Simak Tempat Wisata di Mojokerto Jawa timur Terbaru yang Lagi Hits

Simak Tempat Wisata di Mojokerto Jawa timur Terbaru yang Lagi Hits

Mojokerto merupakan salah satu kota yang terletak di provinsi jawa timur, Kota ini memiliki luas wilayah sekitar 16,46 km² dengan jumlah penduduk dan angka kepadatan penduduk pada tahun 2021 lalu mencapai 143.377 jiwa dan 7.094,36/km2. Jika dilihat melalui angka kepadatan yang tercatat, maka kota ini bisa dipastikan sangat padat akan penduduk di setiap daerahnya. Wilayah kota mojokerto sendiri masuk dalam kawasan metropolitan surabaya yaitu Gerbangkertosusila. Terdapat 3 kecamatn dan 18 kelurahan yang ada di kota mojokerto, 3 kecamatan yang dimaksud ialah kecamatan kranggan, kecamatan magersari, dan kecamatan prajuritkulon.

Banyak hal menarik mengenai kota mojokerto, diantaranya kota ini pernah meraih penghargaan adipura kirana pada tahun 2016 silam. Seperti yang kita ketahui penghargaan adipuran merupakan suatu penghargaan yang diberikan kepada kota/kabupaten yang berhasil mengelola lingkungan perkotaan dengan baik serta mempunyai nilai kebersihan yang cukup tinggi. Berkat peran pemerintah yang baik dibantuk dengan kesadaran masyarakat kota mojokerto sendiri kota ini berhasil memenangkan penghargaan adipura.

Mojokerto juga masuk dalam jajaran kota terkecil di indonesia, meskipun begitu nama kota ini sendiri cukup dikenal oleh orang-orang terutama wisatawan. banyak pula wisatawan yang berkunjung ke kota ini untuk berlibur dan menikmati keindahanya. Kota ini menyimpan banyak tempat-tempat menarik dan indah yang wajib untuk dikunjungi apalagi beberapa tempat tersebut menjadi tempat hits di kota ini. Dibawah ini bisa sobat simak beberapa tempat wisata di mojokerto terbaru yang lagi hits.

Simak Tempat Wisata di Mojokerto Jawa timur Terbaru yang Lagi Hits


1. Candi Bajang Ratu
Simak Tempat Wisata di Mojokerto Jawa timur Terbaru yang Lagi Hits

Candi Bajang Ratu merupakan salah satu bangunan bersejarah di kota mojokerto yang terletak di Jalan Candi Tikus No.9, Pelem, Temon, Kecamatan Trowulan, Kota Mojokerto. Candi ini memang tidak seluas dan sebesar candi borobudur, akan tetapi salah satu keunikan dari candi ini adalah pada bentuknya yang terlihat seperti gapura. candi ini dibangun sebagai tempat penghormatan Prabu Jayanegara, bagi sobat yang ingin mengetahui candi ini lebih jauh, sobat bisa melihatnya pada bagian kaki gapura relief Sri Tanjung. Tak hanya melihat keunikan candinya saja, di tempat ini juga sobat akan dimanjakan dengan pemandangan hijau dari pepohonan.

2. Coban Canggu

Tempat wisata berikutnya yang lagi hits di kota mojokerto adalah Coban Canggu. Tempat ini merupakan salah satu tempat yang cukup direkomendasikan bagi sobat yang ingin mencari ketenangan dan melepas rasa penat. Sobat bisa berkunjung langsung ke alamatnya di desa Padusan, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto. Salah satu daya tarik dari tempat ini adalah terdapatnya sebuah ornamen dinding tebing yang unik serta aliran air yang begitu jernih yang berasala dari sumber mata air langsung. harga tiket masuk ke tempat ini cukup terjangkau.

3. Candi Brahu
Simak Tempat Wisata di Mojokerto Jawa timur Terbaru yang Lagi Hits

Selain berkunjung ke candi bajang ratu, jangan lupa juga untuk berkunjung ke candi brahu yang berlokasi di Jalan Candi Brahu No.73, Siti Inggil, Bejijong, Kecamatan Trowulan, Kota Mojokerto. Candi brahu merupakan salah satu candi tertua yang ada di jawa timur yang diperkirakan sudah dibangun pada masa pemerintahan raja empu sendok, ukuran candi ini lebih besar jika dibandingkan dengan candi bajang ratu. Saat berkunjung ke candi ini pastikan sobat untuk menjaga sikap dan bersipat sopan saat berada di kawasan candi ini.

4. Museum Trowulan

Museum trowulan menjadi destinasi wisata edukasi pertama yang wajib untuk dikunjungi saat berada di kota mojokerto. Museum ini terletak di Jalan Pendopo Agung, Ngelinguk, Trowulan, Kecamatan Trowulan, Kota Mojokerto. Di museum ini sobat akan mendapati banyak sekali prasasti bersejarah dari kerajaan majapahit. Setidaknya ada puluhan ribu prasasti yang bisa sobat lihat di langsung dan saksikan di museum ini. Untuk bisa masuk dan melihat berbagai macam koleksi prasasti di museum ini, sobat hanya perlu membawa uang sekitar Rp. 20.000 saja.

5. Patung Budha Tidur Mojokerto

Patung Budha Tidur menjadi tempat wisata yang akhir-akhir ini ramai dibicarakan di berbagai media. Tak hanya dikunjungi oleh penduduk kota mojokerto saja, banyak penduduk luar kota dan wisatawan berkunjung ke tempat ini untuk menikmati kemegahan dari patung budha ini. Lokasi Patung Budha Tidur sendiri berada di Jalan Raya Trowulan, Siti Inggil, Bejijong, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Patung Budha Tidur mojokerto memiliki panjang sekitar 22 meter serta tinggi dan lebarnya sekitar 4,5 meter dan 6 meter.

6. Pacet Mini Park Mojokerto

Bagi sobat yang sedang mencari destinasi liburan dan rekreasi bersama keluarga mungkin Pacet Mini Park Mojokerto menjadi tempat yang wajib sobat datangi bersama keluarga. Tempat wisata yang satu ini terletak di Jalan Raya Mojosari Pacet Km. 55, Warugunung,Patinam, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto. Sensasi seru akan sobat dapatkan saat berkunjung ke tempat ini, karena di tempat ini sobat tidak hanya berenang saja, sobat juga bisa menikmati pemandangan alam yang asri dan sejuk sekitar kawasan ini serta mencoba beberapa permainan yang disediakn tempat inidiantaranya bumper boat, flaying fox, dan ATV.

7. Puncak Jengger

Wisata terakhir yang cukup hits dan menjadi destinasi favorit wisatawan di mojokerto adalah Puncak Jengger yang terletak di Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto. Di tempat ini sobat akan disajikan dengan pemandangan alam yang hijau serta instagramable yang cocok untuk spot foto. Suasana yang dihadirkan tempat ini pun dapat membuat siapapun merasa nyaman dan betah saat berada di tempat ini. Ketinggian dari tempat ini tidak terlalu tinggi sehingga sobat yang pemula dalam mendaki pun bisa untuk merasakan keindahan yang disajikan dari bukit jengger.

Komentar