Inilah Deretan Tempat Wisata di Singkawang 2022 yang Bagus dan Rekomended

Inilah Deretan Tempat Wisata di Singkawang 2022 yang Bagus dan Rekomended

Singkawang merupakan sebuah kota yang terletak di kalimantan barat tepatnya sekitar 145 km dari sebelah utara kota pontianak. Kota ini dikelilingi oleh beberapa pegunungan yang cukup terkenal di pulau kalimantan, yakni gunung pasi, poteng, dan sakok. Kota ini memiliki luas wilayah yang cukup besar, yakni sekitar 504 km², meskipun memiliki luas wilayah yang cukup besar, jumlah penduduk kota ini tidak terlalu tinggi. Diketahui pada tahun 2021 lalu jumlah penduduk kota singkawang yakni sebanyak 239.260 jiwa dengan angka kepadatan penduduk sekitar 475/km2.

Berbicara mengenai pariwisata, singkawang sendiri merupakan kota yang memiliki tempat-tempat wisata yang cukup populer di mata wisatawan. Tak hanya terkenal di mata wisatawan lokal saja, akan tetapi wisatawan asing pun turut meramaikan dan mempopulerkan tempat-tempat wisata yang ada di singkawang. Bagi sobat pecinta wisata, singkawang sendiri merupakan kota yang wajib sobat kunjungi. Sobat akan menemukan keseruan dan kesenangan tersendiri saat mengunjungi kota ini. Berikut ini merupakan deretan tempat wisata di singkawang tahun 2022 yang bagus dan rekomended untuk dikunjungi.

Inilah Deretan Tempat Wisata di Singkawang 2022 yang Bagus dan Rekomended


1. Pantai Pasir Panjang

Nama Pantai Pasir Panjang sendiri sudah terdengar tidak asing lagi bagi para wisatawan. Pantai Pasir Panjang sendiri merupakan salah satu tempat wisata yang cukup terkenal di pulau kalimantan. Pantai ini terletak di Jalan Pasir Panjang No. 89, Sedau, Kecamatan Singkawang Selatan, Kota Singkawang. Asalan mengapa pantai ini disebut sebagai pantai pasir panjang, adalah karena pantai ini memiliki garis pantai yang cukup panjang yang memungkinkan pengunjungnya untuk berjalan-jalan dan menikmati keindahan laut dan pantai. Salah satu hal yang bisa sobat dan keluarga lakukan di pantai ini adalah bermain banana boat dan menikmati keindahan matahari terbenam.

2. Pulau Simping

Diketahui Pulau Simping merupakan pulau terkecil di dunia dengan luas hanya sekitar 0,5 hektar saja, bahkan PBB pun sudah mengakui bahwa pulau ini merupakan pulau terkecil di dunia. Letak Pulau Simping sendiri berada di Sedau, Kecamatan Singkawang Selatan, Kota Singkawang. Tempat ini cocok untuk dikunjungi bagi sobat yang penat merasakan suasana perkotaan, kerena pulau ini menghadirkan suasana sejuk dan indah yang tentunya membuat siapapun menjadi nyaman dan betah saat berada di pulau ini.

3. Hutan Mangrove Setapuk

Bagi sobat yang senang dan suka dengan pemandangan hijau akan pepohonan sobat bisa coba berkunjung ke Hutan Mangrove Setapuk yang beralamatkan di Setapuk Besar, Kecamatan Singkawang Utara, Kota Singkawang. Selain harga tiket masuknya yang murah, tempat ini juga menyajikan pemandangan yang luar biasa yang membuat siapapun menjadi betah dan ingin berlama-lama saat berada di tempat ini, selain itu sobat juga bisa melakukan beberapa hal ketika berada di tempat ini seperti outbond, menikmati pemandangan dari atas ketinggian, berfoto, memancing, dan menyusuri sungai.

4. Pantai Sedau

Selain pantai pasir panjang, ada juga pantai lainnya yang cukup terkenal dan memiliki sajian pemandangan yang tidak kalah indah, nama pantai tersebut adalah Pantai Sedau. Lokasi pantai ini berada di Sedau, Kecamatan Singkawang Selatan, Kota Singkawang. mengajak keluarga untuk piknik dan rekreasi ke tempat ini merupakan hal yang tepat. Salah satu daya tarik akan pantai sedau adalah hamparan pasir putihnya yang bersih serta beberapa batuan pinggir pantai yang tentunya membuat pantai ini terlihat menarik.

5. Danau Seran Tangan

Rekomendasi tempat wisata selanjutnya yang wajib sobat kunjungi adalah Danau Seran Tangan. Danau ini terletak di Sagatani, Kecamatan Singkawang Selatan, Kota Singkawang. Danau seran tangan banyak dikunjungi oleh wisatawan dan warga sekitar khusunya para pecinta alam, karena danau ini alamnya sangat bebas dan suasananya masih asri yang membuat siapapun menjadi nyaman dan cocok digunakan sebagai tempat bersantai. Udara sejuk dingin juga akan dapat sobat rasakan ketika berada di tempat ini karena banyak sekali ditumbuhi oleh pepohonan yang rindang di sekitar danau.

6. Danau Biru Singkawang

Danau Biru Singkawang merupakan danau buatanyang terletak di Jalan Wonosari, Roban, Kecamatan Singkawang Tengah, Kota Singkawang dan menjadi salah satu tempat wisata hits dan favorit di singkawang. Sebelum menjadi sebuah tempat wisata yang hits, dulunya danau ini merupakan galian tambang. Meskipun danau ini merupakan bekas galian tambang, akan tetapi keindahan akan danau ini sangat menawan dan membuat siapapun tersihir akan keindahanya. Banyak pengunjung yang datang ke tempat ini untuk berfoto dan menikmati keindahan dari danau biru singkawang ini yang mempunyai air berwarna biru kehijau-hijauan.

7. Masjid Raya Singkawang

Tidak hanya terkenal akan tempat-tempat wisata alamnya, singkawang juga terkenal akan destinasi wisata religinya salah satunya adalah Masjid Raya Singkawang yang berlokasi di Jalan Mesjid, Melayu, Kecamatan Singkawang Barat, Kota Singkawang. Banyak orang yang menepi dan berhenti sejenak di masjid ini untuk menikmati kemegahan bangunan ini yang memukau sekaligus untuk beribadah. Masjid Raya Singkawang juga menjadi ikon dan kebanggan masyarakat kota singkawang. Bagi sobat yang beragama muslim, sobalah untuk berkunjung ke masjid ini untuk beribadah sembari merasakan kemegahan dan kemewahanya.

8. Gereja Katolik Santo Fransiskus Asisi

Selain Masjid Raya Singkawang terdapat juga tempat wisata religi lainnya yang cukup dikenal yakni Gereja Katolik Santo Fransiskus Asisi. Gereja ini terletak di jalan P. Diponegoro No.1, Pasiran, Kecamatan Singkawang Barat, Kota Singkawang. Sama halnya seperti masjid singkawang, gereja ini juga ramai dikunjungi oleh orang-orang terutama yang beribadah dan juga merupakan ikon dan kebanggan masyarakat kota singkawang.

Komentar