9 Tempat Wisata di Blitar Terbaru 2022

9 Tempat Wisata di Blitar Terbaru 2022

Blitar merupakan salah satu kota yang terletak di provinsi jawa timur tepetnya di bagian selatan dari provinsi jawa timur. Meskipun kota ini tidak memiliki luas yang besar akan tetapi kota ini memiliki banyak julukan, mulai dari kota peta, kota patria, kota proklamator, dan kota koi. Julukan-julukan tersebut bukanlah sembarang julukan, akan tetapi sangat memiliki arti yang mendalam dan asal-usulnya. Contohnya, kota blitar dijuluki sebagai kota koi adalah karena kota ini membudidayakan ikan koi yang merupakan salah satu ikan yang cukup terkenal di jepang.

Alasan lainnya kota ini mendapat julukan sebagai kota proklamator adalah karena di kota ini terdapat makam bapak proklamator indonesia sekaligus menjadi presiden pertama indonesia yang dikenal dengan bung karno. Bagi sobat yang ingin berkunjung sekaligus berziarah ke makam bung karno sobat bisa datang langsung ke alamanya di jalan Ir soekarno, nomor 152, bendogerit, kecamatan sananwetan, kota blitar, jawa timur. Banyak wisatawan dan pengunjung daerah yang berkunjung ke makam ini untuk mampir dan berziarah sembari mengenang jasa-jasa beliau.

Selain makam bung karno, terdapat juga beberapa tempat wisata yang cukup populer dan menjadi wisata andalan di kota ini. Apabila sobat sedang dalam perjalanan menuju kota blitar dan berencana untuk tinggal di kota ini selama beberapa hari, maka tidak ada salahnya sobat mengunjungi beberapa tempat wisata asik yang ada di kota ini. Bagi sobat yang berasal dari luar kota mungkin sobat belum mengetahui, tentang tempat-tempat populer dan indah yang ada di kota blitar. Akan tetapi sobat tidak perlu panik dan khawatir, bisa sobat simak dibawah ini beberapa tempat wisata di blitar terbaru di tahun 2022.

9 Tempat Wisata di Blitar Terbaru 2022


1. Pantai Tambakrejo
9 Tempat Wisata di Blitar Terbaru 2022

Keindahan dan kepopuleran dari Pantai Tambakrejo sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Baik di hari biasa maupun di hari libur pantai ini tidak pernah sepi pengunjung. Lokasi dari Pantai Tambakrejo sendiri berada di Desa Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar. Meskipun pantai ini berbatasan langsung dengan pantai selatan yang dikenal dengan ombaknya yang begitu besar, akan tetapi pantai ini jika memiliki karakteristik lain, yakni mirip denagn sebuah teluk serta terjangan ombaknya pun tidak terlalu deras. Aktifitas yang cukup terkenal di pantai ini adalah memancing, karena perairan di sekitar ini cukup dalam sehingga cocok menjadi tempat berkumpulnya berbagai jenis ikan.

2. Pantai Pangi Blitar

Selain wisata Pantai Tambakrejo, terdapat juga wisata pantai lainnya yang tidak kalah tenar dan populer, salah satunya adalah pantai pangi blitar. Lokasi pantai ini berada di Dusun Krajan, Desa Tumpakkepuh, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar. Perlu sobat ketahui bahwa beberapa pantai di blitar tempatnya cukup tersembunyi karena di kelilingi oleh perbukitan, pegununggan, dan tebing. Sehingga membuat wisatawan cukup sulit untuk mengaksesnya. Meskipun memiliki akses yang cukup sulit, akan tetapi tidak membuat wisatawan gentar dan berputar arah.

Di pantai pangi sendiri terdapat beberapa penginapan yang bisa sobat sewa, untungnya beberapa penginapan di pantai ini cukup dekat dengan lokasi pantai. Sehingga apabila sobat bangun di pagi hari sobat bisa langsung melihat pantai dan menyaksikan matahari terbit.

3. Gua Luweng

Gua luweng merupakan tempat rekomendasi selanjutnya yang wajib sobat kunjungi khusunya bagi yang menyukai penjelajahan dan petualangan. Gua ini berlokasi di Prodo, Ngrejo, Kecamatan Bakung, Kota Blitar. Akses menuju gua luweng tidak begitu sulit, bahkan pemula pun bisa mencobanya. Selama di perjalanan menuju gua sobat juga akan dihadirkan dengan pemandangan indah berupa air terjun. Air terjun ini mengalir dari atas sampai menuju ke guanya. Saat sampai di pintu gua sobat akan disambut dengan kegelapan dan keheningan. Pastikan juga sobat membawa senter saat berkunjung ke gua ini agar keindahan dalam gua ini terlihat dengan jelas.

4. Bukit Teletubbies Blitar
9 Tempat Wisata di Blitar Terbaru 2022

Tak apdol rasanya jika sobat berkunjung ke kota blitar kemudian melewatkan tempat yang satu ini. Bukit Teletubbies sendiri merupakan salah satu wisata baru di kota ini. Meskipun tergolong wisata baru, akan tetapi banyak wisatawan yang terpikat akan keindahan dan panorama yang dihadirkan bukit ini. Bukit Teletubbies Blitar terletak di Gambaranyar, Sumberasri, Kecamatan Nglegok, Kota Blitar. Banyak wisatawan yang berlomba-lomba untuk mendapatkan foto yang maksimal di tempat ini. Jarak dari pusat kota blitar ke tempat ini pun tidak terlalu jauh, hanya memakan waktu sekitar 1 sampai 2 jam.

5. Gunung Butak

Bagi pendaki maupun pecinta alam, mungkin nama gunung ini sudah tidak asing lagi. Gunung butak merupakan salah satu gunung yang namanya cukup dikenal dan gunung populer di jawa timur. gunung ini terletak di Ngadirenggo, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar. Banyak wisatawan maupun pendaki yang berkunjung ke tempat ini untuk mendaki sembari menikmati keindahan alamnya. Banyak hal yang dapat sobat temukan selama pendakian, diantaranya, hamparan lautan awan, pemandangan matahari terbit, dan pemandangan matahari terbenam. Bagi sobat yang berencana untuk mendaki gunung ini, sobat harus benar-benar dalam kondisi prima, karena ketinggian gunung ini tidak main-main yakni 2868 meter diatas permukaan laut.

6. Blitar Park

Blitar park atau taman blitar merupakan salah satu destinasi liburan keluarga yang ada di kota blitar. Tempat wisata ini tergolong baru karena baru dibuka pada tahun 2019. Meskipun tergolong wisata baru akan tetapi tempat ini selalu ramai akan pengunjung. Banyak hal menarik dan seru yang bisa sobat temukan di tempat ini antara lain spot foto yang ciamik dan wahana permainan seru. Mulai dari wahana permainan anak hingga dewasa dapat sobat jajal di tempat ini. Bagi sobat yang pemberani, sobat bisa mencoba beberapa wahana permainan yang memacu adrenalin. Sobat juga tidak perlu khawatir akan fasilitas tempat ini, karena fasilitas di tempat ini bisa dikatakan sudah lengkap.

7. Telaga Rambut Monte

Selain menyuguhkan pemandangan alam hijau yang ciamik dan menawan, berkunjung ke Telaga Rambut Monte juga memberikan pengalaman yang tidak terlupakan. Letak telaga ini berada di Desa Krisik, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar. Telaga ini memiliki air yang begitu jernih yang berasal dari sumber mata airnya langsung. Selain untuk menghilangkan penat, tempat ini juga cocok digunakan sebagai tempat piknik keluarga. Sobat juga dapat mengajak teman maupun pasangan saat berkunjung ke tempat ini agar bisa merasakan keindahan tempat ini bersama-sama.

8. Kampung Coklat

Sebelum pulang atau melanjutkan perjalanan, cobalah untuk mampir ke tempat yang satu ini. Tak hanya pengunjung lokal saja yang meramaikan tempat ini, akan tetapi pengunjung luar kota pun sering berdatangan ke tempat ini. Kampung coklat sendiri merupakan surga bagi para pecinta coklat. Di tempat ini juga sobat akan ditunjukan tentang bagaimana proses pengolahan coklat dari biji sampai coklat. Sobat bisa mengajak teman maupun pasangan saat berkunjung ke tempat ini. Bagi sobat yang penasaran akan wisata edukasi yang satu ini, sobat bisa langsung berkunjung ke alamatnya di Jalan Banteng – Blorok No. 18, Kademangan, Plosorejo, Kecamatan Kademangan, Blitar.

9. Gardu Pandang Perkebunan

Gardu Pandang Perkebunan merupakan tempat wisata terakhir yang wajib sobat kunjungi saat berada di blitar. Berlokasi di Sumbersari 2, Sumberasri, Kecamatan Nglegok, Kota Blitar, tempat wisata ini menjadi salah satu tempat yang cukup di favoritkan wisatawan karena menyajikan panorama yang mengagumkan berupa gunung kelud yang menjadi spot foto terbaik di tempat ini. Sobat juga bisa mencoba beberapa wahna seru di tempat ini, salah satu wahana yang cukup ikonik di tempat ini adalah wahana balon udara.

Komentar