7 Tempat Wisata di Ternate Maluku Utara Terhits dan Menakjubkan yang Sayang untuk dilewatkan

7 Tempat Wisata di Ternate Maluku Utara Terhits dan Menakjubkan yang Sayang untuk dilewatkan

Ternate merupakan sebuah kota yang terletak di provinsi maluku utara, tepatnya di berada di bawah kaki gunung api Gamalama di Pulau Ternate. Kota ini memiliki luas wilayah sekitar 76 km² serta memiliki jumlah penduduk sebanyak 201.244 jiwa di tahun 2021. Kota ternate juga pernah menjadi ibukota dari provinsi maluku utara untuk sementara, sebelum akhirnya berpindah ke sofifi. Perlu sobat ketahui bahwa sebagian dari wilayah kota ternate merupakan daerah pengununggan dan perbukitan, maka dari itu sobat akan merasakan hawa sejuk dan dingin saat berada di kota ini. Selain itu juga, wilayah ternate juga didominasi oleh perairan/laut yang memiliki kedalaman sekitar 10 hingga 100 meter.

Karena kota ternate yang sebagian wilayahnya merupakan perbukitan dan perairan, maka kota ini menyimpan sekali banyak destinasi wisata bahari dan juga ketinggian yang indah. Tak sedikit juga wisatawan yang berlabuh dan menenangkan diri di kota ini, naik wisatawan lokal maupun mancanegara. Banyak sekali tempat wisata menarik di kota ternate yang sayang untuk dilewatkan, terutama bagi sobat yang suka dengan wisata alam. Bisa sobat simak dibawah ini beberapa tempat wisata di kota ternate terhits dan menakjubkan yang sayang untuk dilewatkan.

7 Tempat Wisata di Ternate Maluku Utara Terhits dan Menakjubkan yang Sayang untuk dilewatkan


1. Pantai Sulamadaha

Terletak di Sulamadaha, Kecamatan Pulau Ternate, Kota Ternate, Pantai Sulamadaha menjadi destinasi wisata pertama yang wajib sobat kunjungi saat berada di kota ternate terutama bagi sobat yang suka akan pantai. Nama dari Pantai Sulamadaha sendiri sudah tidak begitu asing lagi di kalangan wisatawan lokal karena merupakan salah satu tempat wisata terbaik di provinsi maluku utara. Pemandangan alam yang ditawarkan tempat ini cukup indah, sehingga dapat membuat siapapun menjadi terpukau saat pertama kali datang ke tempat ini. Keunggulan lain dari Pantai Sulamadaha adalah memiliki air laut yang sangat jernih, sehingga sobat bisa melihat dengan jelas kedalaman laut di sekitar pantai ini.

2. Pantai Bobane Ici

Selain Pantai Sulamadahaada ada juga Pantai Bobane Ici yang tidak kalah indah dan menarik dari Pantai Sulamadaha. Pantai ini berlokasi di Dorpedu, Kecamatan Pulau Ternate, Kota Ternate. Salah satu daya tarik dari pantai ini adalah adanya batu karang cukup besar di tepi pantai. Banyak wisatawan yang datang ke tempat ini untuk memotret batu karang tersebut bersamaan dengan terjangan ombak yang besar sehingga menciptakan percikan air yang indah. Suasana di pantai ini juga terlihat semakin indah dengan adanya pepohonan rindang di sekitar pantai. Selain menikmati pemandagan pantai yang menawan, tidak lupa juga bagi sobat untuk mencicipi kuliner di tepi pantai ini yang sayang untuk dilewatkan.

3. Masjid Al-Munawwar

Tak hanya terkenal akan wisata alamnya, ternate juga terkenal akan wisata religinya salah satunya adalah Masjid Al-Munawwar. Masjid yang terletak di Jalan Tapak II No. 1, Gamalama, Kecamatan Ternate Tengah, Kota Ternate ini menjadi salah satu majid terbesar yang ada di kota ternate. Masjid ini bisa menampung kurang lebih 15 ribu jemaah. Saat berkunjung ke masjid ini, sobat juga dapat melihat pemandangan laut yang membentang luas karena lokasi masjid ini berada di tepi pantai. Banyak pengunjung yang datang ke masjid ini untuk melihat kemegahan dari masjid ini sekaligus menikmati pemandangan laut dari masjid ini.

4. Danau Tolire

Tempat wisata berikutnya yang wajib sobat singgahi ialah Danau Tolire. Danau ini terletak di di kaki gunung Gamalama atau lebih tepatnya di Takome, Kecamatan Pulau Ternate, Kota Ternate. Banyak sekali cerita dan mitos mengenai danau yang satu ini yang dipercaya oleh masyarakat setempat. Meskipun begitu tak membuat danau ini sepi pengunjung. Sobat akan disiguhkan dengan pemandangan danau yang memiliki air berwarna hijau pekat. Menurut beberapa sumber, air danau hijau yang pekat ini diakibatkan oleh tumbuhan hijau disekitarnya. Danau tolire memiliki 2 bagian yakni danau besar dan danau kecil.

5. Talaga Nita

Bagi sobat yang suka dengan aktifitas diving, berkunjung ke talaga nita merupakan hal yang tepat untuk bisa melakukan hal tersebut. Baik siang mapun malam hari, sobat bisa melakukan aktifitas tersebut saat berada di tempat. Salah satu alasan mengapa diperbolehkan untuk melakukan aktifitas diving pada malam hari di tempat ini adalah karena air lautnya yang jernih dan bersih. Sobat akan disiguhkan dengan pemandangan trumbu karang yang padat dengan biota laut yang hidup di sekitarnya. Bagi sobat yang tertarik untuk berkunjung ke tempat ini sobat bisa langsung datang ke Sulamadaha, Kecamatan Pulau Ternate, Kota Ternate.

6. Benteng Kalamata

Benteng Kalamata menjadi salah satu bangunan bersejarah yang ada di provinsi maluku utara. Bangunan ini merupakan peninggalan dari bangsa portugis. Meskipun benteng ini memiliki sedikit kerusakan yang diakibatkan oleh abrasi laut, pemerintah daerah setempat tetap mempertahankan bentang ini untuk tetap berdiri kokoh. Salah satu alasan pengunjung datang ke benteng ini adalah karena memiliki spot foto yang menarik dan indah, yakni berupa Pulau Tidore dan juga Pulau Maitara. Letak benteng kalamata berada di Kayu Merah, Kecamatan Ternate Selatan, Kota Ternate.

7. Taman Nukila

Taman Nukila menjadi destinasi wisata terakhir yang wajib sobat kunjungi saat berada di kota ternate. Letak taman nukila sendiri berada di Jalan Sultan Muhammad Iskandar Djabir, Kecamatan Ternate Tengah, Kota Ternate. Berbeda dengan taman kota biasanya, untuk bisa menikmati keindahan dari taman ini sobat harus melakukan penyelaman terlebih dahulu. Sobat akan disuguhkan dengan ekosistem laut yang indah dan menawan. terdapat bangkai kapal  karam di sekitar taman ini yang biasa digunakan berfoto oleh para pengunjung. Tidak lengkap rasanya berlibur di kota ternate apabila sobat melewatkan tempat yang satu ini.

Komentar