8 Tempat Wisata di Banjarbaru Terbaru yang Wajib untuk dikunjungi

8 Tempat Wisata di Banjarbaru Terbaru yang Wajib untuk dikunjungi

Banjarbaru merupakan sebuah kota yang terletak di kalimantan selatan, kota ini juga menjadi ibukota dari provinsi kalimantan selatan itu sendiri mengantikan banjarmasin. Perlu sobat ketahui, banjarbaru sendiri merupakan salah satu kota termuda yang ada di indonesia. Kota ini didirikan pada tahun 20 april 1999. Kota banjarbaru sendiri memiliki luas wilayah sekitar 371,4 km² dan jumlah penduduknya sebanyak 258.753 jiwa pada tahun 2021 lalu yang tersebar di 5 kabupaten dan 20 kelurahan. Jika banjarmasin terkenal akan sebutanya sebagai kota seribu sungai, maka banjarbaru dikenal dengan julukan kota seribu taman.

Sama halnya seperti kota banjarmasin, banjarbaru sendiri menyimpan banyak sekali keindahan serta hal-hal menarik di dalamnya, salah satunya adalah potensi wisatanya yang cukup besar. Selain itu kota ini juga menjadi pelabuhan bagi para wisatawan yang berlibur di pulau kalimantan. Mereka sering kali datang ke kota ini untuk menikmati kemegahan dari kota banjarbaru sembari menikmati dan mengunjungi beberapa tempat wisata yang ada di kota ini. Bagi sobat yang sedang atau akan pergi ke kota ini, maka tidak ada salahnya sobat berkunjung ke beberapa tempat saat berada di kota ini. Bisa sobat simak sendiri dibawah ini tempat-tempat wisata terbaru di banjarbaru yang wajib sobat kunjungi.

8 Tempat Wisata di Banjarbaru Terbaru yang Wajib untuk dikunjungi


1. Agrowisata Kebun Durian

Agrowisata Kebun Durian menjadi tempat yang sayang untuk dilewatkan saat berkunjung ke banjarbaru terutama bagi sobat pecinta buah-buahan. Tempat wisata ini berlokasi di Jalan Guntung Manggis, Guntungmanggis, Kecamatan Landasan Ulin, Kota Banjar Baru. Tak hanya mencicipi durian khas banjarbaru, di tempat ini sobat juga bisa mendapatkan bibit unggul pohon durian yang dijual secara murah dan terjangkau. Tak hanya itu, di tempat ini juga sobat bisa menemukan restoran yang bertema durian, hal ini tentunya membuat kegiatan berwisata di tempat ini semakin seru dan asik.

2. Wisata Danau Seran

Danau seran merupakan salah satu danau ternama yang ada di banjarbaru, danau ini terletak di Guntungmanggis, Kecamatan Landasan Ulin, Kota Banjar Baru. Berkunjung ke danau ini akan membuat siapapun puas dan betah. Selain harga tiket masuknya yang murah sobat juga akan disuguhkan dengan pemandangan yang sangat eksotis. Air danau seran juga begitu bersih sehingga membuat siapapun ingin berenang. Akan tetapi aktifitas berenang sangat dilarang di danau ini karena danau ini memiliki kedalaman yang cukup dalam yakni sekitar 30 meteran.

3. Taman Van Der Pijl

Wisata selanjutnya yang wajib sobat kunjungi adalah Taman Van Der Pijl yang terletak di Loktabat Utara, Kecamatan Banjarbaru Utara, Kota Banjar Baru. Tempat wisata yang satu ini cukup populer di kalangan masyarakat setempat, banyak orang-orang yang berkunjung ke tempat ini untuk bersantai dan berjalan-jalan untuk menghilangkan rasa penat dan hirak-hiruk perkotaan. Di tempat ini juga sobat akan merasakan suasana sejuk dan teduh, karena tempat ini dihiasi dan ditumbuhi oleh pepohonan yang rimbun. Sobat bisa mengajak keluarga, teman, atau pasangan saat berkunjung ke taman yang satu ini.

4. Kebun Raya Banua

Kebun Raya Banua merupakan Salah satu destinasi wisata andalan sekaligus tempat wisata favorit bagi para wisatawan. Tempat wisata ini berlokasi di Jalan Aneka Tambang, Palam, Kecamatan Cempaka, Kota Banjar Baru. Bagis obat yang gemar berfoto dengan suasana alam dan pemandangan hijau, mungkin sobat perlu berkunjung ke tempat ini karena banyak sekali spot foto keren dan ciamik di tempat ini. Sobat juga dapat menjumpai beberapa tanaman langka saat berada di tempat ini yang ditata dengan rapi dan apik.

5. Bekantan Park

Bekantan Park atau taman bekantan merupakan tempat wisata selanjutnya yang wajib sobat catat namanya untuk dikunjungi dikemudian hari. Bagi sobat pecinta binatang, berkunjung ke tempat ini merupakan hal yang tepat, karena di tempat ini sobat bisa melihat dan mengamati banyak bekantan. Bagi sobat yang belum tahu mengenai bekantan, bekantan sendiri merupakan sebuah hewan langka endemik nusantara khas kalimantan selatan. Cobalah ajak keluarga ketika akan berkunjung ke tempat ini untuk menambah kedekatan sekaligus kebersamaan. Lokasi bekantan park sendiri berada di Guntungmanggis, Kecamatan Landasan Ulin, Kota Banjar Baru.

6. Mustika Dunia Fantasy

Destinasi wisata keluarga lainnya yang wajib untuk dikunjungi adalah Mustika Dunia Fantasy yang terletak di Kayu Bawang, Kecamatan Gambut, Kota Banjar Baru. Banyak sekali wahana permainan yang bisa sobat dan keluarga nikmati dan rasakan keseruanya mulai dari wahana permainan anak-anak sampai dengan wahana permainan dewasa. Beberapa wahana seru yang patut sobat dan keluarga coba dianataranya yaitu water bom-bom car dan seluncuran air. Tempat ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang membuat pengunjung semakin nyaman.

7. Danau Galuh Cempaka

Danau Galuh Cempaka terletak di Purnawirawan, Palam, Kecamatan Cempaka, Kota Banjar Baru dan menjadi spot menarik dan indah untuk berfoto-foto. Nama danau ini sendiri sudah tidak terdengar asing lagi bagi masyarakat kota banjarbaru. Sebelum menjadi tempat wisata yang populer dan digemari orang-orang, tempat ini dulunya merupakan galian pertambangan intan. Apabila sobat ingin melihat keramaian di tempat ini, cobalah datang pada hari minggu atau hari libur panjang. Tak hanya dikunjungi oleh penduduk setempat saja, wisatawan luar pulau pun kerap kali sering terlihat di tempat ini.

8. Bukit Matang Kaladan
8 Tempat Wisata di Banjarbaru Terbaru yang Wajib untuk dikunjungi

Tempat wisata terakhir yang menjadi rekomendasi dan wajib sobat kunjungi adalah Bukit Matang Kaladan. Bukit Matang Kaladan berlokasi di Aranio, Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar. Sajian alamnya dari atas bukit ini terlihat sangat indah dan sangat memanjakan mata, bahkan beberapa orang berkata bahwa pemandangan yang dilihat dari atas bukit ini terlihat seperti raja ampat. Sobat juga akan merasakan hawa dingin dan sejuk saat berada di atas bukit ini.

Komentar