Simak Tempat Wisata di Pekalongan Jateng yang Lagi Hits 2022

Simak Tempat Wisata di Pekalongan Jateng yang Lagi Hits 2022

Pekalongan merupakan sebuah kota yang berada di jawa tengah yang memiliki luas wilayah sekitar 45,25 km². Pada tahun 2021 lalu jumlah populasi di kota ini mencapai angka 315.997 jiwa dengan kepadatan 6.983 jiwa/km². Kota pekalongan sendiri merupakan salah satu kota terkenal dan terpenting. Perlu di ingat bahwa terkenal dan terpenting dari kota ini merupakan 2 hal yang berbeda. Yang terpenting dari kota pekalongan merupakan pelabuhanya di jawa tengah, sedangkan yang terkenal dari kota ini adalah batiknya.

Pekalongan sendiri dijuluki sebagai kota batik. Alasan mengapa kota ini dijuluki sebagai kota batik karena batik dari pekalongan memiliki keuinikanya tersendiri yaitu coraknya yang khas dan sangat variatif. Perlu sobat ketahui, pekalongan menjadi kota pertama di indonesia dan di asia tenggara yang masuk dalam jaringan kota kreatif UNESCO. Hal tersebut tentunya merupakan sebuah kebanggan tersendiri bagi penduduk pekalongan dan tentunya kita sebagai rakyar indonesia.

Pekalongan juga menjadi salah satu kota yang kaya akan segudang wisatanya yang tidak kalah jauh dengan kota-kota tetangganya. Kota ini sendiri memiliki potensi yang cukup besar dalam bidang pariwisatanya. Beberapa wisata yang dapat sobat temukan di kota ini diantaranya ialah, wisata alam, wisata budaya, wisata edukasi, wisata sejarah, dan wisata kuliner. Banyak wisatawan lokal maupun asing berdatangan ke kota ini untuk berlibur dan menghabiskna waktunya bersama keluarga. bagi sobat yang sedang mencari tempat wisata di pekalongan yang populer dan banyak di datangi oleh wisatawan, bisa sobat simak secara langsung dibawah ini merupakan tempat wisata di pekalongan yang lagi hits di tahun 2022.

Simak Tempat Wisata di Pekalongan Jateng yang Lagi Hits 2022


1. Museum Batik Pekalongan

Bagi sobat yang belum mengetahui tentang keunikan dari batik pekalongan sobat dapat datang langsung ke museum batik pekalongan yang berlokasi di Jalan Jatayu, Panjang Wetan, Kecamatan Pekalongan Utara, Kabupaten Pekalongan. Di museum ini sobat dapat menjumpai berbagai macam jenis batik pekalongan dengan berbagai macam corak dan variatif yang berbeda. Selain berlibur, berkunjung ke tempat ini juga dapat menambah pengetahuan sobat akan kebudayaan di indonesia.

2. Pantai Wonokerto

Pekalongan juga memiliki wisata bahari yang sangat sayang untuk dilewatkan, salah satunya adalah pantai wonokerto yang beralamatkan di Wonokerto Kulon, Kecamatan Wonokerto, Kabupaten Pekalongan. Pantai wonokerto sendiri memiliki lingkungan yang tertata dengan rapi serta kebersihanya yang cukup baik sehingga sangat enak untuk dipandang. Selain itu hamparan pasir putuh pantainya yang dipadukan dengan birunya air laut membuat pemandangan di pantai ini terlihat sangat menawan. Suasana di pantai ini juga terasa cukup sejuk karena di tumbuhi beberapa pohon cemara di pinggir pantainya. Pantai wonokerto juga menjadi tujuan utama wisatawan dalam mineikmati sunrise dan sunset.

3. Telaga mangunan

Telaga mangunan terletak di Mangunan Tlogo, Kecamatan Petungkriono, Pekalongan. atau lebih tepatnya berada di bawah kaki pengunungan kendeng di ketinggian 2000 meter diatas permukaan laut. Tentunya letaknya yang berada di atas ketinggian tersebut membuat tempat ini diselimuti dengan udara dingin yang segar, sehingga sobat perlu membawa baju hangat apabila berkunjung ke tempat ini agar tidak kedinginan. Telaga ini dikelilingi oleh tebing gunung dan pohon-pohon yang menjulang tinggi yang tentunya membuat panorama alam di tempat ini terlihat menakjubkan.

4. Black Canyon

beberapa dari sobat mungkin ada yang asing saat mendengar nama ini, mengapa demikian ? karena sebagian dari sobat biasanya mendengar nama green canyon. black canyon sendiri merupakan tempat yang cukup menarik untuk dikunjungi di pekalongan karena menghadirkan pemandangan alam yang luar biasa. DI tempat ini sobat akan dimanjakan dengan keindahan sungai welo yang dikelilingi tebing serba berwarna hitam. Sobat bisa berenang maupun rafting saat berada di kawasan sungai ini. Bagi sobat yang tertarik untuk berwisata di black canyon sobat bisa langsung datang ke Desa Kayupuring, Kecamatan Petungkriono, Kabupaten Pekalongan.

5. Gunung Regojembangan

Bagi sobat yang menyukai penjelajahan dan pendakian mungkin tempat yang satu ini cocok untuk sobat kunjungi dan jelajahi, nama tempat tersebut ialah Gunung Regojembangan. Gunung ini terletak di Gumelem, Kecamatan Petungkriono, Kabupaten Pekalongan. Gunung regojembangan menjadi tempat wisata favorit bagi pendaki maupun wisatawan karena sajian panorama alamnya yang menawan serta memanjakan mata. Sangat sayang sekali jika sobat yang menyukai pendakian melewatkan gunung yang satu ini.

6. Bukit Watu Ireng

Dalam bahasa indonesia watu ireng sendiri memiliki arti batu hitam. Tempat wisata yang satu ini berlokasi di Jalan Raya Lambur, Desa Lambur, kecamatan Kandangserang, Pekalongan. Selain menyajikan pemandangan alam yang menarik dan indah berupa hamparan hutan pinus dan karetnya, tempat ini juga menyediakan berbagai spot foto yang indah dan menawan yang berlatar belakang gunung/bukit dengan pemandangan hijaunya. Udara sejuk dan suasana yang dihadirkan tempat ini dapat membuat sobat nyaman dan juga betah.

7. Curug Bajing

Curug bajing merupakan salah satu curug terindah dan terkenal di pekalongan. Letak curug bajing sendiri berada di Desa, Gumelem, kecamatan Petungkriono, kabupaten Pekalongan, jawa tengah. Hawa sejuk dan dingin menyelimuti area wisata ini karena letaknya yang berada di atas ketinggian, yakni di 13000 meter diatas permukaan laut. Curug ini memiliki ketinggian sekitar 70 meteran dengan aliran airnya yang lumayan cukup deras. Akses menuju tempat wisata inipun terbilang cukup mudah, sobat hanya perlu berjalan kaki sekitar 300 meter atau kurang lebih berjalan sekitar 30 menit sampai 1 jam.

Komentar