahun 2021 lalu, jumlah penduduk kota pariaman yakni kurang lebih sebanyak 95.919 jiwa. Kota pariaman merupakan daerah hamparan dataran rendah yang beriklim tropis basah yang sangat dipengaruhi oleh angin barat dan memiliki bulan kering yang sangat pendek. Kota ini terbagi menjadi 4 kecamatan yang diantaranya kecamatan pariaman selatan, pariaman tengah, pariaman utara, dan pariaman timur. Jika sobat suka mempelajari budaya daerah setempat maka sobat mungkin kenal dengan kota pariaman, karena kota ini terkenal dengan perayaan tabuiknya.

Selain terkenal akan perayaan tabuiknya, kota pariaman juga terkenal dibidang pariwisatanya, bahkan setiap tahunnya kota ini sering menjadi kunjungan para wisatawan. Di kota ini sobat bisa mendapati destinasi wisata yang beragam, mulai dari wisata budaya, wisata alam, wisata kuliner, wisata religi, dan destinasi wisata lainnya. Beberapa tempat wisata di pariaman lokasinya sangat strategis sehingga mudah di jangkau dari berbagai arah. Sangat kurang rasanya jika sobat berkunjung ke sumatera barat tanpa mampir ke kota ini. Bisa sobat simak dibawah ini objek wisata di kota pariaman terbaru yang wajib dikunjungi.

Simak Objek Wisata di Kota Pariaman Terbaru yang Wajib Dikunjungi


1. Pantai Kata Pariaman

Pantai Kata Pariaman merupakan tempat yang wajib banget untuk sobat kunjungi. Tempat wisata yang satu ini berlokasi di Taluk, Karan Aur, Kecamatan Pariaman Tengah, Kota Pariaman ini merupakan tempat wisata yang cukup populer dan banyak dikunjungi wisatawan. Selain disuguhkan dengan panorama alamnya yang memukau, sobat juga akan disambut dengan hutan pinus yang rindang saat menginjakan kaki di pantai ini. Hutan pinus tersebut dibangun untuk menahan abrasi. Perpaduan antara pasir putih yang lembut dan air lautnya yang jernih serta keindahan biota lautnya yang beragam menjadikan wisatawan banyak yang jatuh hati dengan tempat ini.

2. Taman Orang Pariaman

Meskipun merupakan wisata baru, akan tetapi Taman Orang Pariaman sudah ramai diperbincangkan oleh banyak orang. Taman ini dibangun berkat kreaktifitas pemuda-pemudi setempat dengan memanfaatkan barang-barang bekas yang tak terpakai. Barahng-barang bekas tersebut diolah oleh pemuda-pemudi setempat menjadi yang bernilai. Banyak wisatawan yang datang ke taman ini untuk berfoto sekaligus penasaran dengan tempatnya. Karena lokasinya yang berdekatan dengan pantai, sobat juga akan merasakan suasana yang sejuk. Bagi sobat yang tertarik untuk mengunjungi taman ini sobat bisa datang ke Pasir, Kecamatan Pariaman Tengah, Kota Pariaman.

3. Pulau Kasiak

Tempat wisata berikutnya yang wajib sobat kunjungi ialah Pulau Kasiak. Pulau ini cocok dikunjungi bagi sobat yang ingin melepas penat akan suasana perkotaan. memiliki kondisi alam yang masih terjaga serta pasir putih pantai yang bersih dan air laut yang jernih menjadi daya tarik akan tempat wisata yang satu ini. Selama di pulau ini, sobat juga bisa melihat penyu, mengingat pulau kasiak merupakan habitat para penyu. Ada beberapa jenis penyu yang bisa sobat lihat, diantaranya penyu sisik dan penyu belimbing. Lokasi pulau kasiak sendiri berada di Patamuan, Kampung Perak, Kecamatan Pariaman Tengah, Kota Pariaman.

4. Muara Manggung

Bagi sobat yang hobi berfoto dan kerap mencari tempat-tempat yang indah dan menarik, maka berkunjung ke Muara Manggung merupakan pilihan yang tepat. Banyak sekali lokasi spot yang indah dan menarik di tempat ini yang sudah di konsep dan di atur oleh petugas. Berbeda dengan rawa-rawa lainnya yang kotor, Muara Manggung merupakan sebuah rawa yang bersih dan nyaman. DI tempat ini sobat juga bisa melakukan aktifitas seru seperti menyusuri daerah rawa menggunakan perahu layar. Muara manggung terletak di Manggung, Kecamatan Pariaman Utara, Kota Pariaman.

5. Taman Hutan Mangrove Pariaman

Saat ini banyak wisatawan yang menyukai objek wisata hutan mangrove. Bukan hanya di kalangan anak muda saja, kini wisata mangrove sudah populer di berbagai usia. Taman Hutan Mangrove Pariaman merupakan tempat yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Selain disuguhkan oleh keindahan hutan bakaunya, sobat juga bisa sedikit belajar saat mengunjungi tempat ini. Jika sobat beruntung, sobat juga bisa bertemu dengan hewan-hewan yang langsa. Taman mangrove juga dikenal sebagai tempat perkembangbiakan penyu. Banyak sekali penyu yang dikembangbiakan dengan tujuan untuk menghindari kepunahan karena penyu merupakan hewan yang langka.

6. Rumah Tabuik Pasa

Jika sobat menyukai jalan-jalan dan berfoto, maka berkunjung ke Rumah Tabuik Pasa merupakan soluasi yang tepat. Karena di sana sobat bisa melihat beberapa gaya perumahan yang umum terdapat di kota pariaman. Selain itu di tempat ini juga terdapat taman cantik yang sering kali digunakan sebagai tempat berfoto. Wisata rumah tabuik pasa sangat cocok dikunjungi bersama keluarga di akhir pekan. Bagi sobat yang tertarik untuk berkunjung kesini sobat bisa datang ek alamatnya yaitu di Cimparuh, Kecamatan Pariaman Tengah, Kota Pariaman.

7. Tapian Puti

Tapian Puti menjadi objek wisata terakhir yang wajib sobat kunjungi selama berlibur di kota pariaman. Berlokasi di Sungai Buluh, Kecamatan Batang Anai, Kota Pariaman, sungai puti merupakan sebuah pemandian yang terbentuk secara alami. Terdapat 7 tingkatan pemandian yang terbentuk secara alami, semakin ke atas tentunya semakin sulit dan membutuhkan perjuangan yang lebih. Pemandian ini juga memiliki air panas dengan tingkat panas yang berbeda-beda. Selain cocok untuk merilekan tubuh, air panas juga baik untuk kesehatan terutama untuk kesehatan kulit.

Komentar