Simak Objek Wisata di Tarakan yang Sayang untuk dilewatkan

Simak Objek Wisata di Tarakan yang Sayang untuk dilewatkan

Tarakan merupakan sebuah kota yang terletak di provinsi kalimantan utara. Menurut data Badan Pusat Statistik 2021, kota tarakan memiliki luas yang lumayan cukup besar yakni sekitar 677,53 km², dengan angka luas tersebut, kota tarakan menjadi salah satu kota terbesar yang ada di pulau kalimantan juga merupakan kota terbesar di kalimantan utara. Pada tahun 2021 lalu, kota tarakan memiliki jumlah penduduk sekitar 242.786 jiwa dengan angka kepadatanya yakni sekitar 364,15/km2. Selain itu juga kota tarakan terkenal akan semboyanya yakni BAIS, yang memiliki arti Bersih, Aman, Sehat, Indah dan Sejahtera.

Selain dikenal akan semboyanya, tarakan juga terkenal akan objek-objek pariwisatanya yang keren dan indah yang menarik banyak orang. Tak sedikit juga pendatang dari luar pulau yang berdatangan ke kota ini untuk melihat keindahan serta mengunjungi beberapa tempat wisata yang keren. Bagi sobat yang sedang di kota tarakan maupun berencana ke kota tersebut, banyak sekali tempat-tempat wisata keren dan indah di kota ini yang sayang untuk dilewatkan. Bagis obat yang kebingunggan dan sedang mencari tempat-tempat wisata yang sedang populer di kota tarakan, maka bisa sobat simak dibawah ini deretan objek wisata di tarakan yang sayang untuk dilewatkan.

Simak Objek Wisata di Tarakan yang Sayang untuk dilewatkan


1. Pantai Amal

Pantai Amal merupakan salah satu pantai dan tempat wisata yang cukup terkenal di kalimantan utara. Berkunjung ke pantai ini merupakan sebuah keharusan untuk sobat yang sedang dan akan pergi ke kota tarakan. Keindahan dari pantai ini dapat membuat siapapun menjadi nyaman dan betah saat berada di lingkungan pantai ini. Salah satu daya tarik dari tempat wisata ini adalah pasir pantainya yang lembut dengan warna kecoklatan. Pantai amal sendiri berlokasi di Kecamatan Taraka Timur, Kota Tarakan.

2. Tebing Karang Tanjung Pasir

Bagi sobat yang hobi berfoto dan sering berkunjung ke tempat-tempat wisata yang keren dan unik, maka sobat harus coba berkunjung ke tempat wisata yang satu ini. Tebing Karang Tanjung Pasir sendiri terletak di Mamburungan, Kecamatan Tarakan Timur, Kota Tarakan. Tempat ini menawarkan objek berupa bebatuan seperti hamparan karang yang berjajar dengan rapi dengan ketinggian yang berbeda-beda dan memiliki warna sedikit putih. Selain itu juga sobat dapat menjumpai beberapa pohon serta rumput-rumput kecil yang menambah pesona dan keindahan akan tempat ini.

3. Kawasan Konservasi Mangrove dan Bekatan

Seperti yang sobat ketahui bahwa kawasan wisata konservasi merupakan wisata edukasi sekaligus tempat untuk menghilangkan kejenuhan. Di tempat ini sobat dapat menjumpai beberapa flora dan fauna yang dijaga dan dipelihara dengan baik. Selain bisa mengenal berbagai macam flora dan fauna yang hidup di tempat ini, Sobat juga dapat merasakan keasrian dan kesejukan dari hutan Mangrove. Teruntuk sobat yang tertarik dan berminat untuk berkunjung ke tempat ini, sobat bisa langsung datang ke alamatnya di Karang Rejo, Kecamatan Tarakan Barat, Kota Tarakan.

4. Museum Flora dan Fauna Tarakan

Selain Kawasan Konservasi Mangrove dan Bekatan, terdapat juga wisata edukasi lainnya yang tidak kalah populer di tarakan yakni museum flora dan fauna tarakan. Museum ini berlokasi di Desa Pamusian, Kecamatan Tarakan Tengah, Kota Tarakan. Jika di Kawasan Konservasi Mangrove dan Bekatan sobat hanya menjumpai beberapa hewan dan tumbuhan saja, maka di museum ini sobat dapat melihat lebih banyak tumbuhan dan hewan yang dipelihara di tempat ini, khusunya hewan dan tumbuhan dari kalimantan utara. 

5. Pantai Binalatung

Selain pantai amal, terdapat pula pantai indah lainnya yang tidak kalah populer yakni Pantai Binalatung. Lokasi dari Pantai Binalatung sendiri masih berdekatan dan satu kawasan dengan pantai amal, tepatnya di Kecamatan Tarakan Timur, Kota Tarakan. Suara deburan ombak disertai dengan tiupan angin laut dapat membuat sobat nyaman dan betah saat berada di pantai ini. Bagi sobat yang ingin merasakan keramaian dari pantai ini, maka sobalah datang pada akhir pekan dan libur panjang sekolah. Karena di waktu tersebut pantai ini akan memiliki banyak pengunjung baik dari luar kota maupun dalam kota.

6. Wisata Air Terjun Karungan

Bagi sobat yang hobi bermain air dan berendam maka sobat harus mencoba tempat wisata yang satu ini, yakni Wisata Air Terjun Karungan. Tempat wisata yang satu ini terletak di Karungan, Mamburungan Timur, Kecamatan Tarakan Timur, Udara sejuk dan dingin akan menyelimuti sobat saat berkunjung ke tempat ini karena lokasinya yang dikelilingi oleh benyak sekali pepohonan. Selain berendam, sobat juga bisa mengabdikan momen di tempat ini dengan berfoto-foto, karena tempat ini memiliki deretan spot foto yang bagus. Agar liburan sobat terasa lebih berkesan dan menyenangkan saat berada di tempat ini, sobat bisa mengajak keluarga ataupun sahabat, saat akan berkunjung ke tempat wisata yang satu ini.

7. Dermaga Speed Tengkayu

Tempat wisata terakhir yang wajib sobat kunjungi di tarakan dan sangat sayang untuk dilewatkan adalah Dermaga Speed Tengkayu yang terletak di Pelabuhan Tengkayu I, Sebengkok, Tarakan Central, Kota Tarakan. Tempat wisata ini menawarkan pesona keindahan pantai yang luas dengan hamparan air laut yang berwarna biru. Meskipun begitu tempat ini ramai dikunjungi oleh pengunjung di waktu sore hari, karena banyak sekali pengunjung datang ke tempat ini untuk melihat dan menikmati senja sekaligus melihat momen matahari terbenam.

Komentar