Simak 8 Tempat Wisata Terbaru di Kota Bima Nusa Tenggara Barat yang Indah dan Menawan

Simak 8 Tempat Wisata Terbaru di Kota Bima Nusa Tenggara Barat yang Indah dan Menawan

Bima merupakan sebuah kota yang terletak di provinsi nusa tenggara barat, atau lebih di pulau sumbawa bagian timur. Kota bima memiliki luas wilayah sekitar 222,2 km² dan memiliki jumlah penduduk sebanyak 155.140 jiwa pada tahun 2021 lalu dengan angka kepadatan penduduk sekitar 694 jiwa/km². Sebagian penduduk dari kota bima merupakan suku asli, yakni suku bima. Penduduk kota bima sendiri memiliki sebutan lain untuk kota ini yaitu Dana Mbojo. Kota ini memiliki sejarah yang cukup panjang dalam pembentukanya, dari yang tadinya daerah biasa saja, sekarang telah menjadi daerah yang cukup penting di nusa tenggara barat.

Salah satu hal yang membuat kota ini cukup terkenal di mata orang adalah karena warisan budayanya dengan kebudayaan islam sebagai basisnya. Hal ini karena kota bima sendiri merupakan pusat Kesultanan Bima dimasa lampau. Selain terkenal akan budayanya, kota ini tuga terkenal dengan beberapa tempat wisatanya yang indah dan menawan, hal ini dikarenakan letak kota bima sendiri yang berada di bibir teluk. Selain dapat mencuci mata, sobat juga bisa menghilangkan sekaligus melakukan banyak aktifitas saat berada di kota ini. Bagi sobat yang ingin mengetahui tempat wisata apa saja yang indah dan menawan di kota bima, bisa sobat simak langsung di bawah ini.

Simak 8 Tempat Wisata Terbaru di Kota Bima Nusa Tenggara Barat yang Indah dan Menawan


1. Pantai Pink

Pantai Pink menjadi salah satu pantai terbaik dan terindah di indonesia, bahkan keindahan pantai ini sudah diakui oleh wisatawan asing. Sangat sayang rasanya apabila sobat melewatkan tempat yang satu ini saat berlibur ke nusa tenggara barat. Pantai pink terletak di Nggelu, Kecamatan Lambu, Kabupaten Bima. Pantai ini memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh pantai lainnya, jika pasir pantai umunya berwarna putih dan coklat, maka pasir pantai di tempat ini berwarna pink. Menurut beberapa sumber warna pink dari pasir pantai ini berasal dari hewan bernama foraminifera. Berfoto di pantai ini merupakan kegiatan yang sayang untuk dilewatkan.

2. Pantai Lariti

Selain pantai pink terdapat pula Pantai Lariti yang tidak kalah indah dari pantai pink. Berkunjung ke pantai ini menjadi alternatif lain apabila pantai pink ramai dan penuh akan pengunjung. Pantai ini berlokasi di jalan desa Soro, Kecamatan Lambu, Kabupaten Bima. Salah satu keunikan yang membuat pantai ini terkenal di kalangan wisatawan adalah pantai ini bisa terbelah di malam hari pada saat lautan surut. Di waktu tersebut sobat akan melihat gundukan pasir yang membelah laut. Sobat juga bisa mendatangi gundukan pasir tersebut untuk melihat pemandangan yang luar biasa.

3. Gunung Tambora

Bagi sobat yang hobi mendaki gunung, sobat bisa mencoba salah satu gunung yang cukup ternama di nusa tenggara barat dan mungkin sudah terdengar tidak begitu asing lagi, gunung yang dimaksud ialah Gunung Tambora. Gunung yang memiliki ketinggian sekitar 2850 meter diatas permukaan laut ini terletak di jalan Kawinda Toi, Kecamatan Tambora, Kabupaten Bima. Pastikan mengajak kerabat, keluarga, atau teman-teman saat akan mendaki gunung ini. Sobat juga bisa mengikuti pendaki lain yang memiliki tujuan untuk mendaki gunung tambora agar keseruan lebih terasa dan liburan jadi menyenangkan.

4. Air Terjun Bombo Roi

Tempat wisata indah dan menawan berikutnya di kota bima adalah Air Terjun Bombo Roi. Wisata ini juga tidak kalah populer dengan wisata-wisata alam lainnya yang ada di kota bima. Air Terjun Bombo Roi sendiri terletak di Roi, Kecamatan Palibelo, Kabupaten Bima. Satu hal yang menjadikan tempat ini ramai dikunjungi adalah pemandangan air terjun yang begitu indah dan menyegarkan. Sobat juga dapat merasakan udara sejuk dan dingin karena di sekitar air terjun ini terdapat banyak sekali pepohonan yang dapat memanjakan mata.

5. Museum Asi Mbojo

Selain wisata alam terdapat juga wisata edukasi dan sejakar yang bisa menambah wawasan dan pengetahuan sobat akan sejarah di masa lalu. Museum Asi Mbojo merupakan salah satu museum yang cukup direkomendasikan untuk dikunjungi saat berada di kota bima. Museum ini terletak di Dara, Kecamatan Rasanae Barat, Kabupaten Bima. Di tempat ini sobat bisa mempelajari berbagai hal mengenai sejarah kesultanan bima, selain itu sobat juga akan menjumpai beberapa benda peninggalan dan benda dari kesultanan tersebut yang disimpan dan dikoleksi di museum ini.

6. Cagar Budaya Uma Lengge

Cagar Budaya Uma Lengge merupakan sebuah kompleks rumah adat Uma Lengge, yang menjadi rumah adat bagi suku setempat. Tempat wisata ini terletak di jalan desa maria, kecamatan wawo, kabupaten bima. Bentuk komplek rumah adat di tempat ini terlihat indah dan menawan jadi sangat cocok untuk berfoto dan mengabdikan momen di tempat ini. Salah satu keunikan dari tempat wisata ini adalah, saat sobat akan berkunjung sobat akan disediakan pakaian adat yang telah disiapkan.

7. Pulau Kambing

Pulau ini memiliki nama yang cukup unik yakni Pulau Kambing. Meskipun memiliki nama Pulau Kambing bukan berarti pulau ini dihuni oleh kambing. Pulau ini menawarkan keindahan yang luar biasa dan dapat membuat para pengunjungnya betah dan nyaman saat berada di pulau ini. Pulau Kambing terletak di Pulau Kambing, Bajo, Kecamatan Soromandi, Kabupaten Bima. Banyak hal seru yang bisa sobat lakukan bersama teman, kerabat, dan keluarga saat berada di pulau ini, beberapa diantaranya yaitu sky diving, volley pantai, ski air hingga snorkeling. Selain itu sobat juga bisa menyaksikan keindahan senja dan matahari terbenam saat berada di pulau ini.

8. Pulau Kelapa

Selain berkunjung ke pulau kambing, tak lupa juga untuk berkunjung ke Pulau Kelapa dan menikmati keindahanya yang memukau. Pulau Pulau Kelapa berlokasi di jalanNggelu, Kecamatan Lambu, Kabupaten Bima. Banyak sekali keindahan yang tersimpan di pulau ini yang bisa sobat jelajahi, sobat bisa melihat keindahan pantai yang dikelilingi dengan pepohonan rindang, sobat juga bisa melihat luas pulau kelapa ini melalui bukit yang terdapat di pulau ini. Untuk bisa sampai ke pulau ini sobat harus menggunakan tranfortasi laut.

Komentar