Inilah Tempat Wisata di Kota Mataram yang Instagramable

Inilah Tempat Wisata di Kota Mataram yang Instagramable

Bagi para pecinta sejarah, mungkin nama kota yang satu ini sudah tidak asing lagi. Hal ini dikarenakan terdapat sebuah kerajaan yang menggunakan nama dari kota ini yakni kerajaan mataram kuno. Mataram sendiri merupakan salah satu kota yang terletak di provinsi nusa tenggara barat. Kota ini juga menjadi ibukota dari provinsi tersebut. Bisa dibilang, bahwa mataram merupakan salah satu kota terbesar yang ada di kepulauan nusa tenggara. Luas kota wilayah kota mataram yakni sekitar 61,3 km². Meskipun luasnya tidak begitu besar akan tetapi angka kepadatan penduduk di kota ini terbilang cukup tinggi. Pada tahun 2021 lalu jumlah penduduk di kota ini mencapai angka 441.561 dengan angka kepadatan sekitar 7.203/km2.

Dalam hal pariwisata, kota mataram sendiri mempunyai potensi yang cukup besar dan harus terus dikembangkan agar nama kota ini tak hanya terdengar di kalangan wisatawan saja, akan tetapi masyarakat indonesia. Baik wisata alam, wisata budaya, wisata sejarah, wisata edukasi, dan wisata kuliner dapat sobat temui di kota ini. Meskipun kota ini tidak memiliki luas yang begitu besar akan tetapi banyak sekali tempat-tempat menarik yang sangat sayang untuk dilewatkan. Bagi sobat yang ingin mengetahui tempat-tempat apa saja yang indah di kota mataram, bisa sobat simak dibawah ini tempat wisata di kota mataram yang instagramable yang wajib untuk dikunjungi.

Inilah Tempat Wisata di Kota Mataram yang Instagramable


1. Pantai Penghulu Agung

Pantai Penghulu Agung menjadi destinasi wisata pertama yang wajib sobat singgahi saat menginjakan kaki di kota mataram. Tempat wisata ini terletak di Jalan Penghulu Agung , Kecamatan Ampenan Selatan, Kota Mataram. Salah satu ciri khas yang menjadi alasan pengunjung datang ke pantai ini adalah keindahan pasirnya yang berwarna hitam bersih dengan perpaduan air laut yang bersih dan jernih.

Banyak hal seru yang bisa sobat lakukan bersama keluarga saat berada di pantai ini, seperti jalan-jalan menelususri garis pantai, bermain air, bermain pasir, bersantai menikmati ombak-ombak, dan masih banyak lagi. Bagi sobat yang mencari tempat untuk menenangkan jiwa, berkunjung ke pantai ini merupakan hal yang tepat karena Belum banyaknya pengunjung yang datang pantai ini. Dengan begitu sobat bisa leluasa untuk bermain di pantai ini.

2. Pantai Loang Baloq

Selain berkunjung ke pantai penghulu agung, tak lupa juga untuk berkunjung ke Pantai Loang Baloq yang memiliki keindahan tidak jauh berbeda. Pantai Loang Baloq berlokasi di Tanjung Karang, Kecamatan Sekarbela, Kota Mataram. Selain menikmati keindahan alam setempat, pengunjung juga bisa melakukan ziarah saat berada di tempat ini karena terdapat sebuah makam Loang Baloq yang merupakan salah satu ulama besar dari Arab. Selain dikenal sebagai pantai Loang Baloq, pantai ini juga memiliki nama lain yaitu Pantai Tanjung Karang.

3. Taman Mayura

Taman Mayura merupakan salah satu tempat wisata yang cukup hits akhir-akhir ini. Banyak pengunjung dari luar daerah dan luar kota berdatangan ke taman ini untuk menikmati sensasi berlibur di tempat ini. Salah satu yang menjadi alasan pengunjung datang ke tempat ini adalah karena taman ini memiliki desain dan konsep unik. Para pengunjung akan terpesona dengan keindahan yang disuguhkan oleh tempat yang satu ini. Tempat ini juga memiliki banyak spot foto unik dan menarik yang bisa sobat jadikan koleksi foto wisata. Lokasi dari taman mayura sendiri berada di jalan purbasari nomor 29, mayura, kecamatan mataram, kota mataram.

4. Air Terjun Benang Stokel dan Benang Kelambu

Di kota mataram juga terdapat sebuah wisata air terjun yang memiliki pemandangan menakjubkan. Salah satu air turjun yang cukup terkenal di kota mataram adalah Air Terjun Benang Stokel dan Benang Kelambu. Kedua air terjun ini lokasinya sama dan berdekatan yaitu di Aik Berik, Kecamatan Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah. Meskipun untuk mencapai air terjun ini membutuhkan sedikit perjuangan karena harus menaiki beberapa anak tangga akan tetapi hal tersebut tidak akan membuat sobat menyesal telah berkunjung ke tempat ini. Perlu sobat ketahui, bahwa air terjun yang ada di tempat ini bersumber dari mata air Gunung Rinjani.

5. Pura Meru

Nusa tenggara barat sendiri merupakan provinsi yang sebagian budayanya dipengaruhi oleh budaya bali. Maka dari itu tak sedikit penduduk kota mataram yang memeluk agama hindu. Tak hanya di bali saja sobat bisa melihat sebuah pura, di kota mataram juga terdapat sebuah pura yang cukup terkenal di kalangan masayarakat yaitu Pura Meru. Pura ini dibangun pada tahun 1720 dan masih sekarang pura ini masih kokoh berdiri. Pura Meru sendiri terletak di jalan salaparang, cakranegara timur, kecamatan cakranegara, kota mataram. Yang menjadikan Pura Meru ini terlihat unik adalah karena Arsitekturnya merupakan perpaduan antara Jawa Kuno dan Lombok membuat bangunannya begitu menawan.

6. Kota Tua Mataram

Letak Kota Tua Mataram berdekatan dengan salah satu pantai yang ada di kota mataram yakni pantai ampean. Jadi selain berwisata ke Kota Tua Mataram sobat juga bisa menikmati keindahan laut dari pantai ampean. Salah satu alasan mengapa tempat ini disebut kota tua adalah karena di tempat ini terdapat gedung atau bangunan tua dengan gaya art deco masih berdiri di berbagai sudut kota. Bangunan-bangunan ini masih dipertahankan oleh masyarakat setempat untuk menarik banyak wisatawan berkunjung ke tempat ini. Saat berjalan-jalan di tempat ini sobat akan merasakan suasana seperti hidup di masa lalu. Bagi sobat yang ingin merasakan sensasi tersebut sobat bisa datang langsung ke Jalan Ampenan Tengah, Kecamatan Ampenan, Kota Mataram.

7. Masjid Islamic Center

Mataram juga tak hanya memiliki wisata alamnya saja, terdapat juga sebuah wisata religi berupa masjid yang terletak di Dasan Agung, Selaparang, Gomong, Kecamatan Selaparang, Kota Mataram. Masjid Islamic Center merupakan salah satu masjid terbesar yang ada di provinsi nusa tenggara barat. Banyak pengunjung yang sedang melakukan perjalanan jauh menepi di masjid ini untuk melihat arsitekturnya yang megah dan unik sembari beribadah.

Komentar