Deretan Tempat Wisata di Solok Sumatera Barat Terbaru

tempat wisata di solok terbaru

Solok adalah sebuah kota yang terletak di sumatera Barat, kota ini memiliki luas sekitar 57,64 km² dan masuk dalam deretan kota terkecil di indonesia. Letak kota solok sendiri dikatakan sangat strategis, karena letaknya yang berada di persimpangan jalan antar provinsi dan antar kota/kabupaten. Solok juga menjadi tempat persinggahan bagi orang-orang yang sedang melakukan perjalanan ke kota padang. Kota ini hanya terbagi menjadi 2 kecamatan, yaitu kecamatan lubuk sikarah dan kecamatan tanjuntg harapan. Pada tahun 2021 lalu, jumlah penduduk kota solok diketahui sebanyak 76.272 jiwa dengan angka kepadatan penduduk sekitar 1,300/km2.

Beberapa orang mungkin sudah mengetahuinya bahwa kota solok dijuluki sebagai kota beras, hal tersebut dikarenakan kota ini mempunyai beras berkualitas unggul. Selain itu kota solok juga terkenal dalam bidang pariwisatanya, wisata yang cukup menonjol di kota ini hanya dua yaitu wisata alam dan wisata sejarah/budaya. Kedua macam wisata tersebut menjadi andalan kota solok dan ramai dikunjungi oleh wisatawan. Para wisatawan yang datang ke kota ini selain disuguhi oleh pemandangan alam yang indah mereka juga bisa sedikit belajar akan budaya dan sejarah yang ada di kota ini. Berikut ini deretan tempat wisata di kota solok terbaru yang sayang untuk dilewatkan.

Deretan Tempat Wisata di Solok Sumatera Barat Terbaru


1. Masjid Agung Al-Muhsinin

Bagi sobat yang sedang berada dalam perjalanan panjang dan melewati kota ini, maka tak ada salahnya untuk menepi dan beristirahat sejenak di Masjid Agung Al-Muhsinin. Sobat akan di buat terpesona dengan desain yang megah pada masjid ini serta memiliki nilai histori yang begitu tinggi. Masjid Agung Al-Muhsinin digadang-gadang menjadi masjid paling megah di sumatera barat, berkunjung ke masjid ini merupakan suatu momen langka yang sayang untuk dilewatkan. Lokasi dari Masjid Agung Al-Muhsinin berada di Jalan Datuk Perpatih Nan Sebatang, Aro IV Korong, Kecamatan Lubuk Sikarah, Kota Solok.

2. Puncak Bukit Cambai

Bagi sobat yang memiliki hobi mendaki gunung, maka berkunjung ke Puncak Bukit Cambai merupakan pilihan yang tepat sekaligus menjadi rekomendasi paling utama. Tempat wisata yang satu ini berlokasi di Sungai Nanam, Kecamatan Lembah Gumanti, Kota Solok. Untuk bisa sampai ke puncaknya dan menikmati pemandangan yang tersaji sobat harus berjalan kaki sejauh 500 meter, bagi sobat yang mals untuk berjalan kaki sobat juga bisa menyewa ojek gunung yang siap mengantarkan ke puncak. Saat sampai di atas puncak sobat akan dibuat takjub dengan sajian pemandanganya berupa danau-danau yang mengelilingi sekitar perbukitan.

3. Laing Park

Wisata berikutnya yang wajib sobat kunjungi ialah Laing Park. Meskipun masih tergolong wisata baru akan tetapi tempat ini sudah cukup dikenal di kalangan wisatawan. Salah satu faktor yang menjadikan tempat ini populer yaitu karena banyaknya spot foto menarik, seperti Jembatan Gantung dari Kayu dan Rumah Pohon yang memiliki tinggi 10 meter. 2 Tempat tersebut menjadi lokasi favorit berfoto bagi wisatawan yang berkunjung ke sini. Sayangnya untuk bisa sampai ke tempat ini sobat harus melalui perjuagan yang berat. Laing park sendiri berlokasi di jalan bahar hamid, laing, kecamatan tanjung harapan, kota solok.

4. Air Terjun Sarasah Batimpo

Meskipun tidak sepopuler gunung dan pantai, wisata air terjun memiliki daya tariknya tersendiri dalam menarik para wisatawan. Kota solok memiliki wisata air terjun yang cukup banyak, salah satu air terjun yang ramai diperbincangkan dan ramai dikunjungi pengunjung yaitu Air Terjun Sarasah Batimpo. Air terjun yang berlokasi di Laing, Kecamatan Tanjung Harapan, Kota Solok ini  menawarkan bentang alamnya yang elok dengan warna air yang sangat jernih. Bermain air merupakan aktifitas seru yang bisa sobat lakukan saat berada di air terjun, tak lupa juga untuk berfoto saat berada di tempat ini agar sobat tidak menyesal.

5. Taman Kota Arosuka

Taman ini berlokasi di Koto Gaek Guguak, Kecamatan Gunung Talang, Kota Solok, dan dibangun dengan nuansa alam yang menakjubkan. Akhir pekan merupakan momen yang tepat untuk berlibur dan menghabiskan waktu di taman ini. Berkunjung ke taman ini akan terasa menyenangkan jika sobat mengajak keluarga, sahabat ataupun pasangan. Untuk harga tiket masuk wisata ini tidak mahal, sobat hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp. 10.000 saja. Selain disajikan dengan nuansa alamnya yang indah sobat juga akan dibuat takjub dengan kebersihan, kerapian dan kenyamanan taman ini.

6. Aie Angek Bukik Kili

Setelah berkeliling seharian untuk wisata ke beberapa tempat, tentunya membuat badan menjadi lelah dan capek. Rasa lelah dan capek tersebut bisa hilang dalam sekejap saat sobat berkunjung ke Aie Angek Bukik Kili. Berlokasi di Jalan Lintas Sumatera, Koto Baru, Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok, Aie Angek Bukik Kili merupakan sebuah pemandian air panas. Selain bisa merilekan tubuh dan menghilangkan rasa lelah, berendam di air panas juga memiliki banyak manfaat salah satunya untuk kesehatan kulit.

7. Danau Singkarak

Danau Singkarak menjadi tempat wisata terakhir yang wajib sobat kunjungi. Nama danau singkarak sendiri sudah cukup dikenal oleh masyarakat indonesia. Bahkan banyak wisatawan mancanegara yang datang ke danau ini karena penasaran dengan sajian pemandanganya. Danau yang berlokasi di Kecamatan X Koto Singkarak, kabupaten Solok ini menawarkan pemandangan air dan hamparan pepohonan yang menyejukkan. Sobat juga bisa melakukan aktifitas seru selama berada di danau ini, dianataranya yaitu memancing dan mengelilingi danau dengan perahu tradisional. Bagi sobat yang penat dan bosan dengan suasana perkotaan, berkunjung ke danau singkarap merupakan pilihan yang tepat.

Komentar