7 Tempat Wisata di Kota Tual Maluku yang Indah dan Mempesona

7 Tempat Wisata di Kota Tual Maluku yang Indah dan Mempesona

Tual merupakan salah satu kota yang terletak di provinsi maluku. Kota ini memiliki luas wilayah sekitar 254,4 km². Sebelum terbentuk menjadi daerah otonom, kota tual merupakan bagian dari kabupaten maluku tenggara. Kota tual baru terbentuk sebegai daerah otonom setelah Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 2007 disahkan. Menurut data di tahun 2021 lalu, jumlah penduduk kota tual mencapai 88.999 jiwa dengan angka kepadatan penduduk sekitar 350/km2. Terdapat 4 kecamatan, 3 kelurahan dan 27 desa yang ada di kota tual. beberapa kecamatan yang ada di kota ini dianataranya adalah Pulau dullah utara, pulau dullah selatan, tayando tam, pulau-pulau kur, dan kur selatan.

Banyak fakta dan hal menarik mengenai kota tual, baik dalam bidang budaya kuliner, dan wisata, semua memiliki keunikanya tersendiri. Salah satu yang akan di bahas adalah pada bidang pariwisatanya. kota tual memiliki pantai pasir putih terhalus di dunia. Pantai ini tak hanya terkenal di dalam negeri saja akan tetapiu sudah mendunia. Selain memiliki wisata yang cukup dikenal oleh dunia, rupanya tidak hanya itu saja tempat wisata indah yang ada di kota ini. terdapat juga beberapa tempat wisata indah lainnya yang sangat sayang untuk dilewatkan. Jika sobat penasaran dengan tempat-tempat tersebut, bisa sobat simak dibawah ini merupakan deretan tempat wisata di kota tual maluku yang indah dan mempesona.

7 Tempat Wisata di Kota Tual Maluku yang Indah dan Mempesona


1. Pulau Dulah

Pulau dulah merupakan salah satu tempat wisata yang cukup terkenal di kota tual. Pulau ini memiliki banyak sekali pantai dengan pesona alamnya yang memukau. Sobat bisa berkunjung ke alamatnya yaitu di Kecamatan Pulau Dullah Selatan, Kota Tual jika sobat ingin berpetualang sekaligus bermain air di tempat ini. Saat berkunjung ke pulau ini sobat perlu memperhatikan beberapa hal, yaitu untuk tetap menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan dan hal-hal lain yang merusak alam. Salah satu kegiatan yang sering dilakukan wisatawan saat berada di pantai ini adalah berenang dan snorkeling.

2. Pulau Adranan

Pulau Adranan menjadi pulau kedua yang patut sobat singgahi saat berada di kota tual. Pulau ini terletak di dullah laut, kecamatan dullah utara, kota tual. Bagi sobat yang ingin mencari ketenangan sekaligus menghilangkan rasa penat, sobat bisa mencoba untuk berkunjung ke pulau ini karena sobat akan merasakan keheningan karena pulau ini masih belum terjamah oleh manusia, sehingga alam di tempat ini juga masih alami dan tetap terjaga. Untuk bisa sampai ke pulau ini sobat perlu menyebrangi lautan dengan speedboat. Sobat akan disambut dengan pemandangan keeksotisan dari pulau asranan yang dapat membuat siapapun terpukau.

3. Danau Ngadi

Tak hanya wisata pulau saja yang terkenal di kota tual, terdapat juga wisata danau yang memiliki keindahan tak kalah jauh jika dibandingan dengan wisata pulau yang ada di kota ini. Salah satu danau yang terkenal dan terbesar yang ada di kota tual adalah Danau Ngadi. Letak danau Danau Ngadi sendiri berada di Dullah Darat, Kecamatan Pulau Dullah Utara, Kota Tual. Suasana yang dihadirkan danau ini berupa ketenangan dan kedamaian yang digabung dengan pemandangan ciamik, sehingga sangat cocok untuk menenangkan pikiran. Bagi sobat yang memiliki hobi memancing, sobat juga bisa melakukan aktifitas tersebut saat berada di danau ini.

4. Pantai Difur

Pantai difur merupakan salah satu pantai populer yang ada di provinsi maluku. Banyak wisatawan lokal mapun mancanegara berdatangan ke pantai ini untuk melihat dan menyaksikan secara langsung keindahan yang ditawarkan. Waktu yang sobat tempuh dari kota tual untuk sampai ke pantai ini adalah sekitar 30 menit saja. Saat berada di pantai ini sobat tidak perlu khawatir dengan panasnya matahari, karena di sekitar pantai difur sendiri terdapat beberapa pepohonan rindang yang bisa digunakan untuk berteduh, selainitu fasilitas di pantai ini juga sudah terbilang cukup lengkap. Lokasi pantai difur sendiri berada di lebehtawi, kecamatan dullah utara, kota tual.

5. Danau Warren

Selain danau ngadi terdapat juga danau indah lainnya yang tidak kalah indah dan sayang untuk dilewatkan, salah satunya ialah danau warren. Ajaklah keluarga atau kerabat ke tempat ini untuk melakukan piknik sekaligus relaksasi. Karena pemandangan indah di danau ini bisa membuat siapapun menjadi nyaman dan betah saat berada di tempat ini. Akses menuju danau ini juga cukup mudah, sobat hanya memerlukan waktu sekitar 10 sampai 20 menit. Berbagai suara alam seperti kicauan burung juga bisa sobat dengar saat berada di sekitar danau.

6. Bukit Masbait

Kota tual juga tak hanya memiliki wisata air saja, terdapat juga sebuah dataran tinggi yang menawarkan keindahan kota tual dan pemandangan indah dari atas ketinggian. Bukit masbait menjadi salah satu bukit yang sering dikunjungi oleh wisatawan. Banyak hal menarik yang wajib sobat ketahui mengenai bukit ini, salah satunya adalah ajaran untuk saling toleransi. Bukit masbait sendiri dikenal sebagai salah satu wisata religi di provinsi maluku. Banyak wisatawan yang datang ke bukit ini untuk berziarah. Bagi sobat yang tertarik berkunjung ke tempat wisata religi ini, sobat bisa langsung datang ke Desa Kelanit, Kecamatan Pulau Kei Kecil, Kabupaten Maluku Tenggara.

7. Goa Hawang

Tempat wisata terakhir yang indah dan mempesona di kota tual adalah Goa Hawang. Banyak cerita mengenai goa yang satu ini, mulai dari cerita mistis hingga cerita mitos. Saat akan memasuki goa sobat perlu menyiapkan beberapa hal, salah satunya adalah senter karena di dalam goa sendiri cukup gelap dan sunyi. Saat berkunjung ke goa ini, sobat akan menemukan sebuah kola yang dihiasi dengan batu alami dan memiliki air yang begitu jernih.

Komentar