Deretan Objek Wisata di Sorong Papua Barat Terbaik dan Paling Hits Dikunjungi

Deretan Objek Wisata di Sorong Papua Barat Terbaik dan Paling Hits Dikunjungi

Sorong merupakan sebuah kota yang terletak di provinsi papua barat. Kota ini merupakan kota terbesar di provinsi papua barat dan kota terbesar kedua di provinsi papua indonesia dengan luas wilayah sekitar 1.105 km². Meskipun mempunyai wilayah yang luas, akan tetapi jumlah penduduk di kota ini tidak sebanyak di kota-kota besar lainnya. Pada tahun 2021 lalu, diketahui jumlah penduduk di kota sorong yakni sebanyak 282.146 jiwa dengan angka kepadatan penduduk yakni sekitar 429/km2. Seperti yang kita ketahui bahwa provinsi papua terkenal akan sumber daya alamnya yang melimpah, salah satunya adalah di kota sorong. Kota ini menjadi salah satu kawasan industri, perdagangan, dan jasa yang ada di provinsi papua barat.

Selain terkenal akan sumber daya alamnya yang melimpah, kota-kota di papua juga terkenal akan tempat wisatanya yang cukup indah dan mengagumkan salah satunya yang ada di kota sorong. Kota ini mempunyai segudang wisata yang menjadi tempat favorit bagi wisatawan saat berlabuh di tanah papua. Bukan hanya wisata lokal saja, akan tetapi cukup banyak wisatawan mancanegara yang berlabuh ke kota ini untuk berlibur sembari menikmati alam papua. Bagi sobat yang ingin mengetahui langsung tentang tempat wisata terbaik apa saja yang ada di papua, maka bisa sobat simak di bawah ini deretan objek wisata di sorong terbaik dan paling hits untuk dikunjungi.

Deretan Objek Wisata di Sorong Papua Barat Terbaik dan Paling Hits Dikunjungi


1. Wisata Alam Sorong

Tempat wisata pertama yang wajib untuk sobat kunjungi saat berada di kota sorong adalah wisata alam sorong. Tempat wisata ini sangat direkomendasikan bagi sobat yang mempunyai hobi berpetualang. Sobat juga dapat melihat dan mengenal berbagai jenis tumbuhan yang ada di tempat ini karena merupakan kawasan hutan lindung. Suasana alam yang dihadirkan dapat membuat sobat nyaman dan juga betah saat berada di tempat ini. Salah satu kegiatan yang cukup populer di tempat ini adalah berkemah dan outbond. Bagi sobat yang tertarik untuk berkunjung ke tempat wisata ini, sobat bisa datang langsung ke alamatnya di Klasaman, Kecamatan Sorong Timur, Kota Sorong.

2. Puncak Arfak

Puncak Arfak merupakan salah satu wisata dataran tinggi yang menyuguhkan pemandangan lanskap Kota Sorong dari atas puncak yang tinggi dihiasi dengan lautan serta pohon-pohon hijau disekitarnya. Tempat wisata yang satu ini terletak di Jalan Puncak Arfak No. 22, Klasuur, Klabala, Kecamatan Sorong Barat, Kota Sorong. Selain menikmati pemandangan kota sorong dari atas puncak, sobat juga bisa membeli berbagai oleh-oleh saat berada di puncak ini karena di puncak ini terdapat beberapa penjual seperti pakaian dan akseroris yangsiap untuk dijadikan sebagai buah tangan.

3. Pantai Tanjung Kasuari

Tak hanya terkenal akan wisata alamnya saja, sorong juga terkenal akan wisata baharinya yang memiliki keindahan luar biasa. Salah satu pantai yang cukup terkenal dan banyak dikunjungi oleh pengunjung adalah Pantai Tanjung Kasuari. Pantai ini berlokasi di Tanjung Kasuari, Distrik Sorong Barat, Kota Sorong. Di pantai ini juga terdapat beberapa pohon kelapa berjejer sehingga membuat suasana di pantai ini terasa teduh dan rindang. Tak hanya menjadi tempat wisata favorit bagi wisatawan lokal saja, banyak wisatawan mancanegara juga yang datang ke pantai ini untuk menikmati keindahanya.

4. Pulau Buaya

Sorong juga merupakan sebuah kota yang memiliki berbagai wisata pulau yang unik dan indah salah satunya adalah pulau buaya. Bagi sobat yang baru pertama kali mendengar nama pulau ini mungkin sobat berpikir bahwa pulau buaya merupakan tempat tinggal untuk hewan buaya. Akan tetapi hal tersebut tidaklah benar, alasan mengapa pulau ini disebut sebagai pulau buaya adalah karena bentuk pulaunya yang menyerupai buaya apabila dilihat dari kejauhan. Lokasi pulau ini sendiri berada di Kecamatan Sorong Kepulauan, Kota Sorong. Banyak hal seru yang bisa sobat lakukan selama berada di pulau ini, diantaranya bermain ATV, dan bermain bola pantai.

5. Pantai Dofior

Selain berkunjung ke pantai tanjung kasuari, tak lupa juga untuk berkunjung ke pantai dofior yang juga merupakan salah satu tempat wisata favorit di kota sorong. Lokasi dari pantai dofior sendiri juga berdekatan langsung dengan salah satu tempat wisata lainya yang ada di kota sorong yakni tembok berlin, jadi sobat bisa melihat keindahan dari pantai dofior ini dari tembok berlin. Akan tetapi bagi sobat yang ingin menikmati langsung keindahan dari pantai ini sobat bisa datanglangsung ke lokasinya di Jalan Dr. Sam Ratulangi No.35, Klabala, Kecamatan Sorong Barat, Kota Sorong.

6. Sungai Kohoin

Tempat wisata terakhir yang menjadi rekomendasi untuk dikunjungi adalah Sungai Kohoin yang berlokasi di Klablim, Kecamatan Sorong Selatan, Kota Sorong. Selain terkenal akan kerjenihan airnya, sungai ini juga memiliki daya tarik lainya yakni terdapat air terjun mini yang terlihat unik. Banyak wisatawan luar kota yang datang ke tempat ini untuk menikmati langsung keindahan dari sungai kohein. Hal yang sering biasa wisatawan lakukan saat berada di tenpat ini adalah menyelam, berenang, dan melakukan permainan air lainnya.

Komentar