9 Tempat Wisata Terbaik di Bontang Kalimantan Timur Tahun 2022

9 Tempat Wisata Terbaik di Bontang Kalimantan Timur Tahun 2022

Bontang merupakan sebuah kota yang terletak di provinsi kalimantan timur. tepatnya 120 kilometer dari kota samarinda. Luas kota bontang yakni sekitar 161,9 km² dan jumlah populasi penduduknya sebanyak 178.917 jiwa pada tahun 2021. Sebelum menjadi sebuah kota besar, dulu bontang merupakan sebuah perkampungan yang terletak di daerah aliran sungai, akan tetapi seiring berjalanya waktu kini bontang menjadi salah satu kota besar yang ada di kalimantan timur yang terus mengalami perkembangan setiap tahunnya. Kota bontang terbagi menjadi 3 kecamatan, yakni kecamatan bontang barat, bontang selatan, dan bontang utara.

Banyak fakta dan hal menarik mengenai kota bontang, diantaranya yaitu kota bontang menjadi salah satu kota terkaya yang ada di indonesia. Banyak investor asing yang tertarik untuk membangun perusahaan di bontang. Maka jangan heran jika sobat mendapati banyak perusahaan di kota ini. Selain dikenal sebagai salah satu kota terkaya, bontang juga terkenal akan pariwisatanya. Banyak sekali tempat-tempat indah dan menarik yang wajib sobat kunjungi saat berkunjung ke kota ini. Bisa sobat simak dibawah ini merupakan deretan tempat wisata terbaik yang ada di bontang di tahun 2022.

9 Tempat Wisata Terbaik di Bontang Kalimantan Timur Tahun 2022


1. Pulau Gusung

Tempat wisata pertama yang menjadi rekomendasi adalah Pulau Gusung. Pulau Gusung sendiri merupakan sebuah pulau kecil yang terletak di Guntung, Kecamatan Bontang Utara, Kota Bontang dan tak banyak penduduk yang menghuni dan menempati pulau ini, hanya beberapa kepala keluarga saja yang bisa sobat temui saat berada di tempat ini. Meskipun tempatnya tidak begitu besar, akan tetapi keindahan yang ditawarkan benar-benar dapat memukau siapapun yang mengunjungi tempat ini. Untuk bisa berlabuh ke pulau ini, sobat harus mengendarai kapal boat dari Pelabuhan Loktuan atau Pelabuhan Tanjung Limau yang memakan waktu sekitar 20-25 menit.

2. Pulau Beras Basah

Nama Pulau Beras Basah sendiri sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat kalimantan. Banyak pengunjung yang berdatangan ke tempat ini hanya ingin menikmati keindahan alamnya sekaligus bersantai. Tak hanya pengunjung lokal saja yang datang untuk menikmati keindahan alam pulau ini, banyak wisatawan asing pun berdatangan ke tempat ini karena penasaran. Selain menjadi salah satu tempat wisata terbaik, faktanya Pulau Beras Basah sendiri masih menyimpan berbagai rahasia yang masih belum terpecahkan. Lokasi Pulau Beras Basah berada di Bontang Lestari, Kecamatan Bontang Selatan, Kota Bontang.

3. Pulau Segajah

Selain pulau gusung dan pulau beras basah, terdapat pula wisata pulau lainnya yang tidak kalah indah dan populer yakni Pulau Segajah. Pulau ini terletak di Bontang Kuala, Kecamatan Bontang Utara, Kota Bontang. Pulau ini memiliki suatu yang unik yang tidak dimiliki oleh pulau lainnya, hal unik ini tentunya menjadi daya tarik tempat ini untuk memikat para pengunjung. daya tarik dari pulau ini adalah pada siang hari pulau ini akan muncul ke permukaan, sedangkan pada sore hari pulau ini akan tenggelam terkena air pasang.

4. Taman Nasional Kutai

Bagi sobat yang jenuh dan penat akan pemandangan perkotaan, dan sedang mencari tempat untuk menghapus kejenuhan dan kepenatan itu maka sobat bisa coba berkunjung ke Taman Nasional Kutai yang terletak di Jalan Awang Long No.33, Bontang Baru, Kecamatan Bontang Utara, Kota Bontang dan memiliki luas sekitar 200 hektar. Selain menikmati pemandangan hijau akan pepohonan, sobat juga bisa mengenal berbagai hewan dan tumbuhan yang dipelihara dan dijaga dengan baik di taman ini. Sebagian hewan yang dipelihara di tempat ini merupakan kelompok monyet, diantaranya ialah beruk, bekantan, orang utan, kera ekor panjang, kukang dan owa kalimantan.

5. Bontang Mangrove Park

Selain taman nasional kutai yang menyuguhkan pemandangan alami berupa pepohonan, terdapat juga wisata seru dan asik lainnya yang hampir mirip yakni Bontang Mangrove Park. Jika di taman nasional kutai sobat melihat berbagai jenis macam pepohonan, di tempat ini sobat hanya melihat satu jenis pepohonan yaitu pohon bakau. Sobat bisa menikmati keindahan akan hutan mangrove ini melalui jalan setapak dan gardu pandang. Lokasi dari bontang mangrove park sendiri berada di Jalan Cut Nyak Dien, Bontang Baru, Kecamatan Bontang Utara, Kota Bontang.

6. Pantai Marina

Pantai Marina merupakan salah satu pantai terkenal yang ada di provinsi kalimantan timur. Banyak sekali arena bermain yang dapat sobat coba bersama keluarga. Lokasi dari pantai marina sendiri berada di Satimpo, Kecamatan Bontang Selatan, Kota Bontang. Selain disuguhkan oleh keindahan pantainya dan bentangan lautnya, sobat juga akan merasakan tiupan angin pantai yang terasa sejuk dan sedikit panas.

7. Taman Cibodas

Tempat wisata terbaik selanjutnya di kota bontang yang wajib sobat kunjungi adalah Taman Cibodas yang terletak di Belimbing, Kecamatan Bontang Barat, Kota Bontang. Untuk bisa menikmati berbagai keseruan dari taman ini, sobat bisa mengajak teman, keluarga, maupun pasangan saat hendak ingin berkunjung ke tempat ini. Tempat ini juga sudah dilengkapi oleh beberapa fasilitas yang dapat membuat pengunjung menjadi nyaman, diantaranya ialah wahana permainan, toilet, mushola kecil, aneka kuliner, dan tempat parkir.

8. Taman Tanjung Laut

Selain memiliki banyak wisata pulau, bontang juga memiliki banyak sekali wisata taman yang bisa sobat jumpai dan temui saat berada di kota ini. Dengan banyaknya wisata taman yang ada di kota bontang maka kota bontang sendiri dijuluki sebagai kota taman. Selain taman cobodas, terdapat juga wisata taman populer lainnya yakni Taman Tanjung Laut. Lokasi taman ini berada di Jalan Jenderal Soedirman No.69, Tj. Laut, Kecamatan Bontang Selatan, Kota Bontang.

9. Lembah Permai

Tempat wisata terakhir yang wajib sobat dan keluarga datangi saat berada di kota bontang adalah Lembah Permai. Lembah Permai sendiri merupakan tempat wisata yang masih cukup baru, tempat ini baru resmi dibuka pada tahun 2018. Tempat wisata yang satu ini tidak pernah sepi akan pengunjung, terutama di hari libur sekolah dan hari libur panjang, tempat ini akan dipadati oleh pengunjung. Bagi sobat yang tertarik untuk berkunjung ke tempat wisata ini, sobat bisa langsung berkunjung ke Jalan Arif Rahman Hakim RT 51 KM 3, Belimbing, Kecamatan Bontang Barat, Kota Bontang.

Komentar