Deretan Tempat Wisata di Bukittinggi Terbaru 2022 yang Viral

tempat wisata di bukittinggi terbaru

Banyak fakta dan hal menarik mengenai kota bukittinggi, diantaranya pernah menjadi ibukota indonesia pada masa pemerintahan darurat republik indonesia, selain itu kota ini juga pernah menjadi ibukota dari provinsi sumatra dan sumatra tengah. Kota yang dikelilingi oleh dua gunung ini menjadi kota dengan perekonomian terbesar kedua di provinsi sumatra barat. Sebagian besar masyarakat indonesia mengenal bukittinggi sebagai kota perjuangan bangsa sekaligus menjadi tempat kelahiran tokoh-tokoh penting di indonesia seperti muhammad hatta dan assaat.

Kota bukittinggi masuk kedalam daftar kota terkecil di indonesia, luas wilayah kota bukittinggi sendiri yakni sekitar 25,24 km². Meskipun luas kota ini terbilang kecil, akan tetapi jumlah penduduk kota bukittinggi cukup banyak, pada tahun 2021 lalu jumlah penduduk kota bukittinggi yakni sekitar 128.944 jiwa sekaligus membuat angka kepadatan penduduk kota ini tinggi.

Karena letaknya yang berada diantara dua pegununggan menjadikan kota bukittinggi memiliki banyak destinasi wisata indah dan menawan. Sangat disayangkan apabila sobat tidak mengunjungi satu tempat wisatapun saat berkunjung ke kota ini. Maka dari itu bagi sobat yang kebingunggan mencari destinasi wisata apa saja yang populer dan sedang viral di kota ini, dibawah ini merupakan deretan tempat wisata di bukittinggi terbaru yang populer dan viral di tahun 2022.

Deretan Tempat Wisata di Bukittinggi Terbaru 2022 yang Viral


1. Taman Monumen Bung Hatta

Bagi sobat yang mencari spot foto indah dan menawan di kota bukittinggi maka Taman Monumen Bung Hatta merupakan tempat yang tepat. Pasalnya keindahan taman ini sudah tidak perlu dipertanyakan lagi, bunga-bunga yang tersusun rapi memberikan kesan tersendiri akan taman ini. Taman Monumen Bung Hatta terletak di jalan Benteng Ps. Atas, Kecamatan Guguk Panjang, Kota Bukittinggi dan di bangun dengan tujuan untuk mengenang bung hatta atas upayanya yang memperjuangkan negara indonesia. Di taman ini juga terdapat Patung Perunggu Bung Hatta, yang berdiri tegak dengan peci dan berkaca mata.

2. Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan

Berwisata sekaligus belajar bisa sobat dapatkan saat berkunjung ke Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan  yang terletak di Jalan Cindua Mato, Benteng Ps. Atas, Kecamatan Guguk Panjang, Kota Bukittinggi. Tempat wisata yang satu ini merupakan kebun binatang yang cukup legendaris di indonesia. Hewan-hewan yang berada di kebun binatang ini merupakan hewan yang berasal dari pulau sumatra.

Selain mengenal berbagai macam hewan, sobat juga bisa menemukan rumah adat Minangkabau serta jembatan Limpapeh yang terdapat di kebun binatang ini. Mengajak keluarga berlibur ke tempat ini di akhir pekan merupakan hal yang tepat, selain untuk menjaga kedekatan sobat juga bisa mengenalkan berbagai macam hewan kepada sikecil agar wawasan mengenai hewan bertambah.

3. Taman Panorama Bukittinggi

Saat akan datang ke tempat ini pastikan untuk mengajak pasangan, karena sebagian besar yang datang ke tempat ini merupakan anak muda yang membawa pasanganya. Suasana romantis yang tersaji di tempat ini merupakan alasan utama sobat harus mengajak pasangan ke tempat ini. Sobat akan disuguhkan dengan keindahan Ngarai Sianok terlihat dengan jelas di tempat ini. Selama perjalanan ke tempat ini sobat juga akan disuguhkan dengan pepohonan rindang yang menghiasi jalan. Tempat wisata ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti gazebo, gardu pandang, warung-warung, dan failitas umum lainnya.

4. Jam Gadang

Jam Gadang merupakan bangunan yang cukup tua karena bangunan ini sudah ada sejak zaman hindia belanda. Secara tidak langsung bangunan ini juga menjadi simbol bagi kota bukittinggi. Bangunan yang memiliki ketinggian 26 meter ini terletak di Jalan Benteng Ps. Atas, Kecamatan Guguk Panjang, Kota Bukittinggi dan berdiri di tengah Taman Sabai Nan Aluih. Jam gadang di buat dengan campuran komposisi yang unik, diantaranya batu kapur, putih telur, dan pasir. Perlu sobat ketahui bahwa arsitektur yang mendesian bangunan ini merupakan orang asli indonesia yang berasal dari minangkabau, orang tersebut bernama Jazid Rajo Mangkuto Sutan Gigih Ameh.

5. Lembah Ngarai Sianok

Terletak di Taman Panorama, Kayu Kubu, Kecamatan Guguk Panjang, Kota Bukittinggi Lembah Ngarai Sianok merupakan tempat yang cukup menjanjikan untuk dikunjungi. Selain akan dibuat takjub oleh keadaan alamnya yang masih asri sobat juga akan dibuat nyaman dengan suasana yang terkandung di tempat ini. Untuk sobat yang suka penjelajahan tempat yang satu ini menjadi rekomendasi paling utama untuk dikunjungi. Jika sobat beruntung sobat juga mendapati berbagai macam hewan seperti monyet dan burung yang hidup di kawasan lembah ini.

6. Rumah Pohon Inyiak

Berkunjung ke kota bukittinggi rasanya ada yang kurang jika sobat melewatkan tempat wisata yang satu ini. Selain dibuat terpukau oleh hamparan sungai yang berliku di dasr lembah sobat juga akan terpesona dengan rumah-rumah yang ada di tempat ini yang memiliki desain yang unik. Rumah Pohon Inyiak terletak di Jalan Kayu Kubu, Kecamatan Guguk Panjang, Kota Bukittinggi dan merupakan wisata baru yang langsung menjadi buah bibir di kalangan wisatawan. Berbagai macam wahana akan sobat dapati saat berada di tempat ini, diantaranya rumah rumput, konservasi fauna, rumah adat, dan fasilitas pendukung lainnya.

7. Bukit Ngarai Takuruang

Bukit Ngarai Takuruang merupakan tempat wisata terakhir yang bisa sobat masukan dalam list daftar tempat yang akan sobat kunjungi. Berlokasi di Taman Panorama, Kayu Kubu, Kecamatan Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, bukit ini juga masih satu kawasan dengan lembah ngarai sianok. Maka dari itu tidak perlu diragukan lagi akan sajian panorama alamnya yang indah dan menawan. Bagi sobat yang menyukai camping, tempat ini merupakan pilihan yang tepat. Sobat bisa menjumpai berbagai pemandangan indah saat berada di bukit ini, seperti pemandangan malam hari kota yang dihiasi dengan lampu, sunset dan sunrise.

Komentar