8 Rekomendasi Tempat Wisata di Tanjung Pinang Terbaru dan Terhits 2022

8 Rekomendasi Tempat Wisata di Tanjung Pinang Terbaru dan Terhits 2022

Tanjung pinang merupakan salah satu kota besar di indonesia yang terletak di provinsi kepulauan riau, dan menjadi ibukota dari provinsi itu sendiri. Kota ini terletak di pulau bintan dan beberapa pulau kecil lainnya. Luas kota tanjung pinang yakni sekitar 812,7 km² dengan jumlah penduduknya mencapai angka 227.069 jiwa pada tahun 2021 lalu. Sebelum dimekarkan menjadi kota otonom, tanjung pinang dulunya merupakan pusat pemerintahan Kesultanan Riau-Lingga hingga akhirnya menjadi sebuah ibukota provinsi sekaligus salah satu kota besar di indonesia. Terdapat 4 kecamatan yang ada di kota tanjung pinang, antara lain kecamatan bukit bestari, tanjungpinang barat, tanjungpinang kota, daan tanjungpinang timur.

Salah satu faktor yang menjadikan kota ini dikenal banyak orang adalah karena kota ini memiliki banyak sekali tempat wisata yang cukup terkenal. Bahkan beberapa tempat wisata yang ada di kota tanjung pinang menjadi target utama wisatawan asing untuk datang ke indonesia sekaligus menikmati langsung keindahanya kota tanjung pinang. Bagi sobat yang tertarik dan berminat untuk liburan di kota yang satu ini, sobat bisa mengunjungi beberapa tempat wisata yang sangat direkomendasikan. Bagi sobat yang ingin mengetahui tempat apa saja yang menjadi rekomendasi, dibawah ini merupakan rekomendasi tempat wisata di tanjung pinang terbaru dan terhits di tahun 2022.

8 Rekomendasi Tempat Wisata di Tanjung Pinang Terbaru dan Terhits 2022


1. Pulau Penyengat

Objek wisata pertama yang menjadi tempat rekomendasi untuk dikunjungi adalah Pulau Penyengat. Pulau ini terletak di Kecamatan Tanjungpinang Kota, Kota Tanjung Pinang dan menjadi objek wisata andalan di tanjung pinang. Karena letaknya yang berada di tengah laut, maka untuk bisa sampai ke pulau ini harus menggunakan perahu. Sembari menikmati keindahan pulau penyegat, sobat juga bisa belajar beberapa hal sekaligus menambah wawasan pengetahuan sobat akan sejarah yang ada di masa lalu, seperti  peniggalan pemerintahan Kesultanan Johor, Siak, Lingga, Pahang hingga kesultanan Riau. 

2. Pulau Dompak

Pulau selanjutnya yang menjadi rekomendasi tempat wisata untuk dikunjungi adalah Pulau Dompak yang terletak di jalan Dompak, Kecamatan Bukit Bestari, Kota Tanjung Pinang. Sama halnya seperti pulau penyengat, pulau ini juga menyimpan cerita sejarah yang cukup panjang. Meskipun begitu pulau ini memiliki keindahan yang sangat memukau yang tidak bisa dikatakan dengan kata-kata saja. Banyak wisatawan luar pulau dan kota bahkan wisatawan asing datang ke tempat ini untuk melihat langsung keindahan dari pulau yang satu ini.

3. Vihara Seribu Wajah

Selain memiliki banyak sekali objek wisata alam indah dan memukau, tanjung pinang juga menyimpan berbagai objek wisata lainnya, salah satunya adalah objek wisata religi. Salah satu objek wisata religi yang menarik banyak orang adalah Vihara Seribu Wajah yang terletak di Batu IX, Kecamatan Tanjungpinang Timur, Kota Tanjung Pinang. Salah satu daya tarik akan tempat ini adalah arsitekturnya bentuk bangunan yang menyerupai tempat ibadah China. Untuk bisa menikmati kemegahan dari vihara ini, sobat hanya perlu membawa uang sekitar Rp. 15.000 saja.

4. Gurun Pasir Busung

Tak perlu ke timur tengah untuk bisa menikmati wisata gurun pasir, faktanya diindonesia pun memiliki tempat wisata dengan nuansa mirip seperti gurun pasir di timur tengah, tempat yang dimaksud ialah Gurun Pasir Busung. Tempat wisata ini terletak di jalan raya busung, busung, kecamatan seri kuala lobam, kabupaten bintan. Sebelum menjadi salah satu tempat wisata yang unik dan menarik, Gurun Pasir Busung dulunya merupakan bekas penambangan bauksit yang berubah menjadi suatu gurun pasir yang indah akibat dari peristiwa alam. Banyak pengunjung terutama fotografer datang ke tempat ini untuk bisa menikmati keindahan sekaligus keuinikan dari tempat ini.

5. Pantai Impian

Tempat wisata selanjutnya yang menjadi rekomendasi adalah Pantai Impian atau sering juga disebut sebagai pantai bandar pinang. Pantai ini berlokasi di Jalan Pantai Impian, Kampung Baru, Kecamatan Tanjungpinang Barat, Kota Tanjung Pinang. Lingkungan di pantai impian sendiri bisa dibilang masih asri dan alami, sobat akan merasakan udara yang sejuk disertai dengan suara deburahn ombak yang lembut yang membuat siapapun menjadi betah dan nyaman saat berada di tempat ini. Fasilitas yang tersedia di pantai ini juga sudah bisa dibilang lumayan lengkap.

6. Masjid Raya Sultan Riau

Selain vihara seribu wajah, Masjid Raya Sultan Riau juga menjadi wisata religi lainnya yang tidak kalah populer di tanjung pinang. Masjid ini memiliki sejarah yang begitu panjang dan dibangun selama 40 tahun. Terdapat 2 warna yang mendominasi dan menjadi ciri dari masjid ini, yakni warna kuning dan hijau. Banyak wisatawan yang mampir dan menepi sejenak untuk beribadah sekaligus menikmati keunikan dari masjid yang satu ini dari jarak dekat. Masjid Raya Sultan Riau sendiri berlokasi di Penyengat, Kecamatan Tanjungpinang Kota, Kota Tanjung Pinang.

7. Tugu Pensil

Tempat wisata selanjutnya terkenal akan keunikannya yakni Tugu Pensil. Menurut beberapa sumber tugu ini dibangun sebagai tanda keberhasilan pemerintah dalam memberantas buta huruf di daerah tersebut. Tempat ini menjadi salah satu tongkrongan anak remaja di tanjung pinang yang tidak pernah sepi. Mereka sering kali datang ke tempat ini pada sore hari menjelang matahari terbenam. Untuk lokasi, tugu pensil sendiri berlokasi di Jalan Agus Salim, Kecamatan Tanjungpinang Barat, Kota Tanjung Pinang.

8. Areca Waterpack

Tempat wisata terakhir yang menjadi rekomendasi sangat cocok dikunjungi bagi sobat yang hobi bermain air, tempat tersebut ialah Areca Waterpack. Sobat bisa mengajak keluarga, pasangan, atau sahabat saat akan berkunjung ke tempat wisata yang satu ini agar liburan sobat lebih berkesan dan bermakna. Terdapat banyak sekali beragam permainan yang bisa sobat coba. Lokasi dari Areca Waterpack sendiri berada di Batu IX, Kecamatan Tanjungpinang Timur, Kota Tanjung Pinang.

Komentar