8 Tempat Wisata di Salatiga Terbaru yang Sayang Untuk dilewatkan

8 Tempat Wisata di Salatiga Terbaru yang Sayang Untuk dilewatkan

Nama kota yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi para wisatawan dan pembaca buku karena namanya yang selalu terdengar dan tercatat. Salatiga sendiri merupakan salah satu kota yang terletak di provinsi jawa tengah. Kota ini berada di jalan negara yang menghubungkan kabupaten semarang dan kota surakarta. Kota salatiga memiliki luas wilayah sekitar 56,78 km², serta memiliki jumlah penduduk sebanyak 192.322 jiwa pada tahun 2020 lalu. Jumlah ini tentunya terus mengalami pertambahan setiap tahunnya. Kota ini terbagi dalam 4 kecamatan yang kemudian dibagi lagi menjadi 23 kelurahan.

Kota salatiga sendiri merupakan salah satu kota tertua yang ada di indonesia. DIperkirakan kota ini sudah ada dan berdiri pada 24 Juli 750 Masehi. Yang jika dihitung dari mulai kota ini berdiri hingga sekarang kota ini sudah berusia kurang lebih 1272 tahun. Salatiga juga menjadi salah satu kota yang angka toleransinya cukup tinggi bahkan tertinggi kedua setelah kota singkawang. Predikat ini diberikan oleh Setara Institute for Democracy and Peace. Dari kedua kota ini bisa disimpulkan bahwa perbedaan keyakinan tidak menjadi pembatas antar satu sama lain untuk saling membantu.

Selain dikenal sebagai salah satu kota tertua di indonesia, salatiga juga dikenal sebagai kota terindah di jawa tengah. Keindahan kota salatiga bahkan sudah di akui sejark masa kependudukan belanda yang dimana saat itu bangsa belanda menjuluki salatiga sebagai de schoonste stad van midderi-java yang artinya kota terindah di jawa tengah. Hal tersebut memang benar adanya, karena banyak sekali keindahan dari kota ini, baik keindahan alam maupun keindahan buatan.

Banyak sekali tempat-tempat wisata menarik di kota salatiga yang memiliki keindahan dan pesona yang luar biasa. Tentunya dengan julukan sebagai kota terindah di jawa tengah membuat sobat penasaran dan ingin langsung berkunjung ke kota ini. Bagi sobat yang berencana untuk menikmati keindahan kota salatiga sobat bisa mengunjungi beberapa tempat wisata yang ada di sana yang menyajikan pesona luar biasa. Berikut ini deretan tempat wisata di salatiga terbaru yang sayang untuk dilewatkan.

8 Tempat Wisata di Salatiga Terbaru yang Sayang Untuk dilewatkan


1. Gunung Merbabu
8 Tempat Wisata di Salatiga Terbaru yang Sayang Untuk dilewatkan

Gunung merbabu menjadi salah satu gunung yang cukup difavoritkan di kalangan para pendaki. Bagi sobat yang memiliki hobi mendaki gunung mungkin sobat bisa mencoba gunung yang satu ini yang terletak di Suroteleng, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali. Banyak wisatawan dan pendaki dari luar daerah yang berkunjung ke gunung ini untuk menikmati langsung keindahannya. gunung yang memiliki ketinggian 3145 meter di atas permukaan laut ini juga menawarkan pesona dan pemandangan alam yang indah dari puncaknya yang dapat membuat sobat terpana, dimana sobat bisa menyaksikan keindahan Kota Salatiga, Danau Rawa Pening, bahkan Kota Semarang. Tentunya untuk mendaki gunung ini sobat harus menyiapkan tenaga dan stamina yang cukup karena ketinggian gunung ini yang cukup tinggi.

2. Argowisata Salib Putih

Bagi sobat yang sedang mencari tempat piknik untuk liburan dengan keluarga maupun teman mungkin argowisata salib putih menjadi tempat yang patut sobat coba. Tempat wisata yang berlokasi di Kumpulrejo, Kecamatan Argomulyo, Kota Salatiga ini menawarkan keindahan alam dengan berbagai macam aktifitas, salah satunya adalah outbond, berenang, dan camping. Karena letak tempat ini berada di area pegunungan yang dihiasi dengan berbagai macam pepohonan maka udara dan suasana di tempat ini pun akan terasa sejuk dan dingin.

3. Bukit Cinta

Bukit cinta terletak di Salatiga-Ambarawa, Desa Kebondowo, Kecamatan Banyubiru dan menjadi tempat wisata yang cukup familiar. Sama halnya seperti argowisata salib putih, tempat ini cocok untuk bersantai dan piknik. Selain merasakan suasana sejuk dan tenang, sobat juga akan dihadirkan dengan pesona dan keindahan alamnya yang menawan. terdapat juga beberapa fasilitas anak-anak di tempat ini seperti seluncuran dan ayunan. Bukit ini selalu memiliki pengunjung setiap harinya terutama di hari libur yang dimana ramai akan pengunjung.

4. Tlongo Plantation

Tlongo plantation menjadi tempat wisata berkutnya yang wajib sobat kunjungi di salatiga. Tempat wisata yang satu ini terletak di Jalan Raya Tuntang-Beringin KM 2, Ngelerak, desa Delik, kecamatan Tuntang, kabupaten Salatiga. Baik pada hari biasa maupun hari libur tempat wisata yang satu ini selalu memiliki pengunjung terutama di hari libur sekolah. Di tempat ini sobat akan menikmati penjelajahan kebun kopi dengan pemandangan pepohonan yang rimbun yang tentunya menyejukan. Selain menikmati keindahan alam saat penjelajahan di kebun kopi, di tempat ini juga sobat bisa mempelajari ilmu perkebunan kopi terutama untuk anak-anak.

5. Danau Rawa Pening
8 Tempat Wisata di Salatiga Terbaru yang Sayang Untuk dilewatkan

Bagi sobat yang sering membaca buku tentang pariwisata atau melihat vidio di berbagai falform mungkin sobat pernah mendengar nama danau yang satu ini. Baik pengunjung lokal maupun wisatawan tempat mereka berdua menjadikan tempat ini sebagai wisata favorit sekaligus primadona karena keindahanya yang cukup mempesona. Danau rawa pening sendiri terletak di Jalan Lingkar Selatan KM 3 Ambarawa, waduk rawa pening. Banyak spot foto indah dan menarik yang patut sobat abadikan saat berada di tempat ini. Sobat juga bisa menikmati keindahan danau rawa pening dengan cara menyewa sanpan dan menjelajahinya langsung.

6. Arrowhead Park

Arrowhead park menjadi lokasi wisata yang cocok untuk menghilangkan rasa penat akan suasana perkotaan dan perkantoran. DI tempat ini sobat akan menikmati suasana pedesaan yang masih asri, hijau, dan rindang dengan berbagai pemandangan alam yang indah. Tempat ini juga memiliki suasana yang tenang dan udara yang bersih yang jauh dari polusi yang dapat membuat siapapun menjadi betah. Lokasi arrowhead park sendiri berada di Desa Tegalwaton, Kecamatan Salatiga, Kabupaten Salatiga. Agar liburan sobat terasa lebih berkesan sobat bisa mengajak keluarga maupun teman saat berkunjung ke tempat ini.

7. Atlantic Dreamland

Banyak wahan seru dan menarik yang disediakan oleh tempat ini seperti kolam renang, waterboom, water ball, water toys, carousel, jet coaster, dan masih banyak lagi wahan seru di tempat ini yang bisa sobat coba bersama teman maupun keluarga. Atlantic dreamland sendiri menjadi tempat yang cukup diminati dan menjadi tempat wisata favorit bagi masyarakat kota salatiga. Tempat wisata yang satu ini terletak di Jalan Soekarno Hatta Isep-Isep, Cebongan, Kecamatan Argomulyo, Kota Salatiga. Fasilitas di tempat ini juga sudah lengkap, jadi sobat tidak perlu khawatir dan mempertanyakanya lagi.

8. Kolam Renang Kalitaman

Destinasi wisata terakhir yang wajib sobat datangi adalah kolam renang kalitaman atau pemandian kalitaman. Tempat ini selalu ramai akan pengunjung baik di hari biasa maupun di hari libur. Tak hanya pengunjung daerah saja, pengunjung dan wisatawan dari luar daerah pun seringkali berkunjung dan mampir ke tempat ini. terdapat 3 macam kolam renang di tempat ini, kolam dewasa, kolam anak-anak, dan kolam untuk bersantai. Pemandian ini juga sudah dilengkapi dengan beberapa wahan seru dan fasilitas yang menunjang. Lokasi kolam renang kalitaman berada di Jalan Kalitaman, Kutowinangun Kidul, Kecamatan Tingkir, Kota Salatiga.

Komentar