8 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaru di Tidore Kepulauan yang Indah dan Lagi Hits

8 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaru di Tidore Kepulauan yang Indah dan Lagi Hits

Tidore Kepulauan merupakan sebuah kota yang terletak di provinsi maluku utara. Kota ini memiliki luas wilayah yang cukup luas yakni sekitar 1.550 km² dan menjadikan kota ini sebagai salah satu kota terluas di indonesia. Kota tidore kepulauan sendiri sudah cukup dikenal sejak msa kependudukan bangsa asing di indonesia, salah satu hal yang menjadikan kota ini terkenal adalah karena hasil pertanianya dan perkebunanya yang melimpah, seperti cengkeh dan pala. Bangsa asing pertama yang berlabuh dan menginjakan kakinya di kota ini adalah pelaut asal spanyol. Kota ini terbagi menjadi 8 kecamatan dan 40 kelurahan dengan populasi penduduk berjumlah sebanyak 115.406 jiwa di tahun 2021.

Selain terkenal akan hasil perkebunanya, kota tidore kepulauan juga terkenal akan pariwisatanya karena memiliki banyak tempat wisata yang indah dan menakjubkan. Baik wisata alam, edukasi, sejarah, bahari dan lainnya bisa sobat temukan saat berkunjung ke kota yang satu ini. Berkunjung ke kota tidore kepulauan juga memberikan momen dan kesan yang tidak akan pernah terlupakan. Bagi sobat yang sedang memiliki rencana untuk berkunjung ke kota tidore kepulauan, maka jangan lupakan untuk mengunjungi beberapa tempat wisata saat disana. Bisa sobat simak dibawah ini merupakan rekomendasi tempat wisata terbaru di tidore kepulauan yang indah dan lagi hits dan sayang untuk dilewatkan.

8 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaru di Tidore Kepulauan yang Indah dan Lagi Hits


1. Desa Gurabunga

Tempat wisata pertama yang menjadi rekomendasi untuk dikunjungi adalah Desa Gurabunga. Desa ini terletak di lereng Gunung Marijang, atau lebih tepatnya di Gura-Bunga, Kecamatan Tidore, Kota Tidore Kepulauan. Karena letak desa ini berada di ketinggian 800 meter dipermukaan laut, maka sobat bisa menyaksikan panorama alam yang masih asri dengan hawa yang dingin dan sejuk. Waktu yang dibutuhkan dari kota tidore sendiri untuk bisa sampai ke tempat ini yakni sekitar 30 menit sampai 1 jam.

2. Pulau Maitara

Tempat wisata kedua yang menjadi rekomendasi adalah Pulau Maitara yang terletak di Kecamatan Tidore Utara, Kota Tidore Kepulauan. Sebagian dari sobat mungkin belum ada yang menyadarinya, bahwa gambar di uang seribu merupakan gambaran dari pulau maitara. Banyak wisatawan lokal maupun mancanegara berdatangan ke pulau ini hanya untuk menikmati keeksotisanya. Salah satu daya tarik akan pulau ini adalah memiliki perairan yang jernih sehingga sangat cocok untuk aktifitas penyelaman. Untuk bisa sampai ke pulau ini sobat perlu menyebrang menggunakan speedboat dari Pulau Ternate yang bisa ditempuh selama 30 menit.

3. Air Terjun Goheba

Air Terjun Goheba terletak di Kalaodi, Kecamatan Tidore Timur, Kota Tidore Kepulauan. Suasana alam yang tenang dan hijaunya pepohonan dihiasi dengan suara kicauan burung akan menyambut sobat selama perjalanan menuju air terjun ini. Untuk bisa sampai ke air terjun goheba sobat haru smenempuh waktu selama 1 jam. Tidak lupa juga untuk memotret beberapa momen indah saat berada di tempat ini agar sobat tidak menyesal.

4. Pulau Failonga

Selain berkunjung ke pulau maitara, tidak lupa juga untuk berkunjung ke Pulau Failonga karena memiliki sajian alamnya yang keren dan indah yang tidak kalah jauh dengan pulau maitara. Pulau Failonga sendiri berlokasi di Kecamatan Tidore Timur, Kota Tidore Kepulauan dan merupakan pulau yang tidak berpenghuni. Butuh waktu 10 menit untuk bisa sampai di pulau failongan dengan menggunakan sebuah kapal dari arah Pelabuhan Goto Tidore. Salah satu daya tarik dari pulau ini adalah memiliki air yang jernih layaknya sebuah cermin dan hamparan pasir putih yang halus.

5. Puncak Kie Matubu

Puncak Kie Matubu merupakan sebuah daratan tinggi yang berada di kota tidore kepulauan. Lokasi tempat wisata ini berada di Tuguiha, Kecamatan Tidore Selatan, Kota Tidore Kepulauan. Puncak Kie Matubu dikenal juga dengan nama gunung tidore. Dengan ketinggian 1730 meter di atas permukaan laut, maka sobat bisa menyaksikan pemandangan yang memukau dari atas puncak ini. Tak lupa juga untuk memotret beberapa sudut yang menurut sobat indah. Saat akan berkunjung ke Puncak Kie Matubu sobat perlu memperhatikan beberapa hal yakni kondisi fisik dan cuaca.

6. Pantai Rum

Pantai rum merupakan salah satu pantai terbaik di tidore kepulauan yang wajib untuk dikunjungi. Pantai ini berlokasi di Rum, Kecamatan Tidore Utara, Kota Tidore Kepulauan. Berkunjung dan berlibur ke tidore kepulauan rasanya ada yang kurang jika sobat melewatkan pantai yang satu ini. Untuk bisa sampai ke pantai ini sobat cukup menggunakan kendaraan pribadi, baik itu motor ataupun mobil. Salah satu keunggulan dari pantai ini adalah airnya yang jernih, pasir pantainya yang harus, serta terdapat bebatuan kecil yang menambah keindahan akan pantai ini.

7. Museum Sonyine Malige

Bagi sobat yang ingin melihat beberapa benda dan peninggalan sejarah yang ada di provinsi maluku utara, maka sobat bisa berkunjung ke museum yang satu ini. Museum Sonyine Malige sendiri memiliki luas sekitar 800 meter dan terletak di kecamatan tidore, kota tidore kepulauan. Sobat bisa melihat benda-benda bersejarah dari kerajaan Kesultanan Tidore baik itu barang-barang dari para bangsawan hingga barang-barang Kesultanan lainnya. Beberapa peninggalan yang bisa sobat temui di museum ini anatar lain mahkota Sultan Tidore, pakaian adat, cap kesultanan, perlengkapan besi, dan masih banyak lagi.

8. Masjid Kesultanan Tidore

Masjid Kesultanan Tidore menjadi tempat rekomendasi terakhir yang wajib sobat kunjungi saat berada di kota tidore kepulauan. Masjid ini merupakan salah satu masjid tertua yang ada di provinsi maluku utara, masjid ini dibangun sekitar tahun 1700 M. Meskipun sudah beberapa kali dilakukan renovasi akan tetapi gaya dan arsitekrut masjid ini tetap seperti bentuk aslinya. 

Komentar