9 Tempat Wisata Terbaik di Jayapura 2022

9 Tempat Wisata Terbaik di Jayapura 2022

Nama jayapura sendiri sudah tidak asing lagi bagi masyarakat indonesia karena jayapura sendiri merupakan salah satu kota terbesar yang ada di indonesia sekaligus menjadi ibukota dari provinsi papua. Letak kota jayapura sendiri berada di paling timur negara indonesia dan berbatasan langsung dengan negara tetangga yakni papua nugini yang terletak di selat jayapura. Kota ini didirikan oleh seorang kapten dari kerajaan belanda di tahun 1910 yang bernama F.J.P. Sachse. Akan tetapi saat itu nama kota ini bukan jayapura malainkan Hollandia. Luas wilayah kota jayapura sendiri cukup luas, yakni sekitar 940 km² serta memiliki jumlah populasi sebanyak 362.998 jiwa.

Kota jayapura terkenal akan kekayaan alamnya yang melimpah, mulai dari hasil laut, hasil tani dan kebun hingga hasil tambangnya. Selain itu kota ini juga terkenal akan destinasi wisatanya yang mendunia. Banyak wisatawan mancanegara berdatangan ke kota ini untuk menikmati keindahan alam dari kota jayapura. Tak hanya itu, mereka juga ingin mengenal tentang budaya, kesenian, dan adat yang ada di kota jayapura yang beberapa diantaranya terkenal hingga ke belahan dunia. Bagi sobat yang juga sedang mencari tempat wisata terbaik yang ada di jayapura, maka bisa sobat simak di bawah ini merupakan deretan tempat wisata terbaik yang ada di jayapura tahun 2022.

9 Tempat Wisata Terbaik di Jayapura 2022


1. Danau Imfote

Tempat wisata pertama yang wajib banget sobat kunjungi saat berada di kota jayapura adalah Danau Imfote atau yang biasa dikenal juga dengan sebutan danau love. Danau ini terletak di Atabar, Distrik Ebungfau, Kota Jayapura dan merupakan salah satu tempat wisata terkenal di kota jayapura. Bagi sobat yang penat dan bosan dengan suasana perkotaan dan ingin merasakan suasana tenang dan damai, maka berkunjung ke danau ini merupakan salah satu hal yang harus sobat lakukan. Sobat akan dimanjakan dengan bentangan padang rumput hijau yang elok. Pastikan untuk membawa cemilan tikar dan makanan ringan lainnya saat berkunjung ke tempat ini agar suasana piknik dapat terasa dengan baik.

2. Puncak Jayapura City

Di kota jayapura terdapat beberapa perbukitan yang menawarkan pemandangan dan panorama alam yang luar biasa indah. Salah satu dataran tinggi atau perbukitan yang sering dikunjungi oleh para wisatawan di kota jayapura adalah Puncak Jayapura City. Tempat wisatatersebut berlokasi di Ardipura, Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura. Di puncak ini sobat akan disajikan dengan keindahan alam berupa area perbukitan, perkotaan dan lautan yangmembentang luas yang membuat siapapun betah dan takjub dengan pemandangan tersebut. Tak hanya siang dan sore hari, sobat juga bisa datang ke bukit ini pada malam hari di saat kota sekitar sudah di hiasi oleh berbagai lampu.

3. Air Terjum Cylop

Air Terjum Cylop merupakan salah satu tempat wisata yang cukup tersembunyi karena letaknya berada di daerah pegunungan Cylop atau lebih tepatnya di Sereh, Distrik Sentani, Kota Jayapura. Untuk sampai ke lokasinya pun sobat memerlukan sedikit perjuangan karena sobat akan melewati berbagai jalan yang cukup terjal. Meskipun begitu sobat tidak akan dibuat kecewa dengan pemandangan dan panorama alam yang berada di sekitar air terjun ini. Sobat akan dibuat takjub dengan Pemandangan alam yang asri berupa pepohonan rimbun yang berpadu dengan bebatuan.

4. Pantai Tablanusu

Tempat wisata terbaik selanjutnya di jayapura adalah pantai tablanusu. Pantai ini berlokasi di Waiya, Entiyebo, Distrik Depapre, Kota Jayapura sekaligus menjadi tempat wisata favorit di kalangan wisatawan. Meskipun jaraknya lumayan cukup jauh dari pusat kota tempat wisata ini masih tetap ramai akan pengunjung, baik dari luar kota, luar pulau, atau bahkan dari mancanegara. Keunggulan dari pantai tablanusu sendiri yakni alamnya yang masih terjaga dan asri yang cocok bagi siapapun yang ingin mencari ketenangan.

5. Danau Sentani
9 Tempat Wisata Terbaik di Jayapura 2022

Bagi sebagian wisatawan mungkin sudah mengetahui akan keindahan dan keeksotisan dari danau sentani yang lumayan terkenal hingga ke mancanegara. Selain disajikan dengan keindahanya yang cukup menawan, sobat juga akan dimanjakan dengan fasilitas yang berada di sekitar danau ini. Bagi sobat yang merasa ingin tinggal lebih lama di tempat ini, sobat bisa mendirikan tenda atau mencari penginapan. Bagi sobat yang ingin merasakan langsung keindahan dan keeksotisan dari danau sentani, sobat bisa berkunjung ke distrik sentani.

6. Bukit Teletubies

Wisata Bukit Teletubies memang cukup digemari oleh banyak orang, baik wisatawan dalam negeri maupun mancanegara bisa sobat temui ketika berkunjung ke Bukit Teletubies. Tak hanya di pulau jawa saja, di pulau papua pun terdapat Bukit Teletubies yang tidak kalah populer dan menarik. Bukit ini berlokasi di Doyo Lama, Distrik Waibu, Kota Jayapura. Saat sobat berada di atas puncak dari bukit ini, sobat akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang memukau dari danau sentani.

7. Pantai Base-G

Pantai Base-G atau pantai tanjung ria merupakan salah satu tempat wisata terkenal di indonesia, dan menjadi tempat wisata terfavorit di kota jayapura. Banyak kegiatan seru yang bisa sobat lakukan bersama kawan atau keluarga ketika berada di pantai ini, diantaranya yaitu berenang, menyelam, memancing, bersantai di atas perahu, hingga menikmati momen sunset dan sunrise di tepi pantai. Lokasi dari Pantai Base-G sendiri berada di Tanjung Ria, Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura.

8. Kolam Renang Tirta Mandala

Bagi sobat yang sedang mencari wisata air dan malas untuk pergi ke pantai maka sobat bisa coba berkunjung ke Kolam Renang Tirta Mandala yang berlokasi di Jalan Samudera No.42, Mandala, Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura. Meskipun merupakan wisata buatan, akan tetapi tempat wisata ini ramai dikunjungi oleh warga sekitar ataupun wisatawan. Fasilitas di tempat wisata yang satu ini juga terbilang sudah cukup lengkap, sehingga tidak perlu dipertanyakan lagi. 

9. Teluk Youtefa

Tempat wisata terakhir yang wajib sobat kunjungi dan sangat sayang untuk dilewatkan saat berada di kota jayapura adalah Teluk Youtefa. Beberapa orang menyebut bahwa keindahan dari Teluk Youtefa hampir mirip dengan raja ampat yang merupakan salah satu tempat wisata terkenal di indonesia. Teluk Youtefa sendiri merupakan area konservasi beragam flora berupa laut, bukit, dan pulau kecil yang cantik dan menarik. Salah satu momen yang wajib sobat abadikan saat berada di teluk ini adalah momen sunset dan sunrisenya.

Komentar