Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Probolinggo Jawa Timur 2022

Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Probolinggo Jawa Timur 2022

Probolinggo merupakan sebuah kota yang terletak di provinsi jawa timur, tepatnya 100 KM sebelah tenggara surabaya dan berbatasan langsung dengan selat madura di sebelah utara. Kota probolinggo masuk dalam jajaran salah satu kota terbesar yang ada di jawa timur setelah surabaya, malang, dan kediri. Diketahui luas kota ini yakni sekitar 56,67 km² dengan jumlah penduduk di tahun 2021 mencapai angka 242.246 jiwa. Perlu sobat ketahui, Kota probolinggo juga menjadi jalur utama pantai utara yang menghubungkan Pulau Jawa dengan Pulau Bali.

Sebelum dikenal sebagai probolinggo, dulunya kota ini memiliki nama banger, yang merupakan nama sebuah sungai. Akan tetapi pada tahun 1770, nama kota ini dirubah oleh Raden Tumenggung Djojonegoro yang pada saat itu baru diangkat menjadi seorang bupati banger II. Beliau merubah nama banger menjadi probolinggo. Nama Probolinggo sendiri merupakan bahasa Sanskerta yang terdiri dari 2 kata "probo" artinya sinar sementara "linggo" artinya tugu. Jadi bisa diartikan bahwa probolinggo memiliki arti sebagai sinar yang berbentuk tugu.

Berbicara mengenai bidang pariwisata memang tidak ada habisnya. Di kota probolinggo sendiri terdapat tempat-tempat wisata menarik yang sayang untuk dilewatkan. Bahkan beberapa tempat wisata di kota ini cukup populer dan menjadi destinasi wisata favorit bagi wisatawan dan penduduk setempat. Berlibur ke kota ini tidak akan membuat sobat menyesal dan rugi, karena berbagai pengalaman menarik dan seru akan sobat dapatkan di kota ini. Bagi sobat yang sedang mencari tempat-tempat terbaik yang ada di probolinggo, maka bisa sobat simak dibawah ini merupakan rekomendasi tempat wisata terbaik yang ada di probolinggo di tahun 2022.

Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Probolinggo Jawa Timur 2022


1. Bukit Bentar

Berkunjung ke bukit bentar merupakan hal pertama yang harus sobat lakukan saat berada di probolinggo. Bukit ini menghadirkan pemandangan alam layaknya seperti tempat wisata yang ada di bali dengan sajian laut, jalan, dan pepohonan hijau. Selain itu tempat ini juga menjadi sasaran wisatawan dalam melihat senja dan matahari terbenam. Akan tetapi untuk menikmati keindahan yang terpampang dari atas bukit ini, sobat harus mengeluarkan tenaga yang lebih serta konsentrasi yang tinggi untuk bisa sampai ke puncaknya. Bukit bentar sendiri terletak di Jalan Raya Panglima Sudirman, Area Sawah, Curahsawo, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo.

2. Danau Ronggojalu

Danau yang terletak di Banjarsawah, Kecamatan Tegalsiwalan, Kabupaten Probolinggo memiliki fungsi sebagai sumber air bersih bagi warga sekitar. Untuk bisa sampai ke danau ini sobat hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit sampai 1 jam jika dari pusat kota. Selain menyajikan keindahan yang alami, danau ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas kolam yang bisa digunakan oleh pengunjung. Suasana tenang yang tersaji di danau ini, menjadikan tempat ini cocok untuk bersantai dan menghilangkan penat.

3. Air Terjun Madakaripura

Wisata indah berikutnya yang ada di probolinggo yang sangat sayang untuk dilewatkan adalah Air Terjun Madakaripura. Air terjun ini berlokasi di Sapih, Branggah, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo atau lebih tepatnya di kawasan lereng gunung bromo dikenal juga sebagai air terjun tertinggi kedua yang ada di pulau jawa juga menjadi tempat primadona di hati wisatawan. Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 200 meter ini mempunyai keunikan tersendiri, yaitu lokasinya berada di ujung lembah yang sempit dan berbentuk ceruk serta dikelilingi tebing curam sehingga panorama yang tersaji begitu indah.

4. Pantai Duta

Pantai Duta merupakan salah satu pantai terbaik dan terindah yang ada di probolonggo juga menjadi tempat wisata favorit wisatawan. Pantai ini berlokasi di Gilin, Randutatah, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo. Bagi sobat yang senang menikmati pemandangan sunset, berkunjung ke pantai ini merupakan hal yang tepat, karena keindahan sunset yang disajikan pantai ini sungguh menakjubkan. Pada awalnya pemerintah mempromosikan pantai ini sebagai pusat mangrove, akan tetapi seiring berjalanya waktu tempat ini menjadi populer dan sering didatangi pengunjung dari luar kota.

5. Gili Ketapang

Wisata alam berikutnya di probolinggo yang tidak kalah indah adalah Gili Ketapang. Bagi sobat yang mempunyai hobi membaca buku wisata serta melihat acara wisata di berbagai media mungkin nama tempat ini sudah tidak asing lagi. Gili Ketapang terletak di Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo. Keindahan alam akan tempat ini sudah tidak perlu dipertanyakan lagi karena menjadi tempat yang sering dikunjungi oleh wisatawan. Salah satu kegiatan yang cukup disarankan saat berada di tempat ini adalah snorkeling, alasanya karena tempat ini memiliki keindahan laut yang memukau.

6. Benteng Mayangan

Tempat wisata berikutnya memang bukan merupakan wisata alam, akan tetapi sebuah bangunan yang cukup bersejarah peninggalan bangsa inggris dan belanda selama di indonesia, bangunan yang dimaksud ialah Benteng Mayangan. Benteng ini terletak di kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo dan menjadi saksi perjuangan rakyat probolinggo. Banyak spot foto keren yang bisa sobat nikmati selama di benteng ini, selain itu di kawasan benteng ini juga sudah tersedia kedai kopi yang menjadi tempat tongkrongan anak remaja probolinggo.

7. Museum Probolinggo

Selain menikmati wisata alam di probolinggo, tak ada salahnya juga sobat untuk menikmati wisata edukasi yang ada di kota probolinggo. Museum ini berlokasi di Jalan Suroyo No.25, Tisnonegaran, Kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo. Banyak hal yang bisa sobat jumpai saat berkunjung ke museum ini, seperti koleksi benda bersejarah yang beragam. Sobat juga akan mendapatkan banyak wawasan dan pengetahuan saat berkunjung ke tempat ini seperti sejarah dan budaya yang ada di kota probolinggo.

8. Wisata BJBR

Wisata terakhir yang ada di probolinggo sekaligus menjadi tempat primadona dan favorit bagi wisatawan adalah Wisata BJBR yang berlokasi di Pelabuhan PPP Mayangan, Mangunharjo, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo. Salah satu daya tarik dari tempat ini adalah sajian alamnya yang indah dipadukan dengan beragam fasilitas yang mendukung. Tempat ini sangat cocok untuk sobat yang ingin mengajak pasangan untuk berlibur.

Komentar